6 Rekomendasi Universitas Swasta di Bandung Akreditasi A

Bacaan Umum
Universitas123 | 02 March 2023
6 Rekomendasi Universitas Swasta di Bandung Akreditasi A

Apa kamu orang Bandung atau justru orang yang ingin merantau kuliah di Bandung? Di Bandung banyak loh universitas dengan kualitas terbaik, baik negeri maupun swasta. Buat kamu yang masih belum beruntung diterima di universitas negeri, jangan berkecil hati, masih banyak kok universitas swasta di Bandung berakreditasi A yang bisa kamu coba.

Yuk cari tahu universitas apa saja yang punya akreditasi A di Kota Bandung.

1. Universitas Katolik Parahyangan

Universitas ini merupakan salah satu universitas swasta terbaik di Bandung loh. Tak hanya itu, kampus ini juga termasuk kampus tertua dan cukup populer di Indonesia. UNPAR sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. Jika kamu tertarik untuk kuliah di sini, UNPAR ada di Jl. Ciumbuleuit No. 94, Hegarmanah, Cidadap, Kota Bandung.

Menjadi universitas swasta di Bandung akreditasi A UNPAR memiliki fakultas dan program studi yang hampir semuanya juga terakreditasi A, diantaranya Manajemen Akuntansi, Teknik Kimia, Ilmu Hukum, Teknik Sipil, Arsitektur, dan lainnya.

Universitas ini berdiri sejak 1955 dengan beberapa Fakultas seperti Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Informasi dan Sains, Fakultas Filsafat, Fakultas Teknologi Industri dan juga program pascasarjana.

2. Universitas Komputer Indonesia

Universitas ini cocok untuk kamu yang hobi dengan dunia teknologi komputer dan informasi. UNIKOM memiliki beberapa fakultas dan jurusan, diantaranya Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer yang menaungi jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Teknik Sipil, Akuntansi, Teknik Industri, Arsitektur, Perencanaan Wilayah dan Kota, juga Sistem Informasi.

Fakultas lainnya seperti Fakultas Desain, Fakultas Sastra, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, juga program pascasarjana dengan jurusan Desain, Sistem Informasi, dan Manajemen.

3. Universitas Telkom

Universitas swasta di Bandung terakreditasi A berikutnya adalah Universitas Telkom. Universitas ini lebih fokus ke penelitian berbasis ICT dalam bidang teknis, bisnis, dan juga industri. Berdiri sejak 14 Agustus 2013 yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Telkom dan ada di Jl. Telekomunikasi, Sukapura, Dayeuhkolot, Bandung.

Universitas ini memiliki 7 fakultas diantaranya Fakultas Teknik Industri, Fakultas Teknik Elektro, Fakultas Bisnis Ekonomi, Fakultas Komputasi, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Fakultas Industri Kreatif, dan juga Fakultas Ilmu Terapan. Tak hanya itu, Universitas ini sudah terakreditasi A sejak Desember 2016 loh.

Bagaimana apa kamu tertarik untuk bergabung menjadi mahasiswa Universitas Telkom?

4. Universitas Langlangbuana

Berikutnya adalah Universitas Langlabuana atau yang biasa dikenal dengan sebutan UNLA. Tentu tidak asing lagi. Universitas ini sudah terakreditasi baik sekali. Hampir semua jurusan di UNLA mendapat akreditasi B, hanya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik untuk Jurusan Ilmu Pemerintahan saja yang mendapat akreditasi A.

Fakultas lainnya seperti Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, serta Fakultas Ekonomi.

5. Universitas Islam Bandung (UNISBA)

Universitas swasta yang selanjutnya adalah UNISBA yang berada di daerah Tamansari. Kampus ini sudah terakreditasi A, masalah fasilitas dan kualitas kamu tidak perlu meragukannya lagi. UNISBA berdiri sejak tanggal 15 November 1958 sebagai Perguruan Islam Tinggi.

Sampai akhirnya pada tahun 1967 berubah nama menjadi Universitas Islam Bandung hingga sekarang. Di UNISBA kamu bisa menemukan berbagai Fakultas, mulai dari Fakultas Psikologi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Kedokteran, hingga Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan lain sebagainya.

6. Universitas Pasundan

Pembahasan terakhir mengenai Universitas swasta di Bandung akreditasi A adalah Universitas Pasundan atau yang biasa dikenal dengan sebutan UNPAS. Universitas ini berdiri sejak 1960 dan memiliki 5 lokasi kampus yang berbeda-beda. Hingga kini UNPAS memiliki 6 Fakultas dengan 26 program studi, 5 prodi pascasarjana, dan 2 program doktor.

Keenam fakultas itu diantaranya, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Seni dan Sastra, serta Fakultas Teknik. Jika kamu tertarik untuk masuk ke universitas ini, penting untuk mengetahui dimana saja lokasi kelima kampus UNPAS.

Pertama ada di Jl. Lengkong Besar No. 68, kampus dua di Jl. Tamansari No. 6-8, lalu kampus tiga ada di Jl. Wartawan IV No. 22, kampus empat berlokasi di Jl. Dr. Setiabudi No. 193, dan terakhir kampus lima ada di Jl. Sumatra No. 41.

Penutup

Itulah pembahasan mengenai Universitas swasta di Bandung yang sudah akreditasi A yang mungkin saja bisa menjadi pilihanmu. Dengan memperhatikan akreditasi, meskipun itu kampus swasta kamu tidak perlu meragukan kualitasnya lagi.

Sama halnya dengan beberapa universitas swasta di atas, meskipun swasta kualitasnya mampu bersaing dengan universitas negeri lainnya. Apa kamu juga ingin mencari informasi terkait beasiswa? Yuk buka Universitas123 untuk mendapatkan informasi beasiswa yang selalu update tiap harinya.

Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Swasta

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait