Kuliah Public Relation Seperti Apa dan Peluang Kerja

Bacaan Umum
Universitas123 | 12 November 2021
Kuliah Public Relation Seperti Apa dan Peluang Kerja

Kuliah public relation atau disingkat PR merupakan jurusan interdisipliner karena gabungan dari teori maupun konsep hubungan masyarakat dan ilmu komunikasi. Pada jurusan public relation, jurusan ini akan membina supaya kamu punya wawasan lebih terkait apa saja teori dalam membangun hubungan bermasyarakat secara baik.

Jurusan tersebut juga punya fokus pengembangan keterampilan komunikasi baik menggunakan cara konvensional maupun media digital. Dengan demikian kamu bisa mengasah keahlian dalam membuat rancangan rencana komunikasi strategis pada berbagai stakeholder.

Ketika memilih mengambil perkuliahan jurusan public relation terdapat 2 konsentrasi penting yaitu corporate communication dan brand communication corporate communication atau komunikasi perusahaan lebih mendidik para mahasiswa supaya mampu merancang berbagai perencanaan komunikasi strategis dengan tujuan membangun maupun memelihara relasi baik sekaligus memberikan feedback terhadap pihak internal maupun eksternal perusahaan menggunakan alat kehumasan. Sedangkan pada konsentrasi brand communication atau komunikasi merek lebih cenderung pada perancangan rencana strategis dalam menyampaikan merek secara kredibel terhadap target audience.

Alasan Mengapa Harus Kuliah Jurusan Public Relation

Ketika zaman semakin berkembang, jurusan public relation sangat diminati para pelajar saat ini karena menyediakan prospek karir lebih cerah. Kamu bisa mengasah kemampuan komunikasi, keterampilan interpersonal, maupun keterampilan observasi dan riset.

Selain itu, kamu juga punya kemampuan analisis, mampu bekerjasama dalam tim, mampu menggunakan berbagai software editing untuk kepentingan foto dan video, serta mampu menulis copywriting.

Di sisi lain, kamu juga belajar tentang bagaimana mengasah kemampuan dalam berbicara di depan umum atau public speaking yang sangat bermanfaat untuk kebutuhan masa depan. Bahkan kamu juga bisa bekerja pada sebuah perusahaan maupun media, membangun bisnis pribadi, maupun bekerja secara independen sebagai seorang freelancer.

Jurusan ini juga menyediakan materi kuliah hitung-hitungan yang tidak terlalu banyak. Hanya saja kamu akan menemukan mata kuliah statistik yang sangat perlu untuk mengerjakan skripsi metode kuantitatif.

Kuliah public relation juga penting karena bisa melatih agar kamu menjadi seseorang yang up to date. Hal ini karena kamu sudah terbiasa mengamati berbagai perkembangan informasi pada ragam media berbeda.

Pada perkuliahan ini kamu juga bisa berlatih menggunakan kemampuan sosialisasi yang sangat penting untuk kehidupan sehari-hari. Kuliah pada jurusan tersebut juga mendorong supaya kamu suka bersosialisasi sehingga punya pandangan luas dan mempunyai jaringan besar untuk kebutuhan karir di masa depan.

Kuliah Jurusan Public Relations Seperti Apa?

Jika kamu memutuskan mengambil perkuliahan jurusan public relation maka kamu akan menikmati suasana perkuliahan yang menyenangkan. Selama kuliah, kamu belajar berpikir kreatif dalam menghasilkan berbagai ide baru dan segar. Kamu juga dituntut agar mampu tampil semenarik dan sebaik mungkin karena bisa mengikuti perkembangan tren.

Beberapa contoh mata perkuliahan yang akan kamu pelajari adalah public speaking, corporate relationship management dan professional communication in bisnis setting. Berbagai tugas perkuliahan dibuat menantang dan menyenangkan seperti menulis press release sebuah event membuat visual desain, dan lainnya.

Prospek Kerja Lulusan Kuliah Public Relation

mahasiswa yang sudah lulus kuliah jurusan public relation bisa bekerja pada hampir semua jenis instansi pemerintah dan perusahaan swasta. Kamu juga bisa bekerja pada lembaga BUMN untuk mengisi kebutuhan sumber daya manusia pada posisi hubungan kemasyarakatan.

Apabila kamu lebih cenderung suka Bagaimana menyusun rencana pembuatan event, kamu juga bisa menjadi seorang event organizer tidak hanya bertugas menyusun rencana acara, kamu juga bisa menjadi seorang konsultan untuk memberikan saran terbaik bagi para klien yang butuh jasa tersebut.

Itulah informasi lengkap tentang perkuliahan public relation yang wajib kamu ketahui serta seperti apa peluang pekerjaan yang akan kamu peroleh setelah lulus. Dengan informasi ini bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan Apakah kuliah public relation merupakan pilihan yang tepat atau tidak.

Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Negeri Perguruan Tinggi Swasta

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait