Informasi Mengenai Sistem Pendidikan Universitas di Polandia

Bacaan Umum
Universitas123 | 30 september 2022

Universitas di Polandia merupakan salah satu pilihan destinasi pendidikan yang wajib kamu perhitungkan. Polandia adalah negara yang tepat bagi para pelajar internasional yang ingin studi di Eropa.

Dalam hal ekonomi, Polandia dapat berkembang cepat, serta mempunyai potensi menjadi salah satu negara berpengaruh yang ada di dunia dalam hal ekonomi. Kehidupan demokratis tersebut membantu membangun iklim ekonomi tinggi dan kesejahteraan hidup penduduknya.

Sistem Pendidikan Tinggi

Lembaga pendidikan tinggi, disingkat HEI di Polandia membagi jenjang perguruan tinggi dalam 2 kategori diantaranya Universitas Negeri dan Universitas Swasta. Kedua jenis universitas di Polandia tersebut kemudian dibagi kembali dalam dua kategori yaitu Lembaga akademik dan Lembaga kejuruan.

Kategori perguruan tinggi akademik berkontribusi dalam sektor pendidikan dengan sedikit ilmu disiplin ilmiah dan seni. Selain itu, lembaga pendidikan akademik dapat menyelenggarakan studi Sarjana dan Master. Ada juga perguruan tinggi akademik yang menyediakan PhD untuk mahasiswa doktoral.

Sedangkan kategori perguruan tinggi vokasi atau kejuruan tidak memberikan pendidikan semacam itu. Pendidikan yang ditawarkan hanyalah dalam bentuk praktik. Sehingga, tipe pendidikan kejuruan hanya menawarkan studi dengan sistem first and second-cycle.

Seluruh tipe HEI berada di bawah pengawasan Badan Akreditasi Polandia, sebuah lembaga independen yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan.

Keunggulan Perkuliahan

Dengan mengetahui sistem perkuliahan yang ditawarkan dalam Universitas di Polandia, kamu juga harus mengetahui apa saja kelebihan dari sistem perguruan tinggi yang ditawarkan.

Dari versi Times Higher Education, terdapat sebanyak 12 universitas di Polandia yang berhasil menjadi universitas top dunia. Contoh beberapa universitasnya yaitu:

  • University of Warsaw
  • Warsaw University of Technology
  • AGH University of Science and Technology
  • Adam Mickiewicz University
  • Jagiellonian University.

Di Polandia, universitas terbesar yaitu University of Warsaw. Universitas tersebut juga menyediakan sejumlah program studi unggul di bidang-bidang berikut: Social Sciences, Physical Sciences, Life Sciences, Arts and Humanities.

Yang membuat Polandia mampu memberikan sektor pendidikan berkualitas adalah karena adanya badan yang terus mengawasi dan melakukan evaluasi kualitas pendidikan. Badan yang bekerja dalam memonitor dan mengevaluasi tersebut adalah Polish Accreditation Committee, the Conference of Rectors of the Academic Schools in Poland, dan juga the General Coucil for Science and Higher Education.

Informasi Penting Perkuliahan

Terdapat sekitar 5000 jurusan program studi yang disediakan oleh berbagai universitas di Polandia. Semuanya harus mendapatkan persetujuan dari Polish Accreditation Committee.

Polandia adalah anggota Bologna Process. Dengan keanggotaan tersebut, memberikan kemudahan bagi mahasiswa yang ingin transfer kredit kuliah ke sesama negara UE dan yang telah diakui keabsahannya. Begitu banyak pelajar datang ke Polandia karena kemudahan tersebut.

Keuntungan Kuliah di Polandia

Ada sejumlah hal menarik yang ditawarkan oleh Polandia. Mahasiswa internasional yang memilih kuliah di Polandia mempunyai beberapa alasan. Salah satunya adalah karena biaya hidup yang masih rendah, bergantung pada gaya hidup masing-masing pelajar.

Mahasiswa dapat mengeluarkan sekitar 350-750 Euro untuk biaya-biaya berikut: akomodasi, transportasi lokal, makanan, jajanan tambahan, ataupun internet. Misalnya, mahasiswa yang kuliah di Warsawa atau Krakow mempunyai biaya hidup lebih mahal, sekitar 450-800 Euro setiap bulannya.

Penutup

Sekarang, kamu sudah tahu beberapa hal terkait sistem perkuliahan yang ditawarkan di Polandia. Selain stsudi, kamu juga pasti ingin menikmati kehidupan yang ada di Polandia.

Kuliah di Polandia akan sangat mengesankan, karena kamu bisa belajar tentang budayanya yang beragam. Ada banyak kota di Polandia dengan kecantikan tersendiri, didukung berbagai bangunan bersejarah, museum, dan beberapa ikon kota seperti Royal Castle, Wilanow Palace, Wawel Castle.

Pelajar juga dapat menikmati kesempatan studi sambil nonton berbagai festival musik, film, dan budaya seperti Wesele Kurpiowskie, Jagiellonian Fair, Warsaw International Film Festival, dan Crossroads Festival.

User Profile

Universitas123
Preloader Image
Please Wait
Logo