Please Wait
Logo

15 Istilah Medis Dalam Bahasa Inggris

Bacaan Umum
Universitas123 | 23 juni 2022

Ada banyak istilah medis dalam bahasa Inggris. Bahkan beberapa istilah diantaranya sudah familiar dalam kehidupan sehari-hari.  Hal tersebut memang  tidak bisa luput dari pengaruh peleburan bahasa. Salah satunya adalah dengan masuknya sebuah budaya. Termasuk dalam bahasa.

Istilah Medis Dalam Bahasa Inggris

Ada 15 istilah dalam bahasa Inggris yang akan dibahas pada artikel ini. Dari yang sudah familiar hingga ada istilah yang jarang diketahui. Adapun istilahnya adalah sebagai berikut!

1. Bacteria- Bakteri

Bakteri merupakan sebuah organisme yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang tanpa bantuan alat khusus. Selain itu, organisme ini pun banyak ditemui di segala penjuru bumi. Bahkan organisme ini senrii dapat hidup dalam tubuh. Bakteri ini ada dua jenis yaitu, bakteri menguntungkan manusia dan bakteri yang merugikan manusia.

2. Chicken Pox - Cacar Air

Istilah ini pun sering digunakan dalam dunia medis. Dimana penyakit ini sering menjangkit anak-anak. Salah satu tandanya adalah ruam berwarna merah pada kulit yang disertai rasa gatal.

3. Fever - Demam

Kondisi ini tentu sering kamu jumpai, bukan? bahkan hampir semua orang mengalaminya. Demam merupakan suatu kondisi dimana suhu tubuh menjadi tinggi  dan disertai pula dengan menggigil.

4. Bruise – Memar

Memar dapat terjadi karena kulit mengalami trauma ringan. Dimana hal tersebut menyebabkan kapiler  mengalirkan darah ke bagian jaringan sekitarnya.

5. Immune System - Sistem Imun

Istilah ini, pasti sudah tidak asing, bukan? Seperti yang diketahui bahwa sistem imun merupakan sebuah pertahan tubuh pada infeksi. Adapun berdirinya dari jaringan, sel, maupun organ yang bekerja sama untuk menangkal penyakit yang menyerang tubuh.

6. Disinfectants – Desinfektan

Pasti kamu sudah tidak asing lagi, bukan? Dengan istilah tersebut. Tentu hal tersebut dipengaruhi oleh kejadian Pandemi tahun 2020. Sehingga, beberapa orang banyak menggunakanya. Untuk membunuh mikroorganisme, termasuk virus. Yang menempel pada benda mati. Seperti meja maupun lanta.

7. Germs – Kuman

Kuman merupakan organisme mikroskopis yang bisa membuatmu terserang penyakit. Contohnya adalah viru dan bakteri pembawa penyakit.

8. Antibiotics – Antibiotik

Antibiotik merupakan sebuah obat untuk mengobati orang yang terkena infeksi dikarenakan bakteri. Biasanya, obat ini dapat kamu jumpai di berbagai apotik. Hanya saja, tetap ikuti resep dokter yang telah diberikan kepadamu.

9. Nausea – Mual

Mual merupakan sebuah kondisi dimana tubuh merasa tidak nyaman dengan bagian perut atasnya. Sehingga, lambat-laun hal ini membuat orang tersebut muntah.

10. X-ray Machine - Mesin X-ray

Merupakan mesin untuk mengecek keadaan kesehatan pasiennya dari dalam. Sehingga, apabila ada yang masalah,  kamu dapat langsung berkonsultasi dan mengobati diri sedini mungkin.

11. Sprain – Keseleo

Kondisi ini merupakan sebuah cedera sendi. Dimana hal tersebut menimbulkan peregangan ligamen melebihi kapasitas normal.

12. Vaccine – Vaksin

Vaksin merupakan sebuah zat yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga, tubuh akan lebih tahan terhadap penyakit. Vaksin sendiri biasanya diberikan dengan cara disuntikan.

13. Pulse - Denyut Nadi

Istilah ini beberapa kali muncul di adegan film atau drama menyebutkan ini, ketika di ruang UGD. Selain itu, denyut nadi pun secara tidak langsung memberitahukan kondisi atau kesehatan jantung.

14. Cancer – Kanker

Penyakit ini masuk ke dalam kategori penyakit yang banyak memakan korban. Sehingga, wajar apabila penyakit ini disebut sebagai penyakit yang mematikan.

15. Flu – Flu atau influenza

Tentu istilah ini, tidak asing. Pasalnya, penyakit ini sering sekali membuat orang sakit. Adapun tandanya adalah dengan bersin-bersin, tenggorokan sakit, indung pamflet, dan lain sebagainya.

Beberapa istilah medis dalam bahasa Inggris di atas dapat kamu jadikan referensi. Selain itu, ketika kamu mendengar istilah tersebut, pasti tidak akan bingung lagi. Maka tidak heran, apabila orang yang ingin menjadi dokter haruslah menguasai bahasa Inggris dengan baik.

User Profile

Universitas123