Seperti Inilah Rekomendasi Universitas Islam di Makassar

Berita Universitas
Universitas123 | 23 November 2021
Seperti Inilah Rekomendasi Universitas Islam di Makassar

Bagi umat muslim, bisa belajar di tempat yang bernuansa Islam adalah impian setiap orang. Untuk itu bagi kamu yang ingin lebih dekat dengan Tuhan dan fokus dengan nuansa Islami ketika menempuh pendidikan perguruan tinggi, maka disinilah solusinya! Karena akan kami kupas selengkapnya tentang daftar rekomendasi universitas Islam yang ada di Makassar.

Daftar Rekomendasi Universitas Islam dan Keunggulannya

Seperti yang disampaikan sebelumnya bahwa bisa belajar di perguruan tinggi bernuansa Islami adalah hal yang sangat menakjubkan. Untuk itu berikut akan kami perkenalkan 2 macam rekomendasi Universitas Islam yang ada di Makassar dan juga keunggulannya di bawah ini:

Universitas Islam Makassar

Universitas yang beralamat di Jl. Perintis Kemerdekaan Km. 9 No 29 Kota Makassar ini merupakan perguruan tinggi islam swasta yang dibentuk Yayasan Perguruan Tinggi Al-gazali Makassar pada 06 Juni 2000. Perguruan tinggi ini memiliki 6 fakultas seperti agama islam, bahasa, MIPA, pertanian, sospol dan juga teknik.

Selain itu, Universitas Islam Makassar ini juga memiliki beberapa fasilitas yaitu, tempat ibadah, asrama, tempat olahraga dan berbagai fasilitas lainnya yang bisa dinikmati oleh para mahasiswa. Selain memiliki fasilitas yang menarik, perguruan tinggi ini juga memiliki keunggulan, diantaranya sebagai berikut ini:

1. Memiliki Berbagai Program Pendidikan

Dalam perguruan tinggi ini memiliki berbagai program pendidikan seperti program sarjana, program magister dan program profesi.

2. Peringkat 208 Perguruan Tinggi Indonesia

Universitas Islam Makassar merupakan peringkat 208 dari 4000 perguruan tinggi Indonesia. Dengan peningkatan klasterisasi perguruan tinggi sul-sel 2020 dengan data 2019.

Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Universitas ini yang terletak di Jl. Sultan Alauddin No. 63, Romangpolong, Kec. Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan berdiri sejak 10 November 1965. Nama perguruan tinggi ini diambil dari nama raja kerajaan gowa yang pertama kali memeluk agama islam serta memiliki latar belakang sejarah perkembangan islam di Indonesia.

Selain itu, universitas Islam Makassar juga memiliki fasilitas yang menarik seperti perpustakaan digital, fasilitas wifi di seluruh area kampus, asrama, training centre dan beberapa fasilitas lainnya yang membuat para mahasiswa betah kuliah di kampus ini. Selain fasilitasnya yang menarik, perguruan tinggi ini juga memiliki keunggulan yang tidak kalah menarik, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Dekat dengan Tempat Wisata

Tentunya ini merupakan hal menarik ketika para mahasiswa kuliah disini, mahasiswa juga sering mengunjungi destinasi wisata seperti danau mawang, di mana danau yang berada dipinggir kota Makassar ini merupakan wisata yang sering dikunjungi para mahasiswa ketika mengalami kejenuhan.

2. Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Timur

Perguruan tinggi yang hingga saat ini berada di peringkat ke 137 sebagai perguruan tinggi terbaik yang telah dirilis oleh Kemenristekdikti. Selain itu perguruan tinggi ini merupakan satu – satunya yang memiliki Program Insentif Bahasa Asing (PIBA).

Alur Pendaftaran Masuk ke Universitas Islam di Makassar

Untuk kalian yang ingin melakukan pendaftaran di universitas yang telah disebutkan di atas, maka kenali alurnya dulu seperti yang akan dijelaskan di bawah ini:

1. Pendaftaran Online

Bagi para calon mahasiswa yang tertarik dan ingin mendaftar masuk ke Universitas Islam Makassar (UIM), bisa mengecek informasi dan juga daftar melalui situs https://pmb.uim-makassar.ac.id/.

2. Jalur SNMPTN

Jalur Seleksi Nasional masuk Perguruan Tinggi Negeri dengan biaya seleksi yang telah ditanggung oleh pemerintah. Jalur seleksi ini hanya bisa diikuti oleh para calon mahasiswa yang eligible atau bisa dibilang memenuhi kuota SNMPTN yang berdasarkan akreditasi sekolah serta jumlah siswanya.

3. Jalur SBMPTN

Seleksi ini dilaksanakan secara serentak di seluruh perguruan tinggi negeri dengan proses seleksi yang berdasarkan nilai Ujian tulis Berbasis Komputer (UTBK). Pendaftaran nya pun dilakukan secara online melalui website pendaftaran SBMPTN Universitas Islam Negeri Alauddin. Sehinga lebih praktis dan mudah dilakukan.

4. Jalur SPAN – PTKIN

Jalur ini merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan biaya pendaftaran gratis, sebab pendaftarannya telah ditanggung oleh pemerintah dengan ketetapan seleksi sesuai kebijakan kampus.

Itu tadi adalah daftar rekomendasi Universitas Islam di Makassar yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk kamu yang sedang mencari perguruan tinggi. Untuk itu bila tertarik dengan salah satu dari 2 universitas di atas, langsung saja cek informasi selengkapnya di universitas123 sekarang juga.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait