Kuliah Sampai Semester Berapa? Ini Jawabannya untuk Semua Program Kuliah!

Bacaan Umum
Universitas123 | 21 July 2021
Kuliah Sampai Semester Berapa? Ini Jawabannya untuk Semua Program Kuliah!

Saat kamu sudah tertarik untuk kuliah atau bercita-cita ingin kuliah, pasti kamu penasaran tentang banyak hal mengenai perkuliahan. Mencari informasi tentang universitas, berbagai program studi yang ada di perguruan tinggi, adakah jurusan yang kamu mau di universitas yang kamu impikan, atau termasuk waktu tempuh kuliah sampai semester berapa?

Salah satu perbedaan ketika SD-SMA dan perguruan tinggi yaitu penyebutan tingkatan kelas. Saat sekolah SD-SMA, kamu akan ditanya “Kelas berapa?” lalu misal jawabannya adalah kelas 11 SMA. Namun, di perguruan tinggi pertanyaan tersebut akan berubah menjadi “Kamu semester berapa?” atau “Kamu tingkat berapa?”

Kuliah Sampai Semester Berapa untuk Setiap Programnya?

Kuliah itu sampai berapa semester? Jawabannya tergantung program kuliah apa. Jadi, program pendidikan di perguruan tinggi semuanya bisa disebut dengan kuliah. Program pendidikan tinggi tersebut seperti D3, S1, S2, dan tingkatan lainnya. Masing-masing selesai dengan jumlah semester berbeda-beda. 

1. Program Vokasi D1

Program Diploma 1 (D1) merupakan pendidikan diploma dengan waktu kuliah yang paling singkat. Bahkan dari semua program pendidikan perguruan tinggi lainnya. Waktu kuliah D1 hanya dua semester atau satu tahun saja. Dalam waktu singkat ini ada sekitar 32 SKS yang harus diselesaikan. 

Syarat kelulusannya membuat laporan karya ilmiah dan kerja praktik di akhir semester dua. Contoh program D1 yang banyak diketahui orang yaitu program D1 di Sekolah Kedinasan PKN STAN. Gelar lulusan untuk D1 yaitu Ahli Pratama (A.P.).

2. Program Vokasi D2

Dalam pendidikan diploma, angka tersebut menunjukkan waktu yang ditempuh dalam satuan tahun. Waktu kuliah D1 yaitu satu tahun. Begitu pun dengan D2 yang memerlukan waktu dua tahun atau empat semester untuk menyelesaikan studinya. Dalam waktu empat semester, mahasiswa harus menyelesaikan sekitar 64 SKS.

Tidak hanya D1, program D2 juga mewajibkan mahasiswanya untuk membuat laporan karya ilmiah dan melakukan kerja praktek sebagai syarat kelulusan. Contoh vokasi D2 yaitu prodi Lalu Lintas Angkatan Sungai, Darat, dan Penyeberangan. Lulusan D2 mendapatkan gelar juga, loh. Nama gelarnya adalah Ahli Muda (A. Ma.).

3. Program Vokasi D3

Program vokasi D3 yang lebih sering didengar dan banyak program studinya. Banyak universitas yang mempunyai program vokasi D3. Dari namanya pasti kamu sudah tahu kuliah sampai semester berapa untuk D3? Ya, benar. Kuliah D3 sampai semester 6 karena waktu pendidikannya selama tiga tahun.

Persyaratan kelulusan untuk semua program vokasi yaitu membuat laporan karya ilmiah dan melakukan kerja praktek di akhir semester terakhir, termasuk D3. Sekitar 112 SKS harus dituntaskan selama 6 semester. Gelar untuk lulusan vokasi D3 yaitu Ahli Madya (A. Md.).

4. Program Strata 1 (S1)

Jumlah semester yang ditempuh untuk program S1 bermacam-macam. Jumlah SKS yang harus diselesaikan paling sedikit 144 SKS dan paling banyak 160 SKS. Umumnya mahasiswa menyelesaikannya dalam waktu 8 semester dan itu waktu yang dianjurkan. Namun, bisa juga diselesaikan dalam waktu 7 semester kalau mau lulus lebih cepat.

Selain bisa lebih cepat, bisa juga lebih lama. Batas maksimal menyelesaikan SKS tersebut selama-lamanya 14 semester. Waw, sangat lama sekali. Kamu jangan sampai mengalaminya, ya. Bagi lulusan program S1 akan mendapatkan gelar sarjana sesuai program studi yang dipilih. Misalnya S. Pd. untuk Sarjana Pendidikan.

5. Program Magister (S2)

Jika kamu sudah lulus S1 dan mau melanjutkan ke S2, kamu harus menyelesaikan sekitar 36-45 SKS dalam waktu 4 semester atau dua tahun. Jumlah SKS tersebut sudah mencakup 6 SKS Tesis dan 1 SKS Seminar Usulan Penelitian. 

Kamu bisa menyelesaikannya lebih cepat kurang dari 4 semester. Bisa juga lebih lambat dengan maksimal waktu 8 semester atau 4 tahun. Waktu 4 tahun tersebut sudah termasuk penyusunan tesis.

6. Program Doktor (S3)

Jumlah semester yang harus ditempuh untuk S3 terdiri dari dua macam. Pertama, jika bidang ilmu yang dipilih saat S3 dan S2 sama, maka waktu untuk menyelesaikan minimal 49 SKS yaitu 10 semester atau 5 tahun. Jumlah 49 SKS tersebut sudah mencakup disertasi 30 SKS.

Jika bidang ilmu yang diambil saat S3 dan S2 beda, maka jumlah SKS yang harus diselesaikan sebanyak minimal 61 SKS dengan waktu tempuh 11 semester atau 5,5 tahun. Jumlah 61 SKS tersebt sudah mencakup disertasi sebanyak 30 SKS.

Perbedaan Program Vokasi dan Sarjana

Kamu sudah tahu kuliah sampai semester berapa untuk setiap programnya. Program vokasi kamu harus menyelesaikan SKS sesuai dengan waktu tempuhnya. Tidak bisa lebih cepat atau lebih lambat. Sementara untuk jenjang sarjana kamu bisa memilih lulus lebih cepat, sesuai dengan standar, atau lebih lama dari jadwal yang ditentukan.

Kesimpulan

Setelah tahu kuliah sampai semester berapa, saatnya kamu menentukan program apa yang akan dipilih atau sampai tingkat apa rencana kamu menempuhnya. Pertimbangkan dengan baik program apa yang cocok dan sesuai dengan kebutuhanmu. Kalau kamu mau informasi lainnya seputar kuliah atau beasiswa kuliah, yuk gabung di Universitas123 ya!

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait