Mahasiswa Harus Tahu, Ini Dia Manfaat Kuliah Kerja Nyata!

Bacaan Umum
Universitas123 | 01 December 2021
Mahasiswa Harus Tahu, Ini Dia Manfaat Kuliah Kerja Nyata!

Apakah kamu pernah mendengar singkatan "KKN"? Di kalangan masyarakat, KKN mungkin dikenal sebagai singkatan dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme. Namun di kalangan mahasiswa, KKN adalah singkatan dari Kuliah Kerja Nyata.

Pengertian Kuliah Kerja Nyata

Mengutip dari Wikipedia, kuliah kerja nyata adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia.

Bagi kamu mahasiswa tahun ketiga, khususnya di semester 6, maka tak lama lagi kamu akan mengikuti program ini selama satu sampai dua bulan. Program ini merupakan program yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa dengan jenjang pendidikan S1 sebagai syarat kelulusan.

Melalui program KKN, kamu akan belajar, mengabdi, mengajar dan berbaur dengan masyarakat. Biasanya, lokasi KKN sudah ditentukan oleh pihak kampus, yaitu bertempat di daerah setingkat desa. Namun tak jarang pula kampus mengirim mahasiswanya ke tempat-tempat pelosok yang jarang terekspos. 

Mengulik sejarahnya, Kuliah Kerja Nyata (KKN) muncul dari konsep atas kesadaran mahasiswa sebagai calon sarjana untuk dapat memanfaatkan sebagian waktu belajarnya menyumbangkan pengetahuan dan ilmu yang telah diperolehnya secara langsung dalam membantu memecahkan dan melaksanakan pembangunan di dalam kehidupan masyarakat. 

Dari berbagai pengalaman menunjukkan bahwa peranan mahasiswa dalam berbagai kegiatan telah memberikan bukti-bukti serta memperkaya akan arti dan peran mahasiswa sebagai tenaga kerja terdidik dalam berbagai aspek kegiatan pembangunan.

Tiga Perguruan Tinggi pada tahun 1971, yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Universitas Andalas (Unand), pada awalnya melaksanakan kegiatan yang merupakan proyek perintis yang dikenal dengan “Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat”.

Makna dari arti penting tersebut semakin dipertegas dengan ucapan Presiden RI saat Dies Natalis UGM bulan Februari 1971 yang menyatakan “agar setiap mahasiswa belajar di Desa dalam jangka waktu tertentu. Tinggal dan bekerja membantu masyarakat pedesaan, memecahkan persoalan pembangunan sebagai bahan dari kurikulumnya”.

Sejak saat itu akhirnya Dirjen Pendidikan Tinggi berkesimpulan untuk mengembangkan suatu kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa di perguruan tinggi secara nasional.

Lalu, apa manfaat dari kegiatan KKN itu sendiri? Bagi kamu yang belum tahu, baca pemaparannya di bawah ini hingga selesai ya!

Manfaat Kuliah Kerja Nyata

Tidak hanya bermanfaat bagi perguruan tinggi dan daerah yang dijadikan tempat mengabdi, kegiatan KKN juga membawa banyak manfaat bagi mahasiswa, di antaranya yaitu sebagai berikut :

  • Terjun langsung ke masyarakat

Jika selama ini kamu hanya memelajari ilmu-ilmu di dalam kelas, maka dengan program KKN kamu bisa langsung menerapkannya ke masyarakat. Tentu menyenangkan bukan jika ilmu yang kamu dapat di kelas bisa bermanfaat bagi orang lain? Biasanya dalam sebuah program KKN, tiap anggota dalam kelompok yang sebelumnya sudah dibagi mendapatkan program apa yang sesuai dengan bidangnya masing-masing. 

  • Pembuktian diri

Program KKN bisa menjadi ajang pembuktian bagi kamu yang sering dirundungi pertanyaan seperti "untuk apa sekolah tinggi-tinggi?". Melalui program ini, kamu bisa membuktikan bahwa apa yang sudah kamu pelajari bisa kamu tularkan ke masyarakat sekitar.

Misalnya bagi kamu yang berkuliah di jurusan teknik sipil, ketika kamu melihat terdapat jalan yang rusak di tempat kamu KKN, kamu dapat mengajukan program ke pemerintah sekitar untuk memperbaiki jalan tersebut. Kamu pun juga dapat memberikan saran atau membantu mereka dalam merancang perbaikan jalan yang benar. 

  • Relasi semakin banyak

KKN membuatmu lebih banyak kenal dengan orang lain. Tidak hanya satu kelompok yang biasanya memang berbeda jurusan, kamu juga akan bertemu dengan masyarakat dengan berbagai macam latar belakang. Hal ini yang nantinya bisa kamu manfaatkan untuk relasi kerja di masa depan.

Adapun manfaat umum yang akan diperoleh, yaitu memudahkan dalam mengambil keputusan dan menemukan inovasi secara tepat berdasarkan analisis ilmiah maupun berdasarkan petunjuk. Diharapkan dari inovasi inilah akan melahirkan banyak alternatif solusi secara mandiri maupun kelompok untuk program pemberdayaan masyarakat binaan. 

Poin penting memahami apa itu KKN secara tidak langsung mengajarkan akan rasa tanggung jawab dalam segala hal. Salah satunya dalam memberdayakan masyarakat binaan untuk menjadi lebih kooperatif, aktif, sejahtera dan masih banyak lagi.

Hal penting terakhir memelajari KKN yakni, mengajarkan mahasiswa belajar berpikir kritis dan belajar memahami pemikiran masyarakat. Tentu saja, dengan ini diharapkan mahasiswa pun menjadi pribadi yang bisa bekerja multidisipliner. 


Itulah tadi penjelasan mengenai apa itu KKN beserta manfaatnya yang bisa kamu pelajari. Untuk mendapatkan artikel informatif lainnya seputar dunia perkuliahan, kunjungi website Universitas123.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait