Intip Gambaran Umum Penerjemah Tersumpah

Bacaan Umum
Universitas123 | 26 January 2022
Intip Gambaran Umum Penerjemah Tersumpah

Hidup di era globalisasi seperti sekarang, tentunya memungkinkan kita untuk menyaksikan fenomena dunia yang semakin meng-"global". Tiap orang dari satu negara dapat terhubung langsung dengan orang dari belahan dunia lainnya tanpa terhalang ruang dan waktu. Hal itulah yang kemudian membuat dunia seakan dibuat tanpa sekat. 

Namun, sayangnya dalam proses ini terkadang kita juga mengalami kesulitan, salah satunya yang disebabkan oleh kendala bahasa. Padahal, hal ini sangat dibutuhkan dalam dunia pekerjaan, pendidikan dan lain sebagainya. Sebut saja untuk mengurus dokumen bisnis antar negara, dokumen untuk kuliah ke luar negeri dan berbagai urusan bersifat internasional lainnya.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengenal gambaran umum dari penerjemah tersumpah yang akan kami hadirkan untukmu di bawah ini. Simak hingga akhir, ya!

Tentang Penerjemah Tersumpah

Menerjemahkan sebuah tulisan atau dokumen dalam bahasa Indonesia untuk dialihbahasakan ke bahasa asing yang lain seperti bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Korea, Arab dan lain sebagainya bukanlah hal yang mudah. Meskipun tidak mudah, bukan berarti hal tersebut tidak mungkin untuk dilakukan. Untuk menerjemahkan berbagai dokumen, khususnya dokumen resmi, kamu dapat menggunakan jasa dari penerjemah tersumpah.

Penerjemah tersumpah adalah seorang expert (ahli) di bidang bahasa yang telah memegang sertifikat Tes Sertifikasi Nasional (TSN) dari Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI). Sebelum mendapatkan sertifikat, seorang penerjemah tersumpah harus terlebih dahulu lolos beberapa jenis tes kualifikasi penerjemah. Nilai standar yang dipasang pun tak tanggung-tanggung, yaitu minimal 80 (grade A). Awalnya, menjadi seorang penerjemah tersumpah hanya diperbolehkan bagi warga DKI Jakarta saja, calon penerjemah tersumpah harus mengikuti ujian bertajuk Ujian Kualifikasi Penerjemah (UKP) yang merupakan kerja sama antara pemerintah DKI Jakarta dengan Lembaga Bahasa Internasional Fakultas Ilmu Bahasa Universitas Indonesia (FIB UI), namun saat ini UKP tidak lagi diadakan sehingga sekarang calon penerjemah tersumpah dapat mengikuti tes yang diadakan oleh HPI untuk mendapatkan lisensi. Beruntungnya, kini semua orang dari seluruh nusantara dapat berkarier sebagai penerjemah tersumpah.

Setelah lolos tes dan mendapatkan sertifikat, sesuai namanya, prosedur terakhir yang harus dijalani oleh calon penerjemah tersumpah adalah proses pengambilan sumpah di hadapan Gubernur DKI Jakarta. Setelah serangkaian prosedur tersebut dilakukan, barulah seorang penerjemah tersumpah diizinkan untuk membuka layanan dan menawarkan jasanya kepada orang-orang yang membutuhkan.

Terkait: Layanan Translate oleh Penerjemah Tersumpah

Perbedaan Penerjemah Tersumpah dan Penerjemah Biasa

Jangan mengira bahwa penerjemah tersumpah sama dengan penerjemah biasa. Terdapat beberapa perbedaan signifikan yang harus kamu ketahui, baik dalam aspek tugas, tanggung jawab dan lain sebagainya, seperti yang akan dijabarkan berikut ini :

  1. Perbedaan yang paling utama antara penerjemah tersumpah dan penerjemah biasa terletak pada kepemilikan sertifikat. Penerjemah tersumpah memiliki sertifikat lolos tes legal yang dikeluarkan dari lembaga resmi seperti HPI, sedangkan penerjemah biasa tidak memiliki sertifikat. Jadi, kemampuan berbahasa dari penerjemah tersumpah sudah tidak perlu diragukan lagi.
  2. Penerjemah tersumpah hanya mengerjakan translasi dokumen-dokumen resmi yang bersifat sah, misalnya surat tanah, surat nikah, kartu keluarga, akta kelahiran, ijazah, transkrip nilai, proposal bisnis, perjanjian jual-beli dan lain sebagainya, berbeda dengan penerjemah biasa yang umumnya mengerjakan translasi seperti artikel, novel, film, lagu dan lain-lain.
  3.  Dengan memercayakan dokumen resmi pribadimu untuk diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah, kamu akan lebih tenang dibandingkan ke penerjemah biasa, karena dengan begitu, penerjemah tersumpah otomatis akan memegang tanggung jawab penuh atas keabsahan data yang diterjemahkan. Hasilnya pun pasti akurat serta kerahasiaan dan keamanan datanya pun dapat terjaga.

 

Nah, itulah tadi informasi mengenai gambaran umum dari penerjemah tersumpah. Simak pembahasan menarik dan bermanfaat lainnya seputar profesi yang ada di dunia translasi ini melalui website Universitas123.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait