Serba-Serbi Fakultas Kehutanan, Bisa Kerja di Pemerintahan Juga loh!

Bacaan Umum
Universitas123 | 22 September 2021
Serba-Serbi Fakultas Kehutanan, Bisa Kerja di Pemerintahan Juga loh!

Fakultas Kehutanan merupakan jurusan yang diambil oleh Presiden Joko Widodo, pemimpin Indonesia saat ini loh. Dalam Ilmu Kehutanan sendiri anda akan mempelajari fungsi dan penggunaan dari ekosistem hutan itu sendiri. Jadi anda akan paham tentang keanekaragaman hayati, konservasi lingkungan, teknologi kehutanan, dan hukum hukum penebangan hutan.

Untuk menggali lebih dalam tentang fakultas ini, mari kita simak penjelasan lebih lanjutnya di sini yuk.

Pengetahuan yang Akan Dipelajari dan Diperlukan

Selain dari apa yang sudah dibahas sebelumnya, ilmu kehutanan juga akan membuat anda mempelajari banyak hal lainnya. Misal seperti kemampuan melakukan observasi dengan baik, kemampuan meneliti, kemampuan melakukan analisis, kemampuan berpikir secara terstruktur, dan pemahaman tentang biologi serta kimia.

Kenapa Harus Pilih Jurusan Kehutanan?

Fakultas Kehutanan memang tidak terkanl dan tidak terpandang sebagai ilmu atau jurusan yang bergengsi. Namun, mengapa anda harus memilih jurusan ini demi masa depan yang cerah? Berikut beberapa alasan yang mungkin bisa sejalan dengan pikiran anda dan dipertimbangkan dengan baik.

Sarjana kehutanan adalah tenaga kerja yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan dalam industri hulu kehutanan. Anda akan mendapatkan tugas sebagai ahli bibit tanaman hutan tentu dengan gaji yang besar. Kita pun mengetahui sendiri bahwa sebagian besar perusahaan di bidang tersebut bukanlah perusahaan kecil melainkan yang sudah terkenal hingga mancanegara.

Fakultas Kehutanan juga bisa mengantarkan anda bekerja di biro swasta sebgai konsultan. Bahkan profesi konsultan ini juga bisa mengantarkan anda ke kursi pemerintahan, lebih tepatnya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Pastinya anda sudah paham betul bagaimana pendapatan seseorang yang bekerja di kursi pemerintahan.

Prospek Kerja Ilmu Kehutanan

Menjadi lulusan Ilmu Kehutanan tentu akan mengantarkan anda pada prospek kerja yang cerah. Tidak hanya bekerja sebagai ahli hutan namun anda juga bisa merasakan berbagai jenis profesi lain. Misalnya seperti pengrajin mebel, teknisi konservasi lingkungan, peneliti bioteknologi, dosen, chocolatier, ekonomi, atau pengrajin ekspor.

Fakultas Kehutanan memiliki bidang pekerjaan yang luas, terlebih lagi bila anda mengembangkan diri dengan baik saat masih menjadi mahasiswa. Maka dari itu alangkah baiknya bila anda memperbanyak kenalan atau relasi di dunia perkulaihan. Tentu kelak akan menjadi jalan rejeki anda di masa depan, baik dalam hal pekerjaan atau yang lainnya.

Universitas untuk Belajar Ilmu Kehutanan

Jika anda tertarik dengan jurusan ini maka bisa memilih beberapa kampus atau universitas negeri. Beberapa diantaranya ialah Institut Pertanian Bogor, Intitiut Teknologi Bandung, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Gadjah Mada,  Universitas Nusa Cendana, Universitas Mataram, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tidak hanya universitas negeri, anda juga bisa memilih beberapa universitas swasta yang menyediakan jurusan tersebut. Misalnya seperti Universitas Muhammadiyah Makassar, Universitas Khairun, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Simalungun, Universitas Almuslim, dan Institut Pertanian Stiper.

Melalui berbagai universitas dan institut swasta tersebut, tentu anda akan mendapatkan kualitas pendidikan yang tidak berbeda dengan universitas negeri. Bahkan beberapa diantaranya memiliki akreditasi A dan sudah menjalin kerja sama dengan banyak pihak.

Penutup

Demikian informasi tentang Fakultas Kehutanan yang bisa anda ketahui secara lengkap melalui situs ini. Semoga bisa membantu anda dalam menentukan fakultas dan jurusan yang tepat. Untuk menemukan saran atau informasi tentang jurusan lainnya, anda bisa langsung mengunjungi universitas123.com. Informasi di sana sudah lengkap dengan prospek kerja sehingga memudahkan anda dalam merencanakan pendidikan.

Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Negeri

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait