Mengenal Tentang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Bacaan Umum
Universitas123 | 17 June 2022
Mengenal Tentang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Guru merupakan poin penting dalam dunia pendidikan. Guru yang profesional, berkompeten, dan beretika akan ikut andil dalam melahirkan siswa-siswa yang berkualitas. Seorang guru tidak hanya mengajarkan pelajaran saja, di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) akan belajar bagaimana menjadi guru yang profesional.

FKIP bertujuan untuk menghasilkan pendidik yang bisa memberikan kenyamanan proses belajar kepada siswa, bagaimana cara mengajar yang baik dan benar, bisa menerapkan metode-metode pembelajaran yang mudah dipahami siswa, berinovasi, dan hal-hal pendukung proses pendidikan lainnya.

Program Studi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Banyak sekali program studi yang ada di FKIP. Ada kampus yang mempunyai hampir semua program studi tersebut, ada juga kampus yang hanya mempunyai beberapa prodi saja.

Berikut ini program studi yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan:

  1. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  2. Pendidikan Fisika
  3. Pendidikan Matematika
  4. Pendidikan Kimia
  5. Pendidikan Biologi
  6. Pendidikan Ekonomi
  7. Pendidikan Sejarah
  8. Pendidikan Geografi
  9. Pendidikan Sosial Antropologi
  10. Pendidikan Akuntansi
  11. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  12. Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  13. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
  14. Pendidikan Luar Biasa
  15. Pendidikan Teknik Mesin
  16. Pendidikan Administrasi Perkantoran
  17. Pendidikan Teknik Bangunan
  18. Bimbingan dan Konseling
  19. Pendidikan Guru PAUD
  20. Pendidikan Seni Rupa
  21. Pendidikan Bahasa Daerah
  22. Pendidikan Bahasa Inggris
  23. Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer

Program studi di atas baru sebagian dari prodi FKIP. Hampir semua mata pelajaran di sekolah tersedia jurusan pendidikannya. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) adalah salah satu contoh perguruan tinggi yang mempunyai banyak program studi FKIP.

Belajar Apa Saja di FKIP?

Setiap program studi mempunyai mata kuliah yang berbeda sesuai dengan program studi yang dipilih. Namun, ada mata kuliah yang dipelajari oleh semua prodi di FKIP. Di FKIP mahasiswa akan diajarkan bagaimana cara mengajar yang tepat, efektif, dan mudah dipahami oleh murid.

Beberapa mata kuliah yang ada di setiap program studi FKIP yaitu mata kuliah Dasar-Dasar Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan, Perkembangan Peserta Didik, Desain dan Model Pembelajaran, Micro Teaching, serta Kurikulum dan Pembelajaran.

Selain belajar teori, kamu juga akan melakukan praktek lapangan dari mata kuliah Program Pengalaman Lapangan (PPL). PPL biasanya dilakukan di semester-semester akhir. Kamu akan terjun langsung ke sekolah untuk menjadi seorang guru di sana dalam waktu beberapa bulan.

Prospek Kerja

Prospek kerja utama lulusan FKIP memang untuk menjadi tenaga pendidik di sekolah SD, SMP, atau SMA, tetapi tidak sesempit itu juga. Kamu bisa terjun di bidang lain selain menjadi seorang guru. Berikut ini prospek kerja lulusan FKIP selain tenaga pendidik untuk beberapa program studi.

1. Bimbingan dan Konseling

Umumnya lulusan prodi Bimbingan dan Konseling akan bekerja sebagai konselor atau guru BK di sekolah dan universitas. Namun, lulusan prodi ini juga dibutuhkan untuk menjadi konselor di Lembaga pemasyarakatan, Konsultan Pengembangan SDM, Pusat Rehabilitasi, Kementerian Agama, dan berbagai lembaga lainnya.

Kamu juga bisa membuka praktek sendiri untuk konseling masyarakat umum jika melanjutkan ke jenjang Pascasarjana dan lulus S2.

2. Pendidikan Ekonomi

Tidak hanya di bidang pendidikan saja, prospek kerja lulusan Pendidikan Ekonomi bisa berkarir di bidang perbankan, pemerintahan, dan bisnis. Misalnya menjadi konsultan atau peneliti bidang keuangan di perbankan, asuransi, multi finance, koperasi, dan berbagai lembaga ekonomi lainnya.

3. Pendidikan Sejarah

Kalau kamu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi setelah lulus S1 Pendidikan Sejarah, kamu bisa menjadi dosen Ilmu Sejarah di perguruan tinggi atau menjadi pakar atau pengamat sejarah.

4. Pendidikan Biologi

Prospek kerja lulusan Pendidikan Biologi selain menjadi seorang guru yaitu menjadi peneliti atau konsultan di bidang pendidikan biologi. Kalau kamu melanjutkan ke jenjang S2, kamu mempunyai peluang untuk menjadi dosen di perguruan tinggi atau menjadi karyawan di perusahaan di industri pangan.

5. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Prospek kerja lulusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) sangat luas. Selain menjadi guru, lulusan PBSI bisa menjadi dosen, peneliti, pengajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA), humas, atau menjadi pegawai negeri. Di dunia karya seni, lulusan PBSI bisa menjadi penulis, penerjemah, editor, atau menjadi jurnalis.

Baca juga : 5 Daftar Perguruan Tinggi Negeri Terbaik Di Indonesia 

Universitas

Kamu tidak perlu khawatir kesulitan mencari universitas dengan jurusan FKIP. Banyak universitas negeri maupun swasta yang mempunyai Fakultas Ilmu Pendidikan atau FKIP. Bahkan institut Ilmu Pendidikan juga banyak.

Bagaimana cara guru mengajar, sikap dan perilaku seorang guru akan mempengaruhi proses pembelajaran siswa. Menjadi guru pun merupakan pekerjaan yang mulia. Maka, FKIP hadir untuk menghasilkan guru-guru yang profesional dan ikut andil dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

Bagaimana, semakin tertarik masuk ke Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan? Agar mendapat informasi lainnya tentang perkuliahan atau beasiswa, yuk, langsung gabung di Universitas123!

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait