Kuliah di Universitas Tanjungpura Pontianak? Ketahui Biaya Kuliahnya

Bacaan Umum
Universitas123 | 03 September 2021
Kuliah di Universitas Tanjungpura Pontianak? Ketahui Biaya Kuliahnya

Universitas Tanjungpura Pontianak adalah salah satu perguruan tinggi negeri di daerah Pontianak yang memiliki banyak prestasi. Universitas Tanjungpura berdiri sejak tahun 1959 dan dan memberikan kemajuan cukup pesat. Kampus ini mendapatkan banyak prestasi dalam bidang Tri Dharma perguruan tinggi.

Kampus Negeri Ini juga sering disebut sebagai Universitas pertama di Kalimantan Barat sehingga memiliki reputasi yang cukup bagus. Sampai saat ini banyak sekali calon mahasiswa di Kalimantan Barat yang memilih daftar di Universitas Tanjungpura.

Biaya Kuliah di Universitas Tanjungpura

Ada banyak pertimbangan ketika kamu akan memilih perguruan tinggi untuk meneruskan pendidikan perkuliahan. Salah satu hal yang harus dipertimbangkan dengan baik adalah biaya kuliah.

Begitu juga jika kamu memilih Universitas Tanjungpura di daerah Pontianak. Menjadi salah satu kampus negeri tentu membuat calon mahasiswa berpikir bahwa biaya kuliah cukup terjangkau. Hal tersebut memang tidak salah, tahun 2013 Universitas Tanjungpura atau Untan sudah mulai menerapkan pendidikan per semester dengan sistem UKT atau Uang Kuliah Tunggal.

Dengan menggunakan sistem tersebut berarti semua biaya pendidikan mahasiswa sudah tergabung menjadi satu pembayaran yaitu UKT dan tidak ada pungutan lain. Namun, besaran UKT juga sangat bervariasi tergantung pada kemampuan finansial mahasiswa.

Bagi mahasiswa yang berhasil mendapatkan beasiswa Bidikmisi secara otomatis masuk ke golongan 1 dengan biaya sebesar Rp500.000 per semester. Sedangkan calon mahasiswa yang berhasil mendaftarkan diri melalui SNMPTN dan SBMPTN bisa disesuaikan dengan data yang telah diisi pada saat pendaftaran.

Kamu juga harus tahu bahwa masing-masing fakultas memiliki biaya yang berbeda, seperti berikut.

  • Fakultas kehutanan, minimal Rp500.000, maksimal Rp. 1.750.000
  • Fakultas Matematika dan ilmu pengetahuan Alam, Rp. 500.000 - Rp. 4.850.000
  • Fakultas kedokteran, mulai dari Rp. 500.000 - Rp. 10.000.000
  • Fakultas Teknik, mulai dari Rp. 500.000 - Rp. 7.850.000
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik mulai dari Rp. 500.000 - Rp. 2.620.000
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, mulai dari Rp. 500.000 - Rp. 2.550.000
  • Fakultas Pertanian, mulai dari Rp. 500.000 - Rp. 2.570.000
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis, mulai dari Rp. 500.000 - Rp. 4.600.000
  • Fakultas Hukum, mulai dari Rp. 500.000 - Rp. 1. 400.000

Pengelompokan pembayaran uang kuliah Tunggal di Universitas Tanjungpura akan disesuaikan berdasarkan data yang telah diisi oleh calon mahasiswa. Diharapkan data tersebut juga bisa dipertanggungjawabkan.

Beasiswa Universitas Tanjungpura Pontianak

Jika ingin mendapatkan biaya kuliah lebih terjangkau lagi kamu bisa Mencoba mendaftarkan diri beasiswa Universitas Tanjungpura. Kampus negeri ini menyediakan beberapa beasiswa yang telah didapatkan melalui pemerintah maupun instansi swasta yang telah bekerja sama.

Berikut ini beberapa pilihan beasiswa yang bisa dipilih oleh mahasiswa aktif:

  1. Beasiswa dari pemerintah bisa melalui Bidikmisi- Dikti, BBM, PPA, LPDP, dan masih banyak lainnya.
  2. Untuk instansi swasta bisa diterima melalui beasiswa Bank Indonesia, beasiswa Djarum, beasiswa Yayasan peduli kasih A&A Rachmad, Beasiswa Telkom, dan masih banyak lagi lainnya.

Jika tertarik terhadap beasiswa tersebut, maka kamu harus mencari informasi yang lebih detail. Silahkan hubungi website resmi dari Universitas Tanjungpura, www.untan.ac.id.

Penutup

Biaya kuliah di Universitas Tanjungpura Pontianak Sebenarnya cukup terjangkau karena sudah menggunakan sistem UKT atau uang kuliah Tunggal. Ada beberapa program beasiswa yang diselenggarakan oleh kampus sehingga biaya kuliah bisa jauh lebih ringan, namun beasiswa tersebut dapat diterima dengan beberapa persyaratan yang bisa dilihat secara langsung di website kampus.

Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Negeri

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait