Mengulik Keunikan Pakaian Adat Kalimantan Timur

Bacaan Umum
Universitas123 | 25 January 2022
Mengulik Keunikan Pakaian Adat Kalimantan Timur

Sebagai provinsi terluas keempat di Indonesia dengan luas 127.347 km², Kalimantan Timur memiliki banyak keanekaragaman seni dan budaya yang memiliki keunikan dan ciri khasnya tersendiri.

Jika sebelumnya telah dibahas mengenai alat musik dari Kalimantan Timur, maka dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai pakaian adat dari provinsi berjuluk Benua Etam ini. Simak hingga selesai, ya!

Mengulik Keunikan Pakaian Adat Kalimantan Timur

Provinsi Kalimantan Timur memiliki banyak suku bangsa di dalamnya, seperti suku Dayak, suku Banjar dan suku Kutai. Suku-suku tersebut tentunya memiliki pakaian adatnya masing-masing yang menambah keragaman budaya khas Kalimantan Timur. Hingga saat ini, pakaian adat Kalimantan Timur masih banyak digunakan dalam acara resmi, pesta pernikahan, upacara adat dan kegiatan masyarakat lainnya. Bahkan ada yang dijadikan sebagai seragam resmi, lho! Baca pemaparannya di bawah ini untuk tahu selengkapnya!

Baju Takwo

Baju adat warisan dari Kesultanan Kutai ini terdiri dari 3 (tiga) jenis, yaitu takwo biasa, takwo kustin dan takwo sebelah. Untuk pria, disebut takwo laki dan untuk perempuan disebut takwo bini.

Takwo laki berupa jas berkerah tinggi yang dilengkapi dengan kancing emas dan rantai emas yang menggantung di antara bagian dada sampai kancing kedua sebagai hiasan. Untuk memberikan kesan glamour, dapat ditambahkan pula bordiran emas di bagian kancing atau kerah. Bawahannya berupa celana kain dengan warna menyesuaikan yang kemudian dilapisi kain bermotif batik yang di bagian depan sebelah kanannya dilipat sebanyak 7 (tujuh) lipatan. Kain batik bermotif ini biasa dikenal dengan sebutan dodot.

Sementara itu, takwo bini berupa kebaya berbahan dasar brokat ataupun polosan yang berkerah tinggi dan tertutup. Sama seperti takwo laki, ditambahkan juga kancing emas di sisi kanan dan kiri sebagai hiasan. Untuk bawahannya berupa rok kebaya yang dipadukan dengan kain batik bermotif yang ditambahkan rumbai emas di sisi kanannya.

Ketika mengenakan baju takwo ini, para perempuan dapat menambahkan aksesori lain berupa kalung emas dan permata yang memiliki bros di bagian tengahnya. Sementara rambut dapat disanggul dengan bentuk gelung ke atas ditambah dengan kembang goyang dan hiasan melati bersusun karang jagong.

Fakta uniknya, baju takwo dulunya hanya dapat dikenakan oleh golongan bangsawan, tapi seiring berjalannya waktu baju takwo kini dapat dikenakan siapapun untuk menghadiri berbagai acara.

Baju Miskat

Baju miskat adalah pakaian adat Kalimantan Timur semi-casual yang didesain berlengan panjang dan berkancing miring ke sebelah kanan untuk laki-laki dan miring ke sebelah kiri untuk perempuan. Bawahannya berupa celana panjang yang menyesuaikan dengan warna baju, sedangkan untuk perempuan berupa rok panjang kurung. Untuk laki-laki, masyarakat Kaltim biasa melengkapi pakaian adat ini dengan mengenakan kopiah berwarna hitam. 

Fakta menariknya, baju miskat ini dilansir dari orami.co.id adalah seragam wajib bagi PNS (Pegawai Negeri Sipil) di Kalimantan Timur. 

Baju Kustin

Baju kustin adalah pakaian adat Kalimantan Timur yang berasal dari suku Kutai, sama halnya seperti baju takwo dan baju miskat.

Pakaian adat Kalimantan Timur ini biasa digunakan sebagai baju pengantin yang terbuat dari bahan beludru berwarna hitam dan lengan panjang. Kustin laki-laki di bagian kerah, dada dan lengannya berhiaskan pasmen. Sementara bawahannya berupa celana panjang menyesuaikan warna baju dan dilapisi dodot di bagian luar yang menjuntai hingga ke tumit di bagian belakang dan hingga ke lutut di bagian depan. Hiasan kepala berupa setorong, kopiah bundar hitam yang dilengkapi pasmen keemasan dan di bagian depannya terdapat wapen, lambang yang disesuaikan dengan tingkatan gelar.  

Bagi pengantin perempuan, bentuk potongan bajunya hampir sama seperti kebaya yang di bagian dada dipasangi kalung bersusun tiga atau lebih. Di puncak bagian belakang digunakan kelibun warna kuning berbahan sutra. Lalu kainnya yaitu kain panjang berumbai dari benang emas yang diletakkan di bagian depan (tapeh berambui). Sementara bagian kepala, rambutnya dihias berbentuk sanggul kutai dengan kembang goyang dan gerak gempa yang ditusukkan di atas sanggul. 

Fakta uniknya, kustin memiliki arti "kebesaran" dan pada zaman dahulu hanya dikenakan oleh pasangan pengantin dari golongan menengah ke atas.

Baju Antakusuma

Satu lagi pakaian adat Kalimantan Timur yang merupakan pakaian pengantin asal Kutai. Pakaian ini berwarna dasar kuning dan memiliki hiasan berupa kalung, gelang, sabuk dan hiasan kepala berwarna keemasan. Bahan dasarnya yaitu sutra kuning tanpa leher dengan lengan pendek. Pada pengantin perempuan terdapat hiasan khusus di bagian bahu yakni kelibun.

Untuk penutup bagian bawah, pengantin laki-laki mengenakan sekonceng (celana yang dipasang saling tumpuk) dengan tapeh halang (selembar kain tenun berbahan sutra) dan tapeh pasak (helaian kain yang dipasang menjuntai mengelilingi pinggang). Sementara pengantin perempuannya mengenakan tapeh halang berupa kain songket dan ditambahkan juga tapeh pasak sebagai hiasan. Selain itu, ada juga selepe atau pending emas, sabuk yang harus dikenakan oleh kedua mempelai.

Fakta uniknya, baju Antakusuma merupakan baju pengantin kebesaran kerajaan Kutai Kertanegara dan dulunya hanya bisa dikenakan oleh keturunan berdarah biru, berbeda seperti sekarang.

Baju Sapei Sapaq

Baju Sapei Sapaq adalah pakaian adat Kalimantan Timur yang berasal dari suku Dayak Kenyah. Tidak ada perbedaan besar antara pakaian untuk laki-laki dan perempuan, kecuali rompi dan celana yang ketat. Sementara untuk bentuk dan motif umumnya sama. Selain itu, terdapat juga aksesoris tambahan seperti ikat kepala dari daun pandan berhiaskan bulu burung enggan serta senjata tradisional Kaltim, yaitu perisau dan madau.

Fakta uniknya, baju Sapei Sapaq memiliki filosofi yang menggambarkan kearifan masyarakat suku Dayak.

 

Nah, itulah tadi informasi singkat seputar pakaian adat Kalimantan Timur yang dapat kami sajikan untukmu. Semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasanmu terkait keragaman budaya di tanah air, ya!

Untuk mendapatkan artikel informatif yang tak kalah menarik dan bermanfaat lainnya, kunjungi langsung website Universitas123.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait