Ketahui Apa itu Kesimpulan dan Fungsinya

Bacaan Umum
Universitas123 | 02 December 2021
Ketahui Apa itu Kesimpulan dan Fungsinya

Apa itu kesimpulan? Jika dilihat secara umum kesimpulan merupakan pernyataan yang akan diambil secara ringkas dari seluruh pembahasan. Dengan begitu, kesimpulan adalah laporan hasil dari sebuah pembicaraan atau karya tulis ilmiah.

Kesimpulan bisa menjadi bagian terpenting dari sebuah karya ilmiah. Melalui bagian ini, para peneliti bisa mendapatkan pembahasan karya tulis lebih singkat, jelas, dan memberikan kesan kepada pembaca.

Banyak penulis yang merasa kesulitan untuk membuat sebuah kesimpulan. Hal ini dikarenakan penulis kurang dapat memilih atau menemukan sesuatu yang menarik untuk dijadikan kesimpulan. Sebenarnya, membuat kesimpulan juga tidak sulit setelah kamu tahu pokok pembahasannya.

Apa Itu Kesimpulan?

Sebelum bisa menguasai bagaimana cara menulis kesimpulan yang baik dan benar, sebaiknya kamu memahami lebih dulu pengertian kesimpulan, seperti berikut.

Menurut USC Libraries

Menurut USC Libraries, kesimpulan adalah bagian yang digunakan untuk membantu pembaca untuk memahami mengapa penelitian tersebut sangat penting. Kesimpulan tidak hanya ringkasan dari sebuah topik utama, tetapi juga pembahasan ulang dari penelitian, namun lebih sederhana dari beberapa poin utama.

Biasanya untuk makalah dari perguruan tinggi membutuhkan 1 atau 2 paragraf yang dikembangkan untuk menjadi sebuah kesimpulan. Sekalipun dalam beberapa kasus ada yang membuat sampai tiga paragraf.

Menurut Vocaluburry

Kesimpulan versi Vocaluburry, merupakan bagian yang ada di posisi paling akhir dan menjadi sebuah hasil. Setiap hal dapat dikategorikan sebagai bagian tertentu sehingga bisa mendapatkan pemahaman lebih dalam. Biasanya seseorang dapat memperoleh kesimpulan di akhir sebuah hal.

Menurut Merriam Webster

Kesimpulan menurut Merriam Webster merupakan penilaian yang masuk akal. Kesimpulan ini dibutuhkan ketika ada dua maupun lebih preposisi yang akan diambil sebagai sebuah premis.

Menurut Cambridge Rindge dan Latin school

Kesimpulan versi Cambridge Rindge and Latin school merupakan paragraf paling akhir untuk makalah maupun hasil penelitian. Kesimpulan juga bisa diartikan sebagai presentasi jenis lain yang berada di bagian belakang. Seseorang bisa mendapatkan inti dari pembahasan yang sudah dipaparkan sebelumnya.

Ciri-Ciri Kesimpulan yang Baik dan Benar

Untuk bisa menentukan kesimpulan sebenarnya tidak terlalu sulit dicari stop ada beberapa ciri-ciri yang bisa menggambarkan bagian tersebut. Untuk mengetahui cara membuat kesimpulan, pahami dulu beberapa ciri-ciri dari sebuah kalimat yang menunjukkan ada unsur kesimpulan seperti berikut.

1. Lebih Sederhana, Singkat, dan Jelas

Ciri-ciri pertama kesimpulan harus lebih sederhana, singkat, dan jelas. Untuk bisa merangkum beberapa gagasan maupun pernyataan yang lebih dulu dapat dipaparkan di bagian inti. Sangat penting untuk tidak mengarahkan gagasan baru yang tidak disampaikan di beberapa bagian sebelumnya sehingga tidak menimbulkan kesan multitafsir.

2. Pesan Dapat Tersampaikan

Kesimpulan juga harus memiliki informasi yang ingin disampaikan agar bisa Menambah pengetahuan seseorang yang membaca maupun mendengar. Begitu juga dengan kesimpulan yang harus dibuat seperti informasi atau pesan tertentu.

3. Memiliki Inti Sari

Penulisan kesimpulan juga harus memiliki inti sari. Inti sari adalah ringkasan yang telah dijelaskan tetapi menggunakan bahasa sendiri kemudian dikembangkan. Sekalipun ringkas, tetapi semua bagian sudah tercantum karena kesimpulan harus membuat seluruh isi teks maupun bacaan.

4. Dari Hal Khusus Menjadi Hal Umum

Apa yang dimaksud dari hal khusus menjadi hal umum? Jadi yang dimaksud adalah menyebutkan berbagai macam hal-hal yang bisa dijadikan ciri khas dari sebuah konsep dalam beberapa kalimat penjelas.

Selain itu, di akhir kalimat kamu bisa mencapai suatu ciri khas tersebut dalam kalimat umum.

5. Menggunakan Kosakata Baku

Kesimpulan harus memiliki kosakata baku dan hindari penggunaan frasa di luar pedoman ejaan bahasa Indonesia. Tidak perlu menggunakan berbagai macam istilah yang tidak diketahui oleh orang secara umum sehingga akan memunculkan pertanyaan kontekstual yang mungkin tidak bisa disimpulkan.

6. Memiliki Hubungan dengan Kalimat Utama

Kesimpulan juga bisa ditemukan pada akhir kalimat. Biasanya memiliki hubungan kalimat utama pada sebuah paragraf. Agar bisa menemukan inti maka gabungan kalimat utama dengan kalimat akhir paragraf sehingga membentuk sebuah kesimpulan.

7. Memiliki Sebab dan Akibat

Dalam sebuah kesimpulan hubungan sebab-akibat bisa menjadi kunci. Jadi jika kamu melihat paragraf dengan sebab dan akibat maka bisa dijadikan kunci untuk membuat sebuah kesimpulan. Ketika mau tahu mana hubungan sebab dan akibat yang akan terjadi jika seseorang tidak akan kesulitan menemukan inti permasalahan yang akan dibahas.

8. Dibuat Berdasarkan Kata Kunci

Kesimpulan juga dibangun berdasarkan ide pokok pada setiap paragraf. Selain itu kata kunci dan kalimat penjelas juga harus disertakan sehingga mampu mencapai kondisi keseluruhan dan menjadi satu kesatuan utuh. Penulis dapat menggunakan teknik frasa maupun kalimat sendiri, asalkan maknanya dapat berubah.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait