Mata Kuliah Jurusan Fisika dan Keuntungan Jika Kamu Menjadi Mahasiswa Jurusan Fisika

Bacaan Umum
Universitas123 | 12 August 2021
Mata Kuliah Jurusan Fisika dan Keuntungan Jika Kamu Menjadi Mahasiswa Jurusan Fisika

Mata kuliah jurusan fisika biasanya mempelajari teori dan juga rumus, dengan menggunakan dasar ilmu matematika. Hal utama tentang fisika ialah menguak semua yang ada di bumi, memahami bagaimana alam bekerja. Misalnya tentang hukum gravitasi yang kita rasakan setiap hari.

Bagi kamu yang tertarik bagaimana alam semesta ini bekerja, kamu bisa memilih jurusan fisika. Nah, Berikut mata kuliah jurusan fisika yang akan temui saat kamu kuliah nanti.

Apa aja sih Mata Kuliah Jurusan Fisika?

Jurusan fisika juga merupakan ilmu dasar yang menjadi akar ilmu teknik dan sains. Logika berpikir akan diperlukan jika kamu memilih jurusan ini. Nah, sebagai acuan ini beberapa mata kuliah jurusan fisika yang akan kamu temui, antara lain:

  • Fisika Material Elektronik
  • Fisika Material dan Fotonik
  • Fisika Sistem Kompleks
  • Fisika Nuklir dan Biofisika
  • Fisika Teoritik Energi dan Instrumentasi

Keuntungan Jika Kamu Menjadi Mahasiswa Jurusan Fisika

Setelah memberikan informasi mengenai Mata kuliah jurusan fisika sebelumnya, supaya kamu lebih yakin memilih jurusan ini. Ini dia 5 Keuntungan yang akan kamu dapatkan jika menjadi seorang Fisikawan, yaitu:

1. Ilmu Fisika dapat memudahkan kamu menjalani kehidupan sehari-hari

fisika sangat erat hubungannya dengan kehidupan manusia. Dalam arti ada peralatan yang kita miliki pasti setidaknya menggunakan konsep fisika atau lebih. Baik disadari atau tidak beberapa konsep fisika telah menjadi hasil perkembangan teknologi, dimana salah satunya contohnya adalah sinyal handphone dimana sinyal ini terbentuk spektrum gelombang elektromagnetik. Sehingga pada zaman sekarang kita dapat berkomunikasi dengan mudah karena adanya sinyal. Setujukah kamu bahwa ilmu fisika hidup kita dapat menjadi lebih mudah?

2. Melalui Fisika Kamu dapat menguak fakta unik di alam semesta

Fisika sudah lahir dari ratusan tahun yang lalu, semua bentuk dalam perkembangan teknologi bisa terjadi disebabkan semua penemuan fundamental force. Fundamental force dalam bahasa Indonesia merupakan Gaya fundamental , dimana terdiri dari gaya nuklir, elektromagnetik dan juga gravitasi. Selain teknologi, listrik pun ditemukan oleh Michael Faraday seorang fisikawan asal Inggris, dengan mempelajari mata kuliah jurusan fisika kamu akan lebih jauh mengetahui apa yang terjadi di alam semesta.

3. Fisika menjadi gerbang perkembangan teknologi

Fisika memang sangat berperan dalam perkembangan teknologi, hal ini dapat terlihat dari penemuan lama yang ditemukan oleh para fisikawan cerdik. Contohnya yaitu smartphone yang sudah dimiliki sebagian besar masyarakat di dunia, ponsel pintar tidak mungkin direalisasikan jika tidak ada ilmu fisika.

Penemuan fisika yang membuat ponsel  berkembang diantaranya di bidang elektromagnetik, transistor (Nobel Fisika tahun 1956), sensor kamera (Nobel Fisika tahun 2009) dan masih banyak lagi. Hal itulah mengapa fisika merupakan gerbang perkembangan teknologi.

4. Kamu akan terlatih berpikir logis dan sistematis

Memahami fakta menarik mengenai bumi serta konsepnya akan membuat kamu terbiasa berpikir berdasarkan logika, dengan belajar ilmu fisika seperti contohnya mempelajari mata kuliah jurusan fisika maka kamu dapat melatih cara pikir yang logis dan sistematis karena terus menerus harus menganalisis kejadian teratur.

5. Fisika merupakan ilmu dasar dari ilmu sains yang lain

Fisika merupakan cabang sains yang fundamental.  Fisika menjadi landasan ilmu sains lainnya karena antara fisika dan disiplin ilmu lain membentuk disiplin ilmu yang baru, misalnya saja di bidang kedokteran.  Bagaimana memahami arus darah dan udara dalam tubuh dengan menggunakan konsep tekanan, perubahan resistensi terhadap aliran dan kecepatannya? Jika kamu paham dengan ilmu fisika, maka akan mudah menjelaskannya.

Kesimpulan

Itu tadi mata kuliah jurusan fisika beserta keuntungan menjadi Mahasiswa jurusan fisika. Jurusan fisika sangat cocok bagi kamu yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, dan cocok bagi kamu yang ingin mengetahui rahasia alam semesta.

Jadi, apakah tertarik menjadi fisikawan? Kalau kamu mau dapat informasi lainnya bisa langsung gabung di universitas123, ya!

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait