5 Prospek Kerja Lulusan Sekolah Tinggi Perikanan di Indonesia

Bacaan Umum
Universitas123 | 28 October 2021
5 Prospek Kerja Lulusan Sekolah Tinggi Perikanan di Indonesia

Lulusan sekolah tinggi perikanan di Indonesia sebenarnya cukup banyak dan memiliki peminat tinggi. Sebagai orang Indonesia kamu harus menyadari bahwa kita hidup di negara maritim, hal ini menjadi salah satu peluang untuk jurusan perikanan untuk mendapatkan masa depan menjanjikan.

Sekolah tinggi perikanan akan membuat kamu mempelajari berbagai macam bidang ilmu dari berbagai macam dimensi mulai dari teknik pengelolaan ikan, Bagaimana cara mengolah produk perikanan bahkan manajemen bisnis perikanan.

Tidak hanya itu, mahasiswa juga akan mempelajari bagaimana cara menangkap ikan di laut sekalipun di perairan darat, seperti danau, sungai, melalui perantara nelayan sehingga nantinya bisa membantu kesejahteraan mereka.

Prospek Kerja Lulusan Sekolah Tinggi Perikanan

Sebagai lulusan sekolah tinggi perikanan kamu pasti akan memiliki kemampuan untuk melakukan analisis, melakukan observasi, bisa bekerjasama dengan tim, memiliki pikiran yang lebih terstruktur, dan pandai dalam berkomunikasi. Dengan kemampuan tersebut, maka peluang mendapatkan pekerjaan akan lebih mudah.

Mungkin beberapa orang masih penasaran, lulusan perikanan akan mendapatkan pekerjaan di bidang apa. Berikut ini beberapa peluang pekerjaan yang bisa diandalkan oleh lulusan sekolah tinggi perikanan di Indonesia.

1. Menjadi Enterpreneur

Lulusan sekolah tinggi perikanan memiliki kesempatan untuk menjadi seorang entrepreneur. Sebenarnya semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk bisa menjadi entrepreneur. Apapun latar pendidikan kamu termasuk juga lulusan perikanan.

Jika kamu sudah memiliki jiwa entrepreneur, maka kembangkan dengan baik sehingga bisa membuka usaha dan memberikan lapangan pekerjaan. Kamu bisa mencoba untuk membuka bisnis restoran seafood, karena saat ini prospek bisnis tersebut cukup menjanjikan.

Dengan ilmu perikanan yang telah kamu pelajari selama masa kuliah tentu hal tersebut bisa dikembangkan untuk menjadi sebuah usaha. Kamu harus memanfaatkan semua ilmu tersebut untuk masa depan, agar proses perkuliahan kamu tidak berjalan dengan sia-sia.

2. Membuka Ternak Ikan

Lulusan perikanan tentu saja bisa menjadi pengusaha untuk membuka ternak ikan. Kamu memiliki peluang besar untuk menjadi peternak ikan karena sudah mengetahui basic dan ilmu bagaimana merawat ikan dengan baik. Jangan anggap remeh usaha ini loh, banyak sekali orang yang sukses karena membuat ternak ikan. Kebutuhan pasar terhadap ikan tawar juga tinggi.

Tidak masalah jika kamu membuka usaha sektor perikanan adalah salah satu komoditi yang peminatnya cukup tinggi di Indonesia. Sedangkan pengusaha ikan tidak terlalu banyak sehingga kebanyakan permintaan tersebut tidak terpenuhi.

3. Menjadi Dosen

Prospek kerja lulusan sekolah tinggi perikanan di Indonesia juga bisa menjadi seorang dosen loh. Banyak sekali perguruan tinggi di Indonesia yang membuka fakultas atau jurusan perikanan. Hal tersebut bisa menjadi kesempatan bagi kamu untuk mendapatkan pekerjaan menjadi seorang dosen.

Namun jika kamu ingin menjadi dosen fakultas perikanan, maka harus menyelesaikan pendidikan S2 terlebih dahulu. Menjadi seorang dosen juga harus memiliki kemampuan untuk melakukan riset dan penelitian. Jadi kamu tidak secara asal dan sembarangan untuk menjadi dosen di perguruan tinggi Indonesia.

4. Menjadi Penyuluh Perikanan

Sudah pernah dengar tentang pekerjaan menjadi penyuluh perikanan? Prospek kerja ini terbuka luas bagi Kamu lulusan sarjana perikanan. Perikanan adalah salah satu subsektor pertanian yang saat ini sedang dikejar oleh pemerintah untuk berkembang dengan baik.

Hal ini tentu saja membuat penyuluh perikanan sangat banyak dibutuhkan. Biasanya dalam satu Kecamatan pasti membutuhkan seseorang sebagai penyuluh perikanan. Hal ini bisa menjadi kesempatan besar bagi Kamu lulusan sarjana perikanan untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Jika kamu sudah memahami dengan baik basic ilmu perikanan pasti bisa melakukan pekerjaan ini dengan baik.

5. Menjadi Quality Control

Apakah bisa lulusan perikanan menjadi quality control? Tentu saja. Kamu bisa mencoba untuk bekerja sebagai quality control di perusahaan pengolahan makanan yang menggunakan bahan baku ikan. Quality control ini biasanya memiliki tugas untuk melihat kualitas produk ikan apakah masih layak untuk dipasarkan atau tidak.

Gaji quality control sebuah perusahaan lumayan tinggi loh. Hal tersebut bisa disesuaikan dengan kebijakan perusahaan dan jenjang karir. Namun saat ini gaji dari quality control bisa mencapai 3 juta sampai 5 juta perbulan loh, bagaimana tertarik?

Kesimpulan

Seorang lulusan sekolah tinggi perikanan sebenarnya memiliki kesempatan yang sama dengan beberapa jurusan lain untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidangnya. Dari beberapa prospek kerja di atas kamu bisa memilih salah satu yang sesuai dengan bakat dan minat, sehingga pekerjaan bisa dilakukan dengan lancar tanpa ada hambatan.

Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Negeri Perguruan Tinggi Swasta

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait