Mengenal Kelas Karyawan Lebih Jauh

Bacaan Umum
Universitas123 | 29 November 2021
Mengenal Kelas Karyawan Lebih Jauh

Bagi kamu seorang karyawan yang ingin melanjutkan studi di perguruan tinggi, maka kamu wajib menyimak pembahasan di artikel kali ini dengan seksama. Karena kali ini, kita akan membahas informasi seputar kelas karyawan beserta seluk-beluknya. Mau tahu apa saja? Yuk, kita intip!

Tentang Kelas Karyawan

Adanya kelas karyawan sangat membantu orang-orang yang berstatus sebagai seorang pekerja untuk tetap menempuh pendidikan tinggi. Biasanya kuliah kelas karyawan dilakukan dua sampai tiga kali dalam seminggu, tapi ada juga yang dilakukan pada malam hari setelah jam pulang kerja.

Dilihat dari segi akademik, tidak ada perbedaan ijazah antara kelas karyawan dengan kelas reguler. Mulai dari status mahasiswa, kualitas, hak akademik hingga gelar, semuanya yang didapatkan di kelas karyawan semuanya sama seperti mahasiswa reguler.

Perbedaan Kelas Karyawan dengan Kelas Reguler

Lantas apa perbedaan antara kelas karyawan dengan kelas reguler? Perbedaan signifikan yang paling jelas antara kelas karyawan dengan kelas reguler hanya terletak di jadwal perkuliahannya saja. Jadwal perkuliahan kelas karyawan dilaksanakan dua sampai tiga kali dalam seminggu di malam hari. Sedangkan jadwal kelas reguler biasanya dilaksanakan Senin-Jumat di pagi hari. Selebihnya, tidak ada lagi perbedaan antara kedua kelas tersebut seperti yang telah dipaparkan sebelumnya.

Keuntungan Mengikuti Kelas Karyawan

  • Pilihan program studinya sangat beragam

Bila dulu banyak orang-orang yang tidak ingin mengikuti kelas karyawan dikarenakan pilihan program studi yang ditawarkan jauh lebih sedikit dibandingkan pada kuliah reguler biasa, di jaman sekarang program studi yang ditawarkan semakin beragam. Kamu dapat menentukan program studi yang sesuai, baik sesuai dengan minat, bakat atau sesuai dengan pekerjaan yang sedang kamu geluti sekarang.

  • Jam kuliah sangat fleksibel

Jika kamu nantinya mengikuti kelas karyawan, kamu akan menemukan bahwa jam kuliahnya begitu fleksibel. Umumnya, mahasiswa yang berkuliah di kelas reguler dapat mengikuti program kuliah dari pagi sampai sore hari. Sedangkan di kelas karyawan biasanya akan dimulai dari sore sampai malam hari bahkan juga bisa pada akhir pekan seperti Sabtu atau Minggu. Waktu kuliah kelas karyawan tentunya juga dapat bergantung pada kebijakan dari masing-masing perguruan tinggi.

Intinya, jadwal kuliah kelas karyawan tidak akan mengganggu jam kerjamu sebagai pekerja. Sehingga kamu pun dapat mengatur dan memilih bagaimana kamu ingin mengalokasikan waktu setelah bekerja khusus untuk kuliah.

  • Dapat mengikuti ‘full class online’

Bila kamu mengambil kelas karyawan, maka kamu tidak perlu takut terburu-buru lagi untuk berangkat ke universitas untuk mengikuti kuliah secara tatap muka, karena berbagai universitas yang memiliki kelas ini menyediakan program kuliah online. Sehingga seluruh proses pembelajaran kamu akan dibantu dengan smartphone atau laptop.

Tips Mengikuti Kuliah Kelas Karyawan

  • Hitung perkiraan biaya kuliah

Tips sebelum kamu memutuskan untuk ikut kelas karyawan yaitu jangan lupa untuk melakukan riset terlebih dahulu mengenai biaya perkuliahannya. Kamu harus cerdik menghitung perbandingan biaya kuliah serta gaji yang kamu dapatkan.

Hal ini tersebut dapat membantu agar tidak mengalami kesulitan keuangan ketika sedang menjalani masa-masa perkuliahan nantinya.

  • Cari program studi yang dapat menunjang karir

Tips mengikuti kelas karyawan selanjutnya yaitu kamu harus memilih serta menentukan program studi yang diikuti secara akurat. Jika kamu berniat untuk mengikuti kuliah kelas karyawan ini dengan tujuan untuk meningkatkan karir, maka kamu dapat memilih program studi yang sesuai dengan pekerjaanmu.

Tetapi bila kamu ingin mengikuti kelas karyawan untuk mengembangkan skill serta pengetahuanmu, maka carilah jurusan yang sesuai dengan minat serta passionmu.

  • Buat perencanaan waktu yang sangat matang

Tidak mudah untuk bisa membagi waktu antara kerja serta belajar jadi kamu harus melakukan perencanaan yang matang terlebih dahulu. Dengan membuat perencanaan yang matang, kamu dapat terhindar dari jadwal yang tabrakan, sehingga kamu tetap dapat mengikuti meeting secara santai tanpa harus memikirkan jadwal perkuliahan.

  • Pertimbangkan kelas online

Kuliah kelas karyawan terdapat dua program, yang pertama yaitu program pembelajaran tatap muka, yang kedua yaitu program kuliah kelas online. Bila kamu merasa jadwalmu  sebagai karyawan cukup padat, maka kamu dapat memertimbangkan untuk mengikuti kuliah kelas online. Jadi, kamu dapat menghemat banyak waktu untuk bisa mengikuti kuliah kelas karyawan.

Rekomendasi Universitas Penyedia Kelas Karyawan

  • Universitas Jayabaya

Universitas Jayabaya merupakan salah kampus yang baik untuk para karyawan yang ingin menempuh pendidikan tinggi. Selain kuliah malam, universitas ini juga menyediakan kuliah di akhir pekan bagi para karyawan.

Jika kamu mencari kampus dengan biaya yang cukup murah, Universitas Jayabaya menjadi salah satu pilihan wajib bagi kamu. Meskipun dengan biaya kuliah yang murah, kampus ini cukup dapat bersaing di kancah nasional bila dilihat dari prestasi serta aluminya.

  • Universitas Pelita Harapan (UPH)

Bila kamu mempunyai pendanaan yang cukup, kamu dapat mencoba untuk mengambil kuliah kelas karyawan di UPH. meskipun kuliah di kampus ini tergolong agak mahal, tetapi fasilitas serta ilmu yang akan kamu dapatkan akan sesuai untuk menunjang pembelajaran.

Bagaimana? Sekarang kamu sudah paham segala hal tentang kelas karyawan, kan?

Untuk membaca informasi seputar universitas lainnya, kamu dapat mengakses website Universitas123.com 

Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Swasta

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait