Penemu Sepak Bola Pertama di Dunia hingga Sejarah Berkembangnya

Bacaan Umum
Universitas123 | 22 January 2022
Penemu Sepak Bola Pertama di Dunia hingga Sejarah Berkembangnya

Penemu Sepak Bola yang dicap sebagai olahraga dengan peminat terbanyak sekaligus sangat digemari oleh semua kalangan ini pada dasarnya masih jarang diketahui orang. Meskipun namanya sudah cukup melambung dalam salah satu mata pelajaran, namun masih saja ada beberapa orang yang tidak mengetahui hal tersebut, apalagi dengan sejarahnya.

Bagi para pecinta sepak bola, sejarahnya yang hingga saat ini telah masuk di Indonesia tentu harus diketahui dengan baik. Nah, jika kalian penasaran dengan penemu serta bagaimana awal kemunculan sepak bola maka jangan khawatir. Pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi yang lengkap mengenai hal tersebut dalam pembahasan Penemu Sepak Bola.

Siapakah Penemu Sepak Bola?

Tercatat dalam sejarah, piala turnamen piala dunia baru saja diadakan pada tahun 1930. Akan tetapi, pada kenyataannya olahraga yang satu ini sudah ditemukan sejak dahulu. Sejarah awal mengenai sepak bola sendiri memang masih diperdebatkan oleh banyak pihak. Hal tersebut dikarenakan banyaknya opini yang bermunculan mengenai kapan ditemukannya sepak bola.

Terdapat beberapa dokumen yang menjelaskan bahwasanya olahraga sepak bola sudah ada sejak 3000 tahun lalu yang terletak di berbagai penjuru dunia dan tentunya dengan bentuk yang berbeda. Tidak hanya itu, terdapat pula dokumen lain yang menyatakan bahwa sepak bola telah merupakan olahraga yang berasal dari jepang. masyarakatnya pun telah mengenal sepak bola sejak abad ke 8.

Dilansir dari beberapa situs, awal mula sepak bola sendiri tercetus dari nama Soccer. Pencipta nama tersebut sendiri adalah Charles Wreford Brwon yang merupakan mahasiswa Oxford. Lantas siapa penemu sepak bola aslinya? Kalian dapat menyimpulkan sendiri dalam pembahasan lebih lanjut berikut tekait sejarah olahraga sepak bola.

Sejarah Sepak Bola Dunia

Menengok dari sejarahnya, konon olahraga yang satu ini telah dimainkan oleh sejumlah negara di dunia. Seperti China, mesir, dan italia. Saat itu bola masih terbuat dari kain linen tepat pada tahun 2500 SM di  Mesir. Bola yang digunakan tersebut lalu diberi tambahan berupa kulit atau usus sehingga memiliki daya pantul yang jauh lebih tinggi.

Dalam sejarah penemu sepak bola, bola yang telah dirancang tadi juga sempat dimainkan di Roma. Namun saat itu mereka masih belum mengetahui aturan dan strategi permainan sehingga sangat kacau. Bahkan ada satu nyawa yang terenggut saat melakukan olahraga ini. Lalu pada abad ke 14, olahraga sepak bola mulai masuk ke Inggris dan menjadi olahraga yang sangat populer.

Tepat di tahun 1860, aturan dalam olahraga sepak bola sudah mulai dibuat. Saat itu aturan main hanya dibuat agar terhindar dari kekacauan seperti pada pertandingan sebelumnya yang berakibat sangat fatal. Sangat di sayangkan, aturan dari tiap tim saat itu masih dibebaskan sehingga mereka berhak menentukan sendiri aturan tersebut.

Seiring berkembangnya waktu, di tahun 1863. Sejumlah klub dari 12 tim di London sepakat untuk bertemu dan membuat kesepakatan mengenai aturan permainan sepak bola. Dari adanya pertemuan tersebut menghasilkan suatu perkumpulan sepak bola di Inggris yang sudah tidak asing lagi yakni The Football Association (FA). Tak hanya itu, mereka juga mengadakan kompetisi sepak bola pertama kali yang diberi nama Piala FA.

Dari pertemuan ke 12 tim tersebut aturan sepak bola mulai menyebar ke berbagai negara lain di Eropa seperti Belanda, prancis, spanyol, dan swedia. Dari sinilah mulai muncul sejumlah sumber yang menyatakan bahwa negara penemu sepak bola adalah Inggris. Tepatnya di tahun 1863, seiring berjalannya waktu, tidak lama kemudian muncullah organisasi sepak bola FIFA pada tanggal 21 Mei1904 di Paris.

Piala Dunia

Jika membahas sejarah Penemu Sepak Bola, tidak lengkap jika kita tidak membahas pula terkait piala dunia yang menjadi ajang kejuaraan paling bergensi dalam aspek olahraga. Saat ini telah banyak sumber yang mengatakan bahwasanya sejarah sepak bola ini telah dikenal sejak tahun 1930. Saat itu piala dunia pertama tengah berlangsung di Uruguay pada tanggal 13 Juli 1930.

Hingga saat ini Indonesia telah tercatat telah memenangkan ajang piala dunia sebanyak 20 kali. Piala dunia tersebut diadakan sebanyak 4 tahun sekali. Indonesia menjadi negara Asia pertama yang mengikuti ajang piala dunia. Saat itu mereka menggunakan nama Hindia Belanda berhasil lolos ke piala dunia pada tahun 1938. Namun, sangat disayangkan pada saat babak pertama, Indonesia kalah dengan Hungaria.

Sepak Bola di Indonesia

Mulai sejak saat itu, antusiasme warga Indonesia mulai terlihat. Dengan tingginya antusiasme masyarakat tersebut maka pada tahun 1952 Indonesia sudah resmi mendirikan organisasi sepak bola sendiri dengan nama Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Tak lama keudian, PSSI bergerak dengan cepat bergabung dengan FIFA pada tahun 1952.

Dalam sejarah penemu sepak bola, diketahui bahwasanya Indonesia telah memiliki 2 jenis kompetisi yaitu persatuan dan sepak bola utama. Akan tetapi untuk memudahkan penyelenggaraan, PSSI mengkolaborasikan kedua jenis kompetisi tersebut dalam liga indonesia seperti halnya yang sudah berkembang sangat pesat hingga diketahui oleh masyarakat luas.

Nah, itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai aspek sepak bola mulai dari Penemu sepak bola, bagaimana sejarah sepak bola dunia dan Indonesia. Sedikit banyak kalian tentu sudah mengetahui hal tersebut. Namun informasi di atas tentu dapat menambah wawasan kalian tentunya bagi para pecinta olahraga sepak bola yang saat ini sudah digandrungi oleh semua kalangan.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait