7 Keuntungan Mendapatkan Beasiswa yang Perlu Kamu Ketahui

Bacaan Umum
Universitas123 | 09 May 2022
7 Keuntungan Mendapatkan Beasiswa yang Perlu Kamu Ketahui

Salah satu alasan mengapa banyak pelajar lulusan SMA mengurungkan niatnya untuk melanjutkan studi hingga ke jenjang perguruan tinggi adalah mahalnya biaya pendidikan. Padahal ada banyak cara supaya pendidikan bisa terus berlanjut salah satunya dengan memanfaatkan berbagai Program Beasiswa dari macam-macam jenisnya.

Beasiswa juga sangat penting karena tidak hanya membantu perkuliahan tapi juga meringankan beban orangtua. Banyak orang tua yang walaupun mereka hanya lulusan SD, tetapi sangat menginginkan supaya anak-anaknya bisa lulus sampai memperoleh gelar sarjana atau doktoral. Inilah alasan mengapa beasiswa sangat perlu kamu kejar untuk memenuhi harapan perkuliahan hingga selesainya.

Keuntungan Menjadi Penerima Beasiswa, Apa Saja?

Adanya program beasiswa adalah membantu supaya kamu bisa tetap mencari ilmu pada bidang yang kamu inginkan sekaligus membantu jika kamu mempunyai kendala pembiayaan. Beasiswa juga tidak hanya tersedia bagi masyarakat dengan keterbatasan ekonomi, tetapi juga tersedia bagi para pelajar yang yang memenuhi syarat dan ketentuan tanpa melihat kondisi ekonominya.

Nah, berikut adalah keuntungan yang dapat kamu peroleh jika berhasil menjadi penerima beasiswa:

1. Kuliah Jadi Lebih Semangat

Semua orang pasti bangga ketika mampu mendapatkan apa yang banyak orang berjuang mati-matian untuk memperolehnya. Begitu pula dengan beasiswa. Saat kamu berhasil memperoleh beasiswa, pasti perasaan kamu adalah sangat bangga karena bisa bersaing dengan mahasiswa lainnya yang punya prestasi. Saat kamu memperoleh informasi bahwa kamu berhak mendapatkan beasiswa setelah melewati berbagai seleksi yang berat, tentu kamu juga akan lebih semangat menjalani perkuliahan. Hal ini karena beasiswa yang kamu peroleh membuat kamu wajib mempertahankan prestasi akademik. Apalagi beasiswa tersebut membantu supaya kamu bisa lulus kuliah tepat waktu Sehingga ini adalah peluang yang baik untuk menyelesaikan perkuliahan dengan giat.

2. Biaya Kuliah Lebih Hemat

Bisa kamu bayangkan berapa puluh juta rupiah yang harus kamu keluarkan setiap semesternya untuk menjadi mahasiswa Universitas Negeri ataupun swasta? Kamu harus membayar UKT, SPP, SKS, dan biaya praktikum yang tentunya tidak murah. Dengan adanya beasiswa, kamu bisa memperoleh bantuan keuangan sangat mendukung supaya kamu bisa menghemat uang tabungannya selama ini kamu miliki. Sehingga kamu bisa mengalokasikan biaya perkuliahan yang sudah kamu miliki untuk kepentingan lainnya. Beasiswa sebagian ataupun beasiswa penuh memberikan keringanan supaya biaya kuliah bisa lebih rendah daripada perkuliahan reguler. Walaupun komponen beasiswa yang diberikan sangat tergantung pada pihak penyelenggara, pastinya beasiswa selalu dirancang supaya membantu biaya kuliah penerima beasiswa. Apakah bisa kuliah gratis dengan menggunakan beasiswa? Tentu saja! Ada banyak program fully funded scholarship atau beasiswa penuh selama 4 tahun pada program sarjana. Program beasiswa seperti ini juga tersedia untuk mahasiswa pascasarjana dengan bantuan biaya kuliah gratis sampai lulus dengan masa studi normal.

3. Membuat Kamu Jadi Mahasiswa Berprestasi

Program beasiswa prestasi menunjukkan bahwa kamu mempunyai integritas dan bahkan lebih unggul jika dibandingkan dengan mahasiswa lainnya. Hal ini karena kamu sudah melewati berbagai proses seleksi sekaligus membuktikan bahwa kamu sebagai penerima beasiswa tersebut mempunyai penilaian lebih unggul dan diakui mempunyai kualitas di atas rata-rata. Tidak hanya terlihat unggul saat berada di kelas atau di kampus, tetapi pengalaman memperoleh beasiswa juga membuat kamu tampak lebih unggul dan kaya prestasi ketika melamar pekerjaan dan di sebuah perusahaan. Itulah mengapa beasiswa adalah hal yang pertama wajib kamu kejar walaupun kamu bukan termasuk dalam mahasiswa dengan kondisi keterbatasan ekonomi.

