Perbedaan Kalimat Verbal dan Nominal Dalam Bahasa Inggris

Bacaan Umum
Universitas123 | 30 March 2023
Perbedaan Kalimat Verbal dan Nominal Dalam Bahasa Inggris

Dalam belajar bahasa Inggris, ada beberapa hal yang perlu untuk Anda pelajari agar bisa mengucapkan kalimat bahasa Inggris dengan benar. Salah satunya yaitu mempelajari kalimat verbal dan kalimat nominal. Ini penting sekali dipelajari sebelum Anda mempelajari tenses. Maka dari itu, penting sekali Anda mengetahui apa saja perbedaan kalimat verbal dan nominal dalam bahasa Inggris.

Perbedaan Kalimat Verbal dan Nominal, Apa Saja?

Kalimat nominal dan verbal dalam bahasa Inggris termasuk suatu pengetahuan mendasar yang wajib Anda pahami sebelum mempelajari grammar. Agar mengetahui perbedaan kalimat verbal dan nominal, maka di sini akan dibahas mengenai pengertian dari masing-masing kalimat tersebut.

Kalimat Verbal

Kalimat verbal merupakan suatu kalimat yang menjelaskan mengenai suatu aktivitas atau kegiatan yang dilakukan. Jadi, sebenarnya kalimat verbal merupakan jenis kalimat yang menjelaskan verb (kata kerja).

Baik itu kegiatan yang dilakukan dalam kondisi past (masa lalu), present (saat ini), atau kegiatan yang dilakukan pada kondisi future (masa depan).

Dalam kalimat verbal ini, yang menerangkan subjeknya adalah kata kerjanya. Nah, agar lebih jelas, berikut ini contoh kalimat verbal dalam bahasa Inggris;

  • My father played football yesterday. (Ayahku bermain sepak bola kemarin)
  • Toni drives a car. (Toni mengendarai sebuah mobil)
  • I listen to the music almost every day (Saya mendengarkan musik hampir setiap hari)

Kalimat Nominal

Nah, kalimat nominal merupakan suatu kalimat yang menjelaskan mengenai identitas atau menjelaskan keadaan tertentu. Sebagai contoh yaitu kalimat yang menjelaskan nama seseorang, lokasi seseorang, lokasi, dan sifat seseorang dan semacamnya.

Berbeda dengan kalimat verbal yang menjelaskan kata kerja, kalimat nominal ini tidak menjelaskan aktivitas atau kegiatan.

Ciri kalimat nominal dalam bahasa Inggris biasanya disertai to be definitif seperti is, am, are, was, dan juga were. Kemudian To be-nya juga disertai noun (kata benda), adjective (kata sifat), maupun preposition (preposisi).

Untuk ciri yang paling mudah kita ketahui yaitu dalam kalimat tersebut tidak terdapat verb (kata kerja) dalam kalimat

Berikut ini adalah contoh kalimat nominal yang bisa Anda pahami;

  • My sister is beautiful. (saudara perempuanku cantik)
  • Tiffany is diligent student. (Tiffany siswa yang pandai)

Kesimpulan

Pada dasarnya, perbedaan kalimat verbal dan nominal dalam bahasa Inggris hanya terdapat pada satu hal, yaitu verb (kata kerja) saja. Jika kalimat verbal menjelaskan kata kerja, sedangkan pada kalimat nominal tidak ada kata kerja atau Verb. Nah, demikianlah artikel ini yang menjelaskan mengenai perbedaan kalimat verb dan nominal, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang sedang mendalami bahasa inggris.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait