Mata Kuliah Manajemen Informatika Lengkap

Bacaan Umum
Universitas123 | 29 July 2021
Mata Kuliah Manajemen Informatika Lengkap

Mungkin banyak yang masih belum tahu apa itu manajemen informatika. Jurusan ini merupakan salah satu jurusan komputer yang mengupas pengembangan aplikasi, data informasi, dan teknologi apapun yang berhubungan dengan bisnis.

Lalu, apa saja mata kuliah Manajemen Informatika di perguruan tinggi?

  1. Bahasa Pemrograman
    Mata kuliah Manajemen Informatika yang pertama ini Kamu akan mengenal istilah-istilah penting dalam dunia pemrograman yang akan menjadi bekal ilmu penting agar Kamu bisa lebih jauh masuk ke dunia pemrograman.
  2. Dasar-Dasar Pengembangan Software
    Di sini Kamu akan belajar dasar-dasar teori pengembangan sebuah perangkat lunak, yang nantinya diharapkan lulusan Manajemen Informatika dapat mengembangkan software hingga siap untuk digunakan.
  3. Sistem dan Teknologi Informasi
    Mata kuliah Manajemen Informatika yang satu ini mempelajari sistem dan teknologi informasi khususnya mendalami sistem informasi sekaligus teknologi yang diterapkan di bidang itu.
  4. Analisis dan Desain Software
    Di mata kuliah ini Kamu akan mempelajari lebih jauh mengenai perangkat lunak dan bagaimana cara melakukan analisis sekaligus menyusun desainnya.
  5. Manajemen Risiko Teknologi Informasi
    Ada banyak kemungkinan risiko yang dapat terjadi di dalam dunia teknologi informasi. Di mata kuliah Manajemen Informatika ini kamu diajari untuk mengelola berbagai risiko yang mungkin akan Kamu temui saat bekerja nantinya.
  6. Etika Profesi Teknologi Informasi
    Mata kuliah ini adalah persiapan untuk masuk ke dunia kerja setelah lulus nantinya. Kamu akan belajar apa saja etika profesi di dunia teknologi informasi.
  7. Technopreneurship
    Technopreneurship mengajarimu untuk menjadi pengusaha di dunia teknologi informasi. Di sini Kamu akan belajar lebih jauh untuk mempersiapkan diri menjadi wirausaha setelah lulus nanti.
  8. Manajemen Proyek Teknologi Informasi
    Kamu juga akan belajar ilmu manajemen proyek di bidang teknologi informasi. Ilmu ini sangat penting untuk diaplikasikan ketika Kamu bekerja mengelola proyek TI.
  9. Perancangan Web
    Mengetahui cara melakukan perancangan web juga termasuk ke dalam mata kuliah Manajemen Informatika. Kamu akan belajar menyusun sebuah web yang baik sampai bisa diakses oleh semua orang.
  10. Jaringan Komputer
    Jaringan komputer menjadi topik penting yang berhubungan dengan keseluruhan topik di dunia teknologi informasi.

Kelebihan Manajemen Informatika

Setelah tahu mata kuliah di Manajemen Informatika di atas, Kamu juga perlu tahu apa saja kelebihan dari jurusan Manajemen Informatika.

  • Tidak terlibat langsung dengan hardware
  • Tidak hanya mempelajari bisnis, namun juga langsung berbisnis
  • Mempelajari analisa program
  • Tidak hanya IPA, tapi IPS pun bisa
  • Memiliki prospek kerja yang jelas

Kampus dengan Mata Kuliah Manajemen Informatika

Lalu, kampus mana saja sih yang ada jurusan Manajemen Informatika? Karena dengan mengetahui kampus mana saja yang ada jurusan tersebut, Kamu bisa menyiapkan segala kebutuhannya mulai dari sekarang. Berikut Universitas terbaik yang memiliki jurusan Manajemen Informatika.

  1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
    Kampus yang ada di Surabaya ini memiliki Jurusan Manajemen Informatika yang sudah terakreditasi A dari BAN-PT. Berbeda dengan kampus lain, di ITS jurusan ini lebih dikenal dengan nama jurusan Sistem Informasi.
  2. UIN Syarif Hidayatullah
    Jurusan Manajemen Informatika yang ada di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini juga sudah terakreditasi A dari BAN-PT.
  3. Universitas Indonesia (UI)
    Universitas yang berlokasi di Depok ini memiliki jurusan Manajemen Informatika dengan program studi S1 Reguler, S1 Paralel, dan S1 Ekstensi.
  4. Universitas Bina Nusantara (Binus)
    Kelebihan dari jurusan Manajemen Informatika di Binus yaitu bisa menggelar kuliah tanpa tatap muka atau bisa dilakukan secara online.
  5. Telkom University
    Kampus yang ada di Bandung ini mempunyai jurusan Manajemen Informatika yang tidak hanya mempelajari teknologi, tapi juga mengupas tentang bisnis.

Peluang Kerja Lulusan Manajemen Informatika

  1. Programmer
    Untuk menjadi programmer minimal Kamu harus lulusan D3 atau S1.
  2. Software Engineer
    Tugas software engineer adalah mengembangkan aplikasi yang sudah dirancang oleh programmer untuk selanjutnya disesuaikan dengan keperluan perusahaan.
  3. System Analyst
    Tugasnya merencanakan, mengkoordinasikan, dan menganalisa sistem software yang sudah dibuat. Untuk dapat menjadi system analyst Kamu harus lulus minimal S1.
  4. Network Engineer atau Database Administrator
    Pekerjaan ini menjaga kelancaran sistem yang sudah dibuat, melindungi sistem dari hacker, dan mengatasi gangguan sistem. Minimal lulusan D3 dan S1.
  5. Software Tester
    Profesi ini bekerja dengan menguji kelayakan sistem perangkat lunak yang telah dibuat untu menentukan sistem tersebut layak atau tidak dipakai oleh perusahaan.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan mengenai mata kuliah jurusan Manajemen Informatika secara lengkap. Setelah ini Kamu bisa mulai menentukan pilihan mau kuliah dimana, jalur apa, jurusan apa, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa cek di Universitas123 untuk mencari tahu informasi update mengenai beasiswa ke perguruan tinggi loh.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait