Rekomendasi Beasiswa ke Korea Selatan untuk Lulusan SMA

Bacaan Umum
Universitas123 | 12 November 2021
Rekomendasi Beasiswa ke Korea Selatan untuk Lulusan SMA

Beasiswa ke Korea Selatan untuk lulusan SMA pasti diinginkan oleh banyak pelajar di Indonesia. Korea Selatan memiliki sistem pendidikan yang berkualitas bagus bahkan berani bersaing dengan beberapa negara maju lainnya.

Setiap tahunnya ada banyak pelajar asing yang memilih untuk melanjutkan studi di Korea Selatan. Hal tersebut juga berlaku bagi pelajar Indonesia yang bisa mendaftarkan diri melalui berbagai macam program beasiswa.

Jika kamu memilih kuliah di Korea Selatan tanpa menggunakan beasiswa, maka biaya kuliah lebih tinggi daripada di Indonesia. Ada banyak sekali jalur beasiswa yang bisa dipilih oleh pelajar di Indonesia agar bisa kuliah di Korea Selatan.

Pilihan beasiswa ke Korea Selatan untuk pelajar SMA

Sebagai pelajar SMA kelas akhir pasti kamu akan memikirkan melanjutkan pendidikan tinggi. Jika kurang tertarik dengan pendidikan tinggi di Indonesia kamu bisa mencoba mendaftarkan diri melalui jalur beasiswa ke perguruan tinggi Korea Selatan. Berikut ini beberapa beasiswa kuliah di Korea Selatan untuk pelajar Indonesia.

1. Beasiswa Korean Government Scholarship Program (KGSP)

KGSP atau Korean Government Scholarship Program sangat terkenal dan banyak yang berminat untuk masuk perguruan tinggi melalui beasiswa ini. Kenapa? Karena beasiswa bisa didapatkan secara penuh oleh pemerintah Korea Selatan.

Korean Government Scholarship Program tersedia bagi jenjang D2, S1, S2, dan S3. Cukup lengkap jenjang pendidikan yang ditawarkan, sehingga bagi lulusan SMA juga bisa langsung mendaftarkan diri secara langsung loh.

Ada beberapa biaya yang ditanggung oleh KGSP, seperti biaya hidup yang disesuaikan dengan jenjang pendidikan, biaya pesawat, tunjangan kedatangan, asuransi kesehatan, dan masih banyak lagi lainnya.

Jika tertarik dengan beasiswa ini maka kamu bisa mendaftarkan diri melalui dua jalur berbeda. Jalur pertama melalui jalur Embassy di mana kamu bisa mendaftarkan diri langsung ke kedutaan besar Korea Selatan di Indonesia. Jalur kedua melalui jalur universitas dengan langsung mendaftarkan diri di perguruan tinggi Korea Selatan yang diinginkan. Tidak boleh memilih dua jalur tersebut ya, kamu harus memilih salah satu agar tidak didiskualifikasi.

2. Beasiswa Korean Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)

Selanjutnya ada Korean Advanced Institute of Science and Technology atau KAIST. Beasiswa ini diberikan kepada pelajar lulusan SMA sederajat untuk bisa melanjutkan studi di Korea Selatan.

KAIST Adalah perguruan tinggi yang masuk dalam peringkat 100 terbaik di dunia pada Bidang sains. Jadi bagi kamu yang suka sekali dengan Bidang sains dan kecanggihan teknologi, bisa mendaftarkan diri melalui beasiswa KAIST Korea Selatan.

Ada beberapa program studi yang disediakan oleh Kais bagi calon mahasiswa seperti Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Teknik Penerbangan, Teknik Mesin, Teknik Sipil dan Lingkungan, Ilmu Komputer, program studi lainnya.

Beasiswa ini bisa didapatkan secara penuh loh, mulai dari biaya hidup per bulan, asuransi kesehatan, biaya kuliah penuh, dan masih banyak lagi lainnya. Tertarik untuk daftar beasiswa KAIST? Kamu harus siap bersaing dengan jutaan pelajar dari penjuru dunia untuk bisa diterima di beasiswa satu ini ya.

3. Beasiswa The Objective of The Art Major Asian (AMA)

Tertarik untuk bisa kuliah seni? Kamu bisa mencoba beasiswa dari Korea Selatan untuk kuliah seni The Objective of The Art Major Asian. Beasiswa yang ditawarkan mencakup berbagai macam kebutuhan pendidikan secara penuh. Ada Universitas seni terkemuka di Korea Selatan yang menawarkan program beasiswa tersebut untuk jenjang pendidikan S1 dan S2.

Program studi yang ditawarkan oleh Universitas K-Arts sangat beragam loh, mulai dari Vocal musik, instrumental music, composition, broadcasting, multimedia, film making, theaters studies, design, directing, acting, conduction, dance performance, choreography, dance theory, dan masih banyak lagi program studi lainnya.

Selain mendapatkan beasiswa penuh kamu juga mendapatkan tiket pesawat pulang-pergi Korea, tunjangan bulanan, tunjangan kursus bahasa Korea, asuransi kesehatan, serta perumahan untuk tempat tinggal. Namun biaya tempat tinggal tersebut akan dikurangi dari tunjangan bulanan.

Kesimpulan

Tertarik untuk mendapatkan beasiswa di Korea Selatan? Kamu harus mempersiapkan diri jauh-jauh hari untuk menyiapkan berbagai macam persyaratan. Kamu juga harus siap menghadapi berbagai macam tes yang diberikan oleh penyedia beasiswa tersebut. Beasiswa ke Korea Selatan untuk lulusan SMA bisa didapatkan jika kamu benar-benar disiplin belajar dan yakin pada diri sendiri.

Banner Konsultation
+62
Beasiswa Luar Negeri

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait