Ketahui 5 Istilah Dasar Ini untuk Mengenal Dunia Perkuliahan

Bacaan Umum
Universitas123 | 28 September 2021
Ketahui 5 Istilah Dasar Ini untuk Mengenal Dunia Perkuliahan

Mengenal dunia perkuliahan artinya, kamu harus mengetahui apa saja istilah dasar yang paling sering digunakan dalam perguruan tinggi. Sebagai mahasiswa baru, dunia perkuliahan sangat jauh berbeda dengan dunia pada saat kamu masih sekolah jenjang SMA.

Kamu mungkin sudah mendaftar ke perguruan tinggi dan telah mempersiapkan diri sebagai mahasiswa yang siap mengikuti jadwal kuliah. Itulah mengapa, ada beberapa istilah dasar yang harus kamu ketahui supaya tidak kaget.

Istilah Dasar Dalam Dunia Perkuliahan

Jika kamu ingin mengetahui bagaimana dan dunia perkuliahan itu seperti apa, istilah dasar hanya sebagai langkah awal saja. Sebenarnya masih banyak lagi istilah-istilah lainnya yang pasti akan kamu temukan ketika sudah menjadi mahasiswa. Namun, jangan khawatir karena seluruh istilah tersebut pasti akan kamu pahami seiring berjalannya waktu.

1. Dosen

Dosen adalah tenaga pendidik di kampus yang mempunyai kewajiban lebih dari sekedar mengajar. Dosen juga merupakan seorang pembimbing yang akan membantu menyelesaikan skripsi.

Jika kamu duduk di bangku SMA, tenaga pendidik yang ada di sekolah sering kamu panggil sebagai guru. Sama seperti hal tersebut, saat di bangku perguruan tinggi sebutan guru adalah dosen.

2. Mata kuliah

Istilah dasar selanjutnya jika ingin mengenal dunia perkuliahan adalah mata kuliah. Pada bangku SMA, materi-materi pelajaran sering kamu sebut dengan istilah mata pelajaran.

Dosen merancang mata kuliah dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian, soft skill atau hard skill. Tidak heran jika beberapa mata kuliah justru lebih menekankan pada keterampilan praktek.

3. SKS

Tidak semua mahasiswa baru mengenal istilah yang satu ini karena belum pernah mendengar saat masih duduk di bangku SMA. SKS merupakan Satuan Kredit Semester, sistem dalam perguruan tinggi yang memberi kesempatan mahasiswa untuk memilih mata kuliah selama satu semester. Pada program S1, kamu dituntut menyelesaikan hingga 144 atau 160 SKS.

Berbeda saat di bangku sekolah di mana kamu tinggal menerima jadwal belajar per satu semester atau satu tahun. Hal tersebut justru tidak terjadi saat kamu sudah duduk di bangku kuliah karena banyak perguruan tinggi memberikan kesempatan memilih mata kuliah.

Tidak sedikit pula universitas yang tidak memberikan izin mahasiswa pada semester 1 agar dapat memilih mata kuliah sehingga sudah ada jadwal yang sudah diatur. Jadi pemilihan SKS ini tergantung dari kebijakan masing-masing instansi pendidikan.

4. UKM

Singkatan dari Unit Kegiatan Mahasiswa, atau jika di bangku sekolah adalah ekstrakurikuler. Istilah dasar dalam mengenal dunia perkuliahan tersebut tentu berbeda dengan kegiatan ekstrakurikuler biasa. Baru pada saat mengikuti ekstrakurikuler, selalu ada guru pembina yang bertugas mengawasi kegiatan.

Berbeda dengan UKM yang justru dikelola oleh mahasiswa tanpa adanya bantuan dari dosen pembina. Kendati demikian, ketika UKM mengadakan kegiatan kampus, harus meminta izin terlebih dahulu pada Universitas.

5. KKN

Salah satu bagian menarik ketika mengenal dunia perkuliahan adalah KKN atau kuliah kerja nyata. Jika kamu sudah duduk pada semester atas terdapat kegiatan yang mengharuskan mahasiswa terlibat dalam kegiatan masyarakat pada daerah tertentu sehingga sekelompok mahasiswa harus bekerjasama.

Selama kegiatan KKN, kamu dapat memilih daerah yang disediakan oleh kampus dan melakukan pengabdian masyarakat hingga 1 bulan. Mahasiswa dibagi dalam satu kelompok dengan total 15 orang dari berbagai jurusan untuk bekerjasama, membantu kegiatan yang berjalan di lingkungan masyarakat tersebut.

Seperti Apa Dunia Perkuliahan?

Setelah mengenal beberapa istilah dalam dunia perkuliahan, kamu juga wajib tahu bahwa ketika kuliah tidak perlu pakai seragam lagi. Beberapa dosen memiliki kebijakan seperti harus berpakaian rapi dan menggunakan sepatu, namun beberapa dosen ada yang tidak memperdulikan hal tersebut.

Walaupun diberi kebebasan dalam memilih mata kuliah, atau kebebasan untuk hadir dan tidak hadir pada mata kuliah tertentu, bukan berarti kamu bisa bebas begitu saja. Ada beberapa konsekuensi yang harus kamu tanggung selama kuliah.

Misalnya, jika sering tidak hadir, maka dapat mempengaruhi nilai IPK. Nilai tersebut keluar setiap semester sebagai total penilaian dari pencapaian setiap semester yang dapat mempengaruhi pencapaian akademik, karena bagaimanapun jika punya prestasi akademik akan mempengaruhi keberhasilan karir.

penutup

Itulah istilah dasar yang perlu kamu ketahui utnuk memasuki dunia perkuliahan. Jika kamu ingin informasi lebih seputar perguruan tinggi dan berbagai tips lainnya, kamu bisa bergabung ke universitas123.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait