Mata Kuliah di Jurusan Administrasi Bisnis Nggak Melulu Soal Administrasi

Bacaan Umum
Universitas123 | 12 August 2021
Mata Kuliah di Jurusan Administrasi Bisnis Nggak Melulu Soal Administrasi

Mendengar administrasi bisnis, mungkin kamu akan terpikirkan tentang segala hal mengenai administrasi, atau akan beranggapan bahwa nanti belajarnya itu-itu saja, dan bakal ngebosenin. Wah kamu jangan salah paham dulu. Mata kuliah jurusan administrasi bisnis tidak sesempit itu.

Ternyata banyak yang akan kamu pelajari kalau masuk jurusan administrasi bisnis. Bahkan yang awalnya menganggap hanya pelajaran yang monoton, sebentar lagi kamu akan sadar kalau dengan masuk jurusan ini, maka masa depanmu sebagai pebisnis pun akan cerah.

Mata Kuliah yang Kamu Temui di Administrasi Bisnis

Di dalam jurusan ini kamu akan mempelajari hal-hal apa saja yang berhubungan dengan bisnis, baik itu tentang internal atau eksternal. Lalu, apa saja sih administrasi bisnis? Apakah benar cuma itu-itu saja? Atau ternyata mata kuliahnya sangat banyak dan kompleks? Yuk simak penjelasan singkat, apa saja yang bisa kamu pelajari di sini.

1. Akuntansi

Bisnis memang erat kaitannya dengan akuntansi. Karena akuntansi menjadi kunci pencatatan keuangan bisnis yang nantinya akan digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan oleh manajemen.

Nah, di jurusan administrasi bisnis kamu memang tidak mempelajari akuntansi secara menyeluruh seperti jurusan akuntansi itu sendiri. Di jurusan administrasi bisnis, kamu mempelajari akuntansi dasar yang memang sangat dibutuhkan di dunia bisnis itu sendiri.

2. Manajemen Bisnis

Selain akuntansi, kita juga akan belajar tentang manajemen. Selain paham tentang pencatatan keuangan, kita juga dituntut untuk paham tentang manajemen bisnis dan organisasi bisnis itu sendiri. Selain nantinya bisa jadi bekal di dunia kerja, ini bisa banget jadi bekal kamu jika mau mulai berbisnis sendiri.Selain akuntansi, kita juga akan belajar tentang manajemen. Selain paham tentang pencatatan keuangan, kita juga dituntut untuk paham tentang manajemen bisnis dan organisasi bisnis itu sendiri. Selain nantinya bisa jadi bekal di dunia kerja, ini bisa banget jadi bekal kamu jika mau mulai berbisnis sendiri.

3. Pemasaran  Bisnis

Bisnis tanpa adanya pemasaran, ya sama saja bohong. Karena pemasaran adalah ujung tombak dari sebuah bisnis. Jadi beruntung banget ya mata kuliah jurusan administrasi bisnis cukup lengkap dan bisa jadi bekal penting untuk di dunia kerja, atau dunia wirausaha.

Kamu nanti bisa belajar tentang pemasaran yang jitu dan efektif sehingga bisnis akan cepat tumbuh dan berkembang.

4. Perpajakan

Melapor dan  membayar pajak tepat waktu merupakan suatu keharusan bagi sebuah bisnis. Nah, beruntung banget, pada mata kuliah jurusan administrasi bisnis juga akan diajari tentang perpajakan. Kamu akan belajar tentang perhitungan dan perhitungan pajak yang sesuai dengan dunia bisnis, seperti PPh, PPN, dan lain-lain.

5. Komunikasi Bisnis

Komunikasi menjadi salah satu hal sangat krusial di dunia bisnis. Kemampuan komunikasi ini akan sangat berguna bagi kamu di dunia bisnis untuk membangun kerjasama dengan sesama rekan kerja, dan yang terpenting untuk mengembangkan relasi dengan pihak luar.

Nah, bagi kamu yang ingin membangun bisnis sedari muda perlu mempelajari dasar-dasar komunikasi dalam berbisnis. Maka dari itu, komunikasi bisnis jadi mata kuliah jurusan administrasi bisnis yang cukup penting dan wajib kamu pelajari.

6. Matematika Bisnis

Wah, bagi yang membenci matematika, kamu kurang beruntung, karena di jurusan administrasi bisnis juga akan ketemu pelajaran matematika nih. Kamu wajib mempelajari matematika bisnis sebagai bekal kamu di dunia kerja nantinya. Tetap tenang, karena akan lebih mudah dipelajari karena disesuaikan dengan keadaan nyata di dunia kerja.

7. Perencanaan dan Pengembangan Bisnis

Kamu yang masuk jurusan administrasi bisnis perlu bersyukur, karena kamu juga akan mempelajari tentang perencanaan dan pengembangan bisnis. Kamu akan belajar tentang merencanakan pemodelan bisnis mulai dari awal hingga akhir.

Selain itu kamu juga akan belajar untuk bisa melakukan riset bisnis dan penilaiannya untuk melakukan pengembangan bisnis. Wah ini akan jadi bekal luar  biasa bagi kamu untuk terjun ke dunia bisnis. Peluang untuk menjadi pebisnis sangat terbuka lebar.

8. Operasional Bisnis

Ini menjadi salah satu yang penting juga di mata kuliah jurusan administrasi bisnis. Di sini kamu akan belajar tentang operasional bisnis. Mulai dari awal bisnis itu, sampai mendapatkan tujuan yang hendak dicapai dari bisnis tersebut. Misalnya nih tentang permodalan, manajemen keuangan, manajemen biaya, penilaian kinerja, dan masih banyak lagi.

9. Etika Bisnis

Di dunia bisnis juga ada aturan-aturan yang harus ditaati oleh pebisnis. Maka dari itu penting sekali untuk mempelajari tentang etika bisnis, agar jika kamu sudah terjun ke dunia bisnis yang sesungguhnya tidak salah langkah dan salah dalam beretika. Ini cukup penting bagi kelangsungan bisnis kamu loh.

10. Komputer Keuangan

Di era sekarang ini sudah menuntut kamu untuk melek teknologi. Memang semuanya harus dipelajari dari awal dan manual terlebih dahulu, tapi kamu juga harus mempelajari yang serba otomatis dan mudah. Beruntung banget, karena di jurusan administrasi bisnis, kamu akan belajar tentang computer keuangan.

11. Model Bisnis

Ini yang lebih penting lagi, karena kamu akan mempelajari tentang berbagai  model bisnis. Ini akan menjadi modal penting karena pengetahuan tentang model bisnis yang berkembang sekarang akan kamu ketahui.

Kesimpulan

Wah ternyata mata kuliah jurusan administrasi bisnis tidak hanya tentang administrasi dan hitung-hitungan saja. Kamu di sini bisa belajar banyak hal tetang dunia bisnis mulai dari A sampai Z. Kamu juga akan disiapkan untuk menjadi seorang pebisnis handal.

Apa kamu tertarik dengan kuliah jurusan administrasi bisnis?  Biasanya ada juga kampus yang memberikan beasiswa untuk kamu loh. Jadi tidak ada alasan untuk tidak kuliah ya. Kamu bisa cari informasi tersebut di Universitas123.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait