Pahami Apa Perbedaan Ilmu Komputer dan Teknik Informatika

Bacaan Umum
Universitas123 | 19 February 2022
Pahami Apa Perbedaan Ilmu Komputer dan Teknik Informatika

Sampai saat ini, masih banyak calon mahasiswa yang bingung memahami apa perbedaan ilmu komputer dan teknik informatika. Padahal, jika salah memaknai jurusan masing-masing, justru bisa membuat salah pilih jurusan dan kamu kesulitan mengembangkan potensi diri sesuai minat dan bakat.

Perkembangan teknologi dan informasi tentu memberikan prospek pekerjaan yang sangat luas. Semakin banyak calon mahasiswa tertarik mencari jurusan yang sesuai IPTEK, karena lulusannya diburu perusahaan. Apabila kamu ingin mengambil perkuliahan pada bidang ilmu komputer atau teknik informatika, keduanya menawarkan prospek pekerjaan pada bidang yang hampir sama.

Supaya lebih jelas, kamu wajib tahu apa saja perbedaan ilmu komputer dan teknik informatika, sebagaimana berikut:

1. Faktor Sejarah

Penamaan program merupakan perbedaan mendasar pada dua program studi tersebut. Universitas pertama yang mampu menghadirkan fakultas ilmu komputer di Indonesia yaitu Universitas Indonesia atau UI dan Institut Teknologi Bandung atau ITB. Guru-guru besar UI mengkaji semua hal yang berhubungan dengan komputer di Amerika Serikat sehingga ketika kembali ke tanah air, mereka beranggapan bahwa ilmu komputer sangat penting diperkenalkan, dengan sebutan Ilmu Komputer atau Computer Science.

Sedangkan guru-guru besar di ITB dengan kapasitas komputer dengan kiblat Eropa, terutama Perancis belajar tentang komputer yang di sana, ilmu ini disebut dengan Informatika atau Informatics. Itulah alasan ITB memilih memberi nama studi komputer dengan sebutan jurusan teknik informatika.

2. Fokus Ilmu

Lulusan Ilmu Komputer dan Teknik Informatika saling bersaing atau berkolaborasi pada bidang sama, yaitu software testing, pengembangan software, dan lainnya. Pada jurusan ilmu komputer, fakultas ilmu yaitu teori dalam ilmu komputer, sifatnya teoritis seperti algoritma, pemrograman sistem, dan juga teori jaringan.

Sedangkan fokus pada jurusan teknik informatika yaitu menjadi pekerja profesional atau terampil pada berbagai penerapan dunia kerja, termasuk pembuatan aplikasi. Porsi praktik studi mahasiswa pada jurusan teknik informatika juga justru lebih banyak jika dibandingkan dengan mahasiswa pada jurusan ilmu komputer. Walaupun begitu, mahasiswa jurusan teknik informatika tidak mempelajari teori komputer sejauh jurusan ilmu komputer.

3. Kurikulum

Perkembangan teknologi terus pesat, membuat bekal kelimuan semakin cair, kemudian hanya berbeda dalam hal visi dan misi masing-masing kampus saja. Apabila kamu tertarik pada program studi Ilmu Komputer dan Teknik Informatika, maka kamu sebaiknya meninjau kurikulum masing-masing jurusan terlebih dahulu.

Itulah informasi lengkap tentang apa saja perbedaan jurusan ilmu komputer dan teknik informatika yang sudah kamu baca pada pembahasan mendalam ini. Perlu diketahui bahwa memang tidak ada perbedaan baku terkait dua jurusan tersebut.

Hal ini karena kedua keilmuan tersebut semakin hari semakin luwes sifatnya, sehingga tampak kabur jika melihat perbedaan kedua jurusannya. Supaya lebih jelas, perbedaan jurusan bisa dipengaruhi karena visi dan misi masing-masing fakultas di kampus. Dengan informasi ini, semoga kamu semakin mantap dalam mempertimbangkan pilihan jurusan.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait