Mengenal Jurusan di Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Peluang Karirnya

Bacaan Umum
Universitas123 | 24 July 2021
Mengenal Jurusan di Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Peluang Karirnya

Fakultas Kesehatan Masyarakat merupakan fakultas yang bertujuan untuk melahirkan para mahasiswa yang mampu mempromosikan kesehatan sosial dengan mempelajari hubungan antara manusia dengan lingkungan atau kawasannya.

Lulusan dari Kesehatan Masyarakat semakin dibutuhkan pada masa pandemi seperti ini. Terbukti banyaknya instansi pemerintahan yang membuka lowongan pekerjaan untuk lulusan fakultas Kesehatan Masyarakat di CPNS tahun 2021.

Lulusan dari fakultas Kesehatan Masyarakat merupakan posisi fatal yang bertugas sebagai pengedukasian Kesehatan Masyarakat umum di masa pandemi seperti ini. Maka dari itu kehadirannya sangat dibutuhkan saat ini.

Jurusan di Fakultas Kesehatan Masyarakat

Menjadi tenaga ahli di garda terdepan kesehatan masyakat luas merupakan alasan mulia untuk memilih fakultas kesehatan masyakarat. Ada beberpa jurusan yang dapat kamu pilih sesuai minat dan keinginanmu dari fakultas ini.

Semua jurusan yang berada pada Kesehatan Masyarakat pada dasarnya akan melahirkan lulusan ahli masyarkat yang mampu merakyat dan berkerjasama dalam tim untuk Kesehatan Masyarakat luas. Beberapa jurusan dari fakultas Kesehatan Masyarakat yang dapat dipilih diantara sebagai berikut ini:

1. Kesehatan Masyarakat

Merupakan jurusan yang akan menghasilkan lulusan dengan kompetensi ahli dibidangnya. Seperti mengkaji dan menganalisis Kesehatan Masyarakat, memahami dasar-dasar Kesehatan Masyarakat, memimpin dan berfikir kepimpinan agar dapat merencakan kebijakan Kesehatan Masyarakat, dan memiliki komunikasi sosial yang baik kepada masyarakat.

2. Gizi

Gizi ialah jurusan yang menghasilkan lulusan dengan kompetensi menguasi dasar-dasar ilmiah gizi dan mampu menerapkannya untuk masyarakat luas atau pada sebuah instansi yang sedang memerlukan tenaga ahli gizi, ikut serta dalam membangun masyarakat yang bermoral dan beretika dengan menerapkan produktifitas dan pelayanan gizi kepada masyarat luas

3. Kesehatan Lingkungan

Lulusan dari jurusan ini akan menjadi tenaga ahli lingkungan yang mampu mengidentifikasi masalah-masalah pada lingkungan luas seperti efek rumah kaca, emisi karbon, pemanasan global, dan pencemaran lainnya.

4. Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Yaitu jurusan perbaduan antara seni dan ilmu kesehatan yang mampu mengkaji dan menganalisis penyakit atau cidera yang akan terjadi pada kecelakan kerja. Jurusan ini akan menghasilan lulusan yang mampu memberikan arahan tentang bagaimana cara kerja yang tidak beresiko mengalami kecelakan kerja.

Peluang Karir Lulusan Fakultas Kesehatan Masyarakat

Peluang karir dari lulusan fakultas Kesehatan Masyarakat sangatlah banyak. Yaitu mulai dari instasi pemerintahan sektor kesehatan hingga instansi swasta non kesehatan. Beberapa peluang karir fakultas kesehatan diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Healthcare Administrator

Merupakan seseorang yang bertugas menangani administrasi kesehatan atau layanan administasi kesehatan agar pelayanan kesehatan yang diberikan oleh tenaga medis menjadi efektif dan berkualitas.

2. K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja)  

Tugas dari pekerjaan ini ialah memodifikasi model system kerja yang aman untuk keselamatan pekerja, mengindentiikasi kecelakan kerja, dan mengevaluasi setiap kebijakan yang berhubungan dengan keselamatan dalam bekerja.

3. Biostatistician

Profesi ini akan menuntutmu berkerja pada sebuah laboratorium untuk mengalisis data-data yang telah didapatkan dari lapangan untuk kegiatan pengembangan pada bidang kesehatan.

4. Dosen

Bila dari awal kamu menyukai kegiatan belajar mengajar, maka profesi ini bisa menjadi pilihanmu. Sudah banyak lulusan dari jurusan di Fakultas Kesehatan Masyarakat menjadi seorang dosen. Namun tentunya bila ingin menjadi dosen harus melanjutkan studi lagi dan lulus S2.

Maka dari itu agar sukses berkarir di bidang ini, miliki motivasi yang besar untuk melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas. Selain harus bisa mengajar, kamu juga harus mempunyai kemampuan dalam melakukan riset sekaligus membuat jurnal ilmiah.

Tidak hanya itu saja, menjadi seorang dosen menuntutmu harus bisa berkomunikasi dengan baik bersama anak didik. Sehingga kamu bisa melakukan interaksi sosial dengan mudah bersama anak didikmu nanti.

5. Epidemiolog

Epidemiolog merupakan salah satu cabang kesehatan yang berkaitan dengan penyebaran, insiden, serta pengendalian populasi penyakit. Namun bila ingin menjadi seorang Epidemiolog, kamu juga harus melanjutkan studi S2 dulu.

Karena profesi ini membutuhkan keahlian penyelidikan terkait dengan penyakit menular. Dengan keahlian itulah diharapkan seorang Epidemiolog dapat menemukan cara pencegahan penyakit sekaligus pengobatannya dengan baik.

Jadi seorang Epidemiolog itu selain melakukan penelitian dan penyelidikan seperti itu, mereka juga harus bisa membuat perencanaan program kesehatan sekaligus mengawasinya agar programnya berhasil sukses dengan sempurna.

Jadi itu tadi adalah beberapa peluang karir dari lulusan fakultas tersebut. Yang pasti, lulusan dari fakultas Kesehatan Masyarakat bukan hanya untuk bekerja di puskesmas aja, sektor migas dan instansi besar lainnya sungguh membutuhkan lulusan dari jurusan ini.

Sehingga kini sudah tidak ada alasan untuk tidak memilih Kesehatan Masyarakat sebagai jurusan terbaik untuk lulusan SMA/ SMK.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait