Panduan Belajar Geometri : Sifat-Sifat Bangun Datar

Bacaan Umum
Universitas123 | 01 December 2021
Panduan Belajar Geometri : Sifat-Sifat Bangun Datar

Ketika kamu memelajari ilmu matematika khususnya tentang geometri, maka tidak lepas dari apa saja sifat-sifat bangun datar. Tujuan memelajari bangun datar sendiri adalah supaya kamu bisa menyelesaikan berbagai permasalahan dalam kehidupan.

Apa itu bangun datar adalah topik di mana kamu akan belajar tentang objek maupun bentuk yang mempunyai bentuk dua dimensi. Bangun 2 dimensi adalah bangun yang hanya mempunyai keliling juga luas tetapi tidak ada volume atau isi.

Sifat-Sifat Bangun Datar

Ada banyak jenis bangun datar seperti persegi, persegi panjang, segitiga, trapesium, jajar genjang, layang-layang, lingkaran, juga belah ketupat. Bangun datar diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, contohnya seperti bentuk ubin yang berbentuk persegi atau sisi meja yang berbentuk persegi panjang.

Jika kamu pernah bermain layang-layang, bentuk layang-layang itu sendiri sama seperti bangun layang-layang. Selain itu, masih banyak contoh lain tentang bangun datar yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sifat Persegi dan Persegi Panjang

Persegi mempunyai sifat-sifat yaitu memiliki empat sisi sama panjang. Dua sisi sejajar empat sudut siku-siku, dua diagonal berpotongan dan tegak lurus.

Persegi panjang memiliki sifat-sifat yaitu 2 sisi sejajar dan sama panjang, 4 sudut siku-siku dan 2 diagonal sama panjang.

Sifat Segitiga

Segitiga sama sisi mempunyai sifat-sifat ketiga bagian sisi sama panjang dengan sudut sama besar yaitu 60 derajat. Sedangkan segitiga sama kaki mempunyai sifat 3 sisi sama panjang dan dan sepasang sudut sama besar.

Pada segitiga sembarang justru mempunyai sifat tiga panjang dan tiga sudutnya tidak sama. Sifat segitiga siku-siku adalah mempunyai sudut terbesar 90 derajat sedangkan sifat segitiga lancip mempunyai 3 sudut dengan sudut lancip. Sementara segitiga tumpul mempunyai sifat satu sudutnya tumpul.

Sifat Jajar Genjang

Pada bangun datar jajar genjang mempunyai sifat dua sisi sejajar berhadapan sama panjang. Jajar genjang juga punya dua sudut berhadapan sama besar, kedua diagonal memotong jajar genjang dalam dua bagian sama.

Sifat Trapesium

Sifat bangun datar trapesium yaitu mempunyai sepasang sisi sejajar, serta jumlah besar sudut berdekatan diantara dua garis sejajar yaitu 180 derajat. Trapesium dibagi menjadi dua yaitu trapesium sama kaki dengan sifat dua pasang sudutnya sama besar dan trapesium siku-siku yang mempunyai dua sudut siku-siku.

Sifat Belah Ketupat

Sifat bangun datar belah ketupat mempunyai sudut sama besar. Sedangkan dua pasang sisi sama panjang. Sifat bangun datar belah ketupat yaitu mempunyai empat sisi sama panjang 2 sudut sama besar berhadapan, diagonal berpotongan dan tegak lurus.

Sifat Lingkaran

Sifat bangun datar lingkaran yaitu mempunyai satu titik pusat. Sedangkan jarak pada sembarang titik lingkaran terhadap pusat selalu sama.


Itulah informasi lengkap tentang sifat-sifat bangun datar. Perlu diingat lagi bahwa bangun datar adalah bangunan objek maupun bentuk dua dimensi dengan keliling dan luas tetapi tidak mempunyai volume atau isi.

Untuk mengakses artikel informatif lainnya, kunjungi website Universitas123.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait