Inilah Rekomendasi Kampus Penerbangan di Jogja

Berita Universitas
Universitas123 | 20 November 2021
Inilah Rekomendasi Kampus Penerbangan di Jogja

Kampus penerbangan di Jogja akhir-akhir ini paling banyak dicari oleh calon mahasiswa, khusunya yang mempunyai cita-cita ingin menjadi pramugari, pramugara, ataupun staff di penerbangan ternama, baik domestik ataupun internasional. Tak hanya itu saja, terdapat beberapa alasan mengapa mereka memilih kampus penerbangan, yaitu sistem pendidikannya lebih singkat dan akan diajarkan untuk siap bekerja langsung di lapangan serta banyak yang bilang gaji lulusan sekolah penerbangan sangat fantastis.

Meskipun demikian, nyatanya masih banyak yang belum tahu tentang nama-nama atau rekomendasi kampus terbaik yang ada di Jogja. Nah, apabila kamu penasaran mengenai hal tersebut, yuk langsung simak penjelasan berikut.

Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Rekomendasi kampus penerbangan di Jogja yang pertama adalah Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan atau sering disingkat dengan STTKD yang terletak di Bantul, Yogyakarta. Kampus ini membuka program studi D1 untuk pramugari dan termasuk satu-satunya program Diploma yang sudah mendapatkan pengakuan akreditasi oleh BAN-PT. Apabila kamu kuliah dan berhasil lulus dari sekolah ini, maka kamu akan mendapatkan gelar Ahli Pratama (AP-Pnb) yang tentunya sudah mendapatkan pengakuan dari Dirjen Perhubungan Udara.

Adapun fasilitas pendidikan yang disediakan oleh STTKD yaitu bangunan utamanya yang luas, internet atau hotspot yang dapat diakses kapanpun, bengkel, masjid, laboratorium komputer, masjid dan lain sebagainya. Apabila Anda menyukai hal yang berhubungan dengan olahraga, kamu tidak perlu mengkhawatirkan tempat untuk melakukannya, sebab di kampus ini juga tersedia lapangan basket, lapangan sepak bola hingga lapangan untuk bulutangkis.

Sedangkan kurikulum yang digunakan oleh universitas ini untuk program D1 pramugarinya, yaitu sebanyak 2 semester. Dimana pada semester pertama,  terdiri dari mata kuliah Aviation Knowledge, In Flight Announcement, English for Aviation, Ticketing, Reservation, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk semester kedua, lebih ke arah praktik seperti proaktif Passengers anda Baggage Handling, Ticketing and Reservation, dan lain sebagainya.

Flight Attendant and Airlane Staff Training

Rekomendasi kampus penerbangan di Jogja yang kedua adalah Flight Attendant And Airlane Staff Training yang menggunakan metode pelatihan singkat. Fokus kampus FAAST adalah upaya memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang terampil di bidang penerbangan dengan menawarkan program studi pramugari, pramugara, dan staf airlines. Untuk lokasi FASST ini di Sleman, Yogyakarta dengan beberapa fasilitas yang disesuaikan, yaitu free Wifi, mushola, perpustakaan, dan lain sebagainya.

Apabila kamu kuliah di kampus ini, maka kamu tidak akan mendapatkan pembekalan materi yang diperlukan untuk kerja saja, akan tetapi kamu juga akan mendapatkan pendidikan tentang karakter dan kepribadian. Beberapa materi yang diajarkan oleh FASST, yaitu Table Manner, Airline Knowledge, Kunjungan Bandara, Job Motivation, Jungle Survival, English for Interview, dan lain sebagainya.

Ketika kamu ingin masuk ke kampus ini, maka kamu harus memenuhi semua syarat pendaftaran yang sudah ditentukan. Salah satunya mengenai tinggi badan. Untuk tinggi badan bagi pria minimal 170 cm dan tinggi badan untuk perempuan minimal 160 cm dengan rata-rata usia 12-23 tahun. Tak hanya itu saja, kamu juga harus mempunyai penampilan yang menarik, sopan, tidak mempunyai penyakit hepatitis, serta mempunyai kesehatan jasmani dan rohani yang baik.

Kampus ini sudah dibangun dan mulai beroperasi sejak April tahun 2002 silam dengan menawarkan pembekalan keterampilan bagi mahasiswa nya yang siap untuk bekerja. Pelatihan Pramugari Pramugara Nusantara ini sudah mendapatkan akreditasi A dan sudah meluluskan ribuan peserta didik yang bekerja di maskapai penerbangan domestic maupun internasional. Bahkan P3 Nusantara ini juga membekali mahasiswa nya dengan materi-materi, seperti ilmu kepramugarian, ticketing service, Bahasa Inggris, dan ground handling.

Jika kamu lulusan SMA/SMK/Sederajat yang ingin menempuh pendidikan di rekomendasi kampus penerbangan di Jogja ketiga ini, maka kamu harus memenuhi beberapa syarat, yaitu maksimal 23 tahun, berbadan sehat, belum menikah, laki-laki tinggi badan 170 cm, dan perempuan tinggi badan 160 cm.

Jogja Flight

Rekomendasi kampus penerbangan di Jogja yang keempat adalah Jogja Flight yang berdiri di bawah naungan Yayasan Kusuma Mahardika dan sudah mulai beroperasi sejak tahun 20006. Perlu kamu ketahui bahwa sekolah pramugari dan penerbangan ini berpusat di Yogyakarta serta mempunyai cabang yang sudah tersebar luad di seluruh Indonesia, seperti Sumatera Flight dan Sulawesi Flight.

Adapun program unggulan yang ditawarkan oleh Jogja Flight, yaitu Airlines Crew, Aviation Security, kelas internasional S1 Manajemen Transportasi Udara, dan lain sebagainya. Hal menarik dari Jogja Flight ini, yaitu sudah mendapatkan kepercayaan dari Kementrian Perhubungan RI untuk menyelenggarakan diklat dan pendidikan Basic-Junior Avsec, Flight Operation, Aircraft Marshaller, dan lain sebagainya.

Pendidikan Staff Penerbangan dan Pramugari

Rekomendasi kampus penerbangan di Jogja yang terakhir adalah Pendidikan Staff Penerbangan dan Pramugari (PSPP) yang mempunyai visi menyediakan sumber daya manusia yang berkualitas di bidang penerbangan.  Program studi yang disediakan oleh kampus ini adalah Aviation Security, staff penerbangan, dan pramugari. Perlu Anda ketahui juga bahwa kampus PSPP ini sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia seperti Jakarta, Jogja, Medan, dan juga Makassar dengan setiap tahunnya mampu menampung 150 mahasiswa.

Nah, itulah informasi singkat mengenai rekomendasi kampus penerbangan di Jogja yang dapat disampaikan untuk kamu. Semoga informasi di atas dapat membantu dan menjawab semua kebingungan kamu ketika memilih kampus terbaik di bidang penerbangan Jogja. Apabila kamu ingin mendapatkan informasi lain seputar kampus penerbangan yang ada di kota-kota Indonesia lainnya, maka bisa langsung cek di situs universitas123.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait