Pengertian Islamic Boarding School, Keunggulan, dan Kelemahannya

Bacaan Umum
Universitas123 | 22 February 2022
Pengertian Islamic Boarding School, Keunggulan, dan Kelemahannya

Sekolah adalah lembaga pendidikan dimana tenaga pengajar atau guru berperan mendidik, mengajar, dan mengelola murid. Sekolah bisa didirikan oleh negara atau pihak swasta. Terdapat sekolah yang berbasis Islam dimana pengajarannya tentang agama Islam yang lebih dominan dengan tujuan menciptakan lulusan berakhlak mulia.

Islamic Boarding School merupakan sekolah berbasis agama Islam dengan fasilitas asrama. Dengan adanya fasilitas asrama, maka siswa boarding school akan tinggal jauh dari rumah serta keluarga.

Para siswa bukan hanya diberi pendidikan ilmu pengetahuan saja, tetapi juga pendidikan keagamaan. Siswa yang tinggal di asrama dalam waktu tertentu memiliki jadwal yang terstruktur, dengan pengawasan ketat dan jelas selama 24 jam. Dengan demikian, siswa mampu menjadi pribadi yang beriman dan bertakwa. Tidak hanya itu, para pelajar di boarding school juga akan menjalani hidup mandiri dalam lingkungan.

Islamic Boarding School dengan Keunggulannya

Islamic Boarding School lebih familiar dengan sebutan pondok pesantren. Sama-sama memberikan fasilitas untuk tempat tinggal para peserta didik, pondok pesantren lebih mengutamakan tujuan dalam membentuk pribadi yang memiliki akhlak dengan waktu belajar tiada batas. Akan tetapi, boarding school merupakan tempat segala aktivitas belajar dengan fasilitas asrama. Selanjutnya, ada batasan usia dalam menempuh pendidikan di sekolah tersebut. Akan tetapi, ada beberapa keunggulan dalam Islamic Boarding School, sebagaimana berikut.

1.  Program Pendidikan Yang Terbaik

Boarding school menawarkan metode kegiatan pendidikan dengan memadukan pendidikan keagamaan, peningkatan akademik, life skill, sehingga membangun wawasan global. Teori yang diberikan akan dilanjutkan dengan diterapkan dalam konteks belajar ilmu atau belajar hidup.

 2. Fasilitas Yang Lengkap

Fasilitas Islamic Boarding School antara lain dari kelas, laboratorium, perpustakaan, klinik, sarana berbagai cabang olahraga tempat hijau, dan lain sebagainya. Dengan fasilitas lengkap, maka akan mendukung kenyamanan dan kelancaran kegiatan belajar.

3. Guru Yang Berkualitas

Kualitas sebagai guru, yaitu kecerdasan intelektual, spiritual, sosial, dan lainnya. Kualitas lainnya yaitu mampu berbahasa asing, seperti Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Bahasa Perancis, atau lainnya.

Boarding School Dengan Kelemahannya

Walaupun ada beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh Islamic Boarding School, tetap saja ada beberapa kelemahan yang harus kamu bertimbangkan. Berikut adalah informasi lengkap tentang kelemahannya:

1. Rasa Bosan

Sistem pembelajaran pada boarding school sering membuat siswanya merasa bosan. Kesiapan secara psikologis, fisik, dan intelektual sangat diperlukan.

2. Tidak Ada Pendidik Khusus Sekolah Berasrama

Boarding school membutuhkan tenaga pendidik khusus sekolah berasrama. Dengan demikian, dampak yang dialami lembaga, yaitu memberikan pendidikan sendiri untuk guru asrama sesuai kemampuannya.

3. Biaya Mahal

Memilih sekolah di boarding school, maka sebagai orangtua akan mempersiapkan biaya yang lebih tinggi dari sekolah biasa. Hal ini mungkin akan membuat siswa terbiasa hidup mewah dan jauh dari kesederhanaan. Maka ada kekhawatiran jika siswanya nanti tidak siap menjalani kehidupan setelah lulus dari boarding school yang jauh beda.

Untuk para orang tua, memilih boarding school adalah sebuah keputusan bagus. Alangkah baiknya apabila sebelum memutuskan pilihan, para orang tua lebih dulu memperhatikan keunggulan dan kelemahan bersekolah di boarding school.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait