Pahami Semua Hal Tentang Jurusan Desain Interior

Bacaan Umum
Universitas123 | 24 February 2023
Pahami Semua Hal Tentang Jurusan Desain Interior

Menyukai furnitur dan tertarik untuk menata ruangan dengan macam gaya? Atau kamu sering kagum dengan indahnya bentuk interior pada bangunan? Bisa kok mempelajari bagaimana mengatur sebuah ruangan dengan memilih Jurusan Desain Interior.

Agar sebuah ruangan bisa berfungsi secara maksimal dan enak dilihat, sentuhan para desainer diperlukan. Jika kamu masuk Jurusan Desain Interior, maka kamu menjadi orang yang merencanakan, memilih bahan, melakukan riset sampai melakukan pengawasan ketika pengerjaan sebuah ruangan. Bertujuan agar space yang ada akan terlihat indah dan berfungsi dengan baik.

Memahami seluk-beluk jurusan, penting buat kamu yang akan masuk Program Studi Desain Interior. Adapun yang perlu kamu simak adalah mata kuliah, prospek kerja, hingga pilihan kampus dalam penjelasan berikut:

Tentang Jurusan

Apa itu Jurusan Desain Interior? Desain Interior merupakan sebuah ilmu yang mempelajari perencanaan tata letak dan perancangan ruangan pada sebuah bangunan. Bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk berlindung, desain interior juga merancang ruangan yang memberi pandangan indah, suasana hati dan kepribadian untuk penghuni

Apakah kamu pernah merasa sebal dengan kamar yang berantakan? Jika pernah, kamu bisa menjadi ahli desain interior untuk membuat kamar berfungsi maksimal sehingga kamu lebih nyaman dan betah di dalamnya.

Desain Interior vs Jurusan Arsitektur

Tahukah kamu bahwa desain interior tidaklah sama dengan arsitektur? Jika Jurusan Arsitektur memiliki fokus pada rancangan menyeluruh sebuah bangunan, maka desain Interior fokusnya pada optimalisasi memanfaatkan ruangan yang ada.

Dasarnya desain interior adalah ilmu perancangan berupa solusi dengan mengandalkan seni serta teknik. Contohnya, untuk desain sebuah ruangan kamu harus tahu fungsi ruangan tersebut, akan ditempati siapa, pribadi atau komersial, dan lain sebagainya

Mata Kuliah

Dilansir dari itb ac.id, pada jurusan tersebut kamu akan mempelajari tentang hubungan antara manusia dengan ruang yang ditempati atau digunakan. Sebagai contoh, bagaimana cara menciptakan ruang yang sesuai dengan sifat pengguna dan jenis kegiatan. Ruangan yang dimaksud adalah ruangan yang mendukung seluruh kebutuhan pengguna termasuk meningkatkan mood saat digunakan.

Sebagai bayangan, ruang kerja seorang dokter spesialis anak dengan seluruh ruangannya didesain warna hitam, maka produktivitasnya akan terganggu.

Keahlian Mahasiswa

Kemampuan menggambar atau desain adalah kelebihan di jurusan ini. Akan tetapi, tidak perlu khawatir jika kamu tidak terlalu menguasai dalam menggambar. Di jurusan ini akan diajari mulai awal mengenai dunia gambar, warna, pemodelan 3D, proses mendesain interior, sampai desain furnitur.

Bidang interior erat kaitannya dengan seni dan estetika. Agar saat menempuh kuliah kamu sukses, jadilah pribadi yang kreatif, percaya diri, detail oriented, bisa berkomunikasi dengan baik, dan memiliki kemampuan organisasi serta tim kerja yang baik.

Ketika kamu memilih Jurusan Desain Interior nantinya kamu akan bekerja sebagai desain interior dengan client. Belajarlah dari sekarang menjadi negosiator yang mahir, mampu menyelesaikan masalah, pandai mengatur budget, mampu bekerja tim dan punya keinginan untuk terus belajar. Kamu tentu saja harus terus menggali ilmu dan inspirasi baru agar tidak berhenti dengan itu-itu terus. Pada Jurusan ini memberi peluang kamu untuk mengeksplorasi ide seluas-luasnya sehingga kamu bisa bereksperimen dalam menjawab persoalan ruangan.

Peluang Kerja

Gelar yang akan kamu dapat adalah S.ars. Kamu bisa berkarir sebagai perancang desain interior, konsultan desain interior, desainer interior kendaraan bermotor, desainer interior untuk set panggung atau event, bekerja pada perusahaan konstruksi interior, penyedia produk interior dan masih banyak lainnya.

Pilihan Kampus

Sebagai desain interior kamu akan bertemu dengan klien untuk mengatur budget sebuah ruangan. Selanjutnya, kamu akan memulai project research guna mencari material yang tepat untuk mengisi ruangan tersebut. Lalu kamu harus menggambar dan membuat mood board yang digunakan presentasi pada klien. Berikut adalah Kampus terbaik pilihan Jurusan Desain Interior:

  1. Institut Teknologi Bandung
  2. Institut Seni Indonesia Yogyakarta
  3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  4. Universitas Kristen Maranatha
  5. Universitas Komputer Indonesia
  6. Universitas Kristen Petra
  7. Universitas Telkom
  8. Institut Teknologi Nasional
  9. Institut Seni Indonesia Denpasar
  10. Universitas Bina Nusantara
  11. Universitas Sebelas Maret

Menjadi mahasiswa Desain Interior artinya kamu harus mempunyai pengetahuan di bidang seni, psikologi, ekonomi, sosial, serta politik. Kuasailah multi disiplin ilmu yang pasti akan berguna saat masa kuliah kamu berlangsung.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait