Lebih Kompetitif di Dunia Kerja dengan Sertifikasi Google: Mahasiswa Institut Teknologi Telkom Surabaya Mengikuti Sertifikasi Google

Berita Universitas
Institut Teknologi Telkom Surabaya | 16 November 2023
Lebih Kompetitif di Dunia Kerja dengan Sertifikasi Google: Mahasiswa Institut Teknologi Telkom Surabaya Mengikuti Sertifikasi Google

Surabaya, April 2023 – Di era digital saat ini, keahlian di bidang teknologi informasi sangatlah dibutuhkan. Salah satu perusahaan teknologi informasi yang terkenal di seluruh dunia adalah Google. Google memberikan banyak peluang dan program untuk membantu individu meningkatkan keahlian mereka di bidang teknologi informasi, salah satunya adalah dengan memberikan sertifikasi Google. Sertifikasi Google adalah program yang dirancang untuk menguji dan mengevaluasi kemampuan individu dalam menggunakan produk Google.

Sertifikasi ini bisa membantu individu memperoleh keahlian teknis dan kredensial yang dapat meningkatkan prospek karir mereka. Mengetahui betapa pentingnya sertifikasi ini, program studi digital bisnis ITTelkom Surabaya menggelar sertifikasi Google sebagai bagian dari sesi praktikur kuliah pemasaran digital pada hari Rabu 5 April 2023 bertempat di Laboraturium FTIB permodelan.

Dominggo Bayu Baskara, S.T., M.MT., PMP. Selaku kepala program studi digital bisnis menjelaskan, “Kita tahu bahwa Google sebagai raksasa teknologi tentunya mendapatkan sertifikasi yang diakui Google akan meningkatkan value. Selain itu sertifikasi Google dalam digital marketing memberikan pemahaman yang luas dan mendalam tentang konsep dan strategi digital marketing yang efektif. Dengan sertifikasi ini, mahasiswa dapat mempelajari berbagai teknik dan alat digital marketing.”

Sertifikasi yang bekerjasama dengan Google Analytical Academy ini memuat seri 1 hingga 8 ujian sertifikasi profesi internasional antara lain: Fundamentals of Digital Marketing (dari: Google); Digital Analytics (dari: Google); Data Studio (dari: Google); Tag Manager (dari: Google); Search Ads (dari: Google); SEO Certification (oleh Hubspot); SEO Toolkit (dari: SEMrush); dan Social Media Marketing (dari: Hubspot).

Dominggo menambahkan, “Sertifikasi ini penting. Selama ini kita belajar mengenai ilmu namun belum pernah terjun di masyarakat oleh karena itu dibuktikan oleh sertifikasi yang pada hari ini google analytical academy yang berkaitan dengan digital marketing. Sertifikasi ini tentu memiliki nilai jual lebih untuk teman-teman.”

Kegiatan ini pun didukung sepenuhnya oleh kampus. Pada kesempatan yang sama, Dr. Helmy Widyantara, S.Kom., M.Eng. selaku dekan Fakultas Teknologi Informasi dan Bisnis berkesempatan membuka acara dan menyampaikan bahwa hasil nilai sertifikasi sudah menjadi penilaian atas UTS/UAS.

“Teman-teman tidak perlu ada UAS dan UTS dan penilaian untuk mata kuliah pemasaran digital berdasarkan hasil nilai ujian sertifikasi. Karenanya teman-teman harus semangat, saya yakin semua akan berjalan dengan lancar. Usaha semaksimal mungkin dan selamat mengerjakan ujian dengan sebaik-baiknya. Karena sertifikasi ini juga akan menjadi pegangan kalian ke depannya nanti.” Jelasnya.

Ujian sertifikasi ini diikuti oleh dua kelas program studi digital bisnis Angkatan 2021 dengan 8 kali pertemuan, dimana disetiap sesinya berlangsung selama 1 jam. Sebelum mengambil ujian di setiap sesi, mahasiswa akan ditempa berdasarkan modul perminggunya.

Sebelumnya sertifikasi kompetensi SAP (System Application and Product in data processing) pernah digelar pada akhir Agustus dan awal September 2022 lalu. ITTelkom Surabaya tidak hanya membekali anak didiknya ilmu dikelas namun juga kemampuan mereka akan dibuktikan melalui sertifikasi yang nantinya dapat membantu mahasiswa meningkatkan kemampuan teknis mereka, menambahkan nilai pada CV, meningkatkan prospek karir, memperluas jaringan profesional, dan memberikan akses ke sumber daya pelatihan.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait