Pahami Apa Saja Perbedaan Teknik Elektro dan Teknik Elektronika

Bacaan Umum
Universitas123 | 30 May 2022
Pahami Apa Saja Perbedaan Teknik Elektro dan Teknik Elektronika

Masih banyak calon mahasiswa yang bingung untuk membedakan antara perbedaan Teknik Elektro dan Teknik Elektronika. Padahal dengan mengetahui apa perbedaan kedua jurusan tersebut dapat membantu agar kamu bisa memilih mana program studi yang tepat sesuai dengan minat dan bakat.

Jurusan teknik dibagi dalam beberapa pilihan termasuk jurusan Teknik Elektro, teknik elektronika, dan juga teknik listrik. Supaya kamu tidak salah memilih, ketahui Apa saja perbedaan Teknik Elektro dan Teknik Elektronika melalui artikel ini. Pada penjelasan berikut, kamu akan mendapatkan informasi tentang masing-masing dari jurusan yaitu jurusan Teknik Elektro dan jurusan Teknik elektronika agar dapat menarik benang merah terkait Apa perbedaan keduanya.

Teknik Elektro

Para mahasiswa yang mengambil jurusan Teknik Elektro akan belajar tentang listrik arus kuat. Apa yang kamu temui selama menjalani perkuliahan adalah pelajaran tentang jaringan listrik, motor motor listrik industri, pembangkit tenaga listrik, transformator, dan hanya sedikit materi membahas listrik arus lemah yang saat ini disebut sebagai elektronika.

Teknik Elektro mempunyai cakupan sangat luas dan hampir pada seluruh bagian bidang yang berhubungan dengan pemanfaatan listrik serta teknologi terkait. Karena pembahasan yang sangat luas, para mahasiswa jurusan Teknik Elektro akan mendapatkan beberapa konsentrasi kuliah mulai dari teknik listrik, teknik elektronika, teknik instrumen, teknik komputer, dan teknik telekomunikasi.

Tidak hanya fokus pada bidang tersebut, Teknik Elektro juga sangat erat kaitannya dengan bidang disiplin ilmu. Beberapa di antaranya adalah pada bidang kedokteran atau disebut elektromedis, juga pada bidang instalasi listrik bangunan yang berhubungan dengan teknik sipil.

Jurusan Teknik Elektronika

Sekarang kamu sudah mengetahui beberapa informasi terkait Teknik Elektro. Untuk bisa membedakan antara Teknik Elektro dan Teknik Elektronika, maka kamu harus tahu bahwa teknik elektronika yaitu keilmuan dengan fokus menerapkan Teknik Elektro dan juga ilmu komputer.

Pada disiplin ilmu tersebut, terdapat komponen maupun perangkat listrik dan elektronik nonlinier serta arus listrik seperti halnya perangkat semikonduktor, tabung elektron, transistor, sirkuit terintegrasi, dioda, dan lainnya.

Kamu juga harus belajar tentang Bagaimana merancang sirkuit, perangkat maupun sistem elektronik. Pada jurusan Teknik elektronika, kamu akan belajar tentang listrik arus lemah. Beberapa di antaranya adalah belajar tentang rangkaian listrik, IC, dan juga transistor. Bahkan kamu juga akan menemukan materi tentang listrik arus kuat.

Penutup

Itulah penjelasan lengkap tentang Apa perbedaan antara Teknik Elektro dan teknik elektronik. Teknik Elektro selalu membahas tentang materi yang lebih luas, sedangkan teknik elektronik adalah bagian dari pembelajaran yang akan kamu temui selama menjalani perkuliahan di Teknik Elektro.

Mahasiswa pada jurusan Teknik Elektro dapat mengambil konsentrasi yang telah ditawarkan supaya dapat mempunyai keterampilan atau keahlian yang lebih spesifik. Melalui informasi ini, Kamu jadi tahu dan dapat menentukan mana pilihan yang sesuai dengan minat.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait