Please Wait
Logo

Konsep Rekayasa Perangkat Lunak

Bacaan Umum
Universitas123 | 29 april 2022

Konsep rekayasa perangkat lunak adalah salah satu bidang keilmuan atau profesi yang berfokus pada produksi dan pengembangan perangkat lunak. Rekayasa perangkat lunak dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah software engineering seperti yang sudah kita ketahui software atau perangkat lunak merupakan bagian yang sangat penting dalam komputerisasi software sendiri juga digunakan sebagai mesin pembantu manusia. 

Perangkat lunak dapat diperbarui bahkan memproduksi  perangkat lunak yang terbaru. Pengembangan perangkat lunak adalah berfungsi untuk menambah fitur – fitur dari suatu mesin. Biasanya perangkat lunak tersebut bisa menjadikan kegunaan mesin menjadi lebih baik dari sebelumnya. Untuk bisa digunakan dalam kehidupan sehari – hari maka perlu pembaruan. Software dalam pembaruannya juga ada konsepnya. Konsep yang bisa diambil sebagai pondasi untuk peneliti selanjutnya.

Tujuan Rekayasa Perangkat Lunak

Semakin hari semakin banyak yang mengeluarkan produk terbaru, itulah hasil dari rekayasa perangkat lunak. Tentu saja hal ini memiliki tujuan yang beragam, diantaranya :

  1. Memperoleh biaya produksi yang rendah dari sebelumnya sehingga biaya tersebut dapat tercover oleh hasil penjualan produk.
  2. Menghasilkan perangkat lunak yang kinerjanya lebih baik, cepat dan efisien dari sebelumnya. Seperti yang telah dibuktikan oleh keluaran hp dan laptop baru – baru ini. Masing – masing memiliki keunggulan yang dapat dijual ke konsumen.
  3. Memproduksi perangkat lunak yang dapat bekerja sebagai platform.
  4. Membuat perangkat lunak dimana perawatannya tidak membutuhkan biaya mahal.

Dalam konsep rekayasa perangkat lunak terdapat beberapa elemen penting yaitu quality focus atau berfokus pada kualitas, proses, metode dan alat bantu. Dengan memperhatikan beberapa elemen diatas maka rekayasa software akan memenuhi tujuannya masing – masing.

Manfaat Mempelajari Konsep RPL

RPL merupakan keilmuan yang berfokus pada perangkat lunak dengan kekhususan perintah. Dengan menggunakan beberapa konsep yang ada maka manfaat yang diperoleh oleh peneliti dan juga kliennya sangat besar. Tidak dipungkiri bahwa penemuan mesin baru menggunakan software yang rumit. Hal tersebut berkat pembaruan dari software sebelumnya.

Usaha yang dilakukan dalam pembaharuan adalah mengenai coding. Sebagai peneliti di bidang software tentu akan akrab dengan coding atau pengkodean. Software akan berjalan dengan baik apabila menggunakan algoritma kode yang baik. Jadi untuk itu mempelajari konsep RPL sangat penting.

Penutup

Saat ini RPL sudah banyak diajarkan di tingkat SMK dan an dilanjutkan ke tingkat lebih tinggi yaitu perkuliahan. Jadi dengan mempelajari konsep dasar RPL maka manfaat yang diperoleh adalah dapat menciptakan perangkat lunak baru sesuai keinginan atau bahkan pesanan klien. Sehingga dapat dijadikan juga sebagai lapangan pekerjaan. Di era yang serba komputerisasi memang tidak heran jika banyak yang mulai belajar mengenai konsep rekayasa perangkat lunak.

User Profile

Universitas123