4. Beasiswa Meningkatkan Jaringan Pertemanan

Dengan menerima beasiswa, kamu akan mempunyai jaringan pertemanan lebih luas. Umumnya penerima beasiswa pada berbagai program akan bertemu dan dan kamu akan melihat begitu banyak pelamar dari berbagai belakang. Jika kamu memperoleh beasiswa pertukaran pelajar misalnya, maka kamu akan berada pada lingkungan baru di luar negeri dengan teman-teman baru yang siap berbagi cerita pengalaman mereka memperoleh biasa tersebut. Jaringan pertemanan ini sangat penting karena ada banyak pelajaran yang tidak kamu temukan dalam perkuliahan. Melalui jaringan pertemanan, kamu bisa belajar berpikir lebih luas atau bahkan membangun bisnis bersama. Teman bisa jadi bagian penting untuk meraih kesuksesan.

5. Bisa Jadi Seorang Inspirator

Tidak semua mahasiswa bisa memperoleh beasiswa, dan bahkan kamu harus mencoba berulang kali supaya bisa berhasil memperoleh beasiswa yang kamu inginkan. Ketika kamu dinyatakan lolos seleksi dan berhak memperoleh beasiswa, maka tidak sedikit pula mahasiswa yang penasaran bagaimana cara supaya kamu bisa memperoleh beasiswa tersebut. Usaha kerja keras, pengalaman berharga, juga bagaimana kamu bisa berhasil memperoleh biasa tersebut akan menjadi informasi penting bagi mahasiswa lainnya. Maka, kemungkinan besar kamu akan langsung memperoleh undangan khusus pada acara pameran beasiswa atau didapuk menjadi seorang pembicara. Dari seluruh kisah inspiratif yang kamu bagikan, justru kamu telah membantu mahasiswa lainnya sekaligus memberi semangat supaya mereka juga pasti punya peluang yang sama seperti yang kamu peroleh. Hal seperti ini tentu merupakan salah satu kebaikan yang tidak ternilai sekaligus menjadikan kamu sebagai pribadi yang lebih bermanfaat.

6. Jadi Rebutan Banyak Perusahaan

Salah satu persyaratan ketika melamar pekerjaan adalah menyiapkan resume, dan sudah menjadi rahasia umum bahwa para pemilik perusahaan pasti hanya melirik mahasiswa lulusan dengan pengalaman terbaik. Salah satu cara membuat resume kamu lebih berbeda dibandingkan pelamar lainnya adalah beasiswa. Pengalaman beasiswa sekaligus menunjukkan bahwa ada banyak kemampuan yang telah kamu buktikan termasuk bagaimana kamu bekerja keras sekaligus kemampuan melakukan riset atau analisis tentang peluang beasiswa. Hal tersebut juga menunjukkan bahwa kamu merupakan mahasiswa yang tekun dan pantang menyerah karena telah mencoba Mengikuti berbagai tahap seleksi dan perjuangan untuk akhirnya memperoleh beasiswa itu. Artinya, mahasiswa yang mempunyai pengalaman lebih dan membuatnya tampak berbeda justru lirik perusahaan. Salah satu cara agar kamu bisa memperoleh pekerjaan lebih cepat adalah dengan pengalaman beasiswa.

7. Beasiswa Bisa Meningkatkan Skill

Skill adalah bagian terpenting yang bisa membuat kamu tampak lebih unggul jika dibandingkan dengan mahasiswa lainnya. Skill baik itu soft skill atau hard skill juga sangat penting mempersiapkan diri supaya kamu bisa langsung bekerja dan menghadapi kompetisi dunia pekerjaan. Beasiswa merupakan cara terbaik supaya kamu lebih semangat kuliah, berjuang mempertahankan nilai IPK, Mengikuti berbagai pelatihan kepemimpinan, memenuhi syarat program magang jika memperoleh beasiswa dari perusahaan swasta, atau program-program lainnya yang justru mendidik dan mengembangkan kemampuan soft skill. Beasiswa jelas membuat kamu lebih percaya diri karena sudah terbiasa menghadapi tantangan untuk bisa berbicara didepan umum, berlatih memecahkan masalah, atau bekerja bersama dalam lingkungan nyata. Jika kamu memperoleh beasiswa di luar negeri, kamu harus melatih kemampuan mandiri, melatih kemampuan komunikasi dan bahasa, sekaligus belajar menghargai dan bersikap toleran dalam menghadapi sudut pandang yang berbeda karena lingkungan heterogen.

Itulah informasi lengkap tentang alasan dan apa pentingnya beasiswa bagi para pelajar di Indonesia. Jadi, beasiswa tidak hanya menjadi strategi penting untuk menghemat perkuliahan sehingga kamu bisa tetap kuliah sampai menyandang gelar sarjana. Beasiswa adalah bagian dari kualitas diri, menunjukkan bahwa kamu unggul dibandingkan mahasiswa lainnya dan punya potensi. Beasiswa adalah langkah awal supaya kamu bisa kuliah tepat waktu dan punya mental kuat untuk siap bekerja.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait