SPOK Dalam Bahasa Inggris? Yuk Kenali Lebih Jauh!

Bacaan Umum
Universitas123 | 30 March 2023
SPOK Dalam Bahasa Inggris? Yuk Kenali Lebih Jauh!

SPOK dalam bahasa Inggris sangat penting untuk diperhatikan. Hal tersebut dapat  membantu kamu untuk membuat kalimat sempurna. Dengan begitu, kalimat tersebut dapat dipahami dengan jelas maknanya. Namun, apa itu SPOK?  Sebuah kalimat yang terdiri atau memiliki empat unsur. Dimana diantaranya adalah subject (subjek), predikat (predikat), object (objek), dan adverb (keterangan).

Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa SPOK memiliki empat unsur. Dimana masing-masing unsur tersebut memiliki perannya masing-masing dalam sebuah kalimat. Untuk lebih jelas, yuk simak ulasan berikut mengenai SPOK jauh lebih dalam!

Subject (Subjek)

Unsur ini sangat penting keberadaannya dalam sebuah kalimat. Adapun biasanya yang didefinisikan menjadi subjek itu berupa what (apa) dan who (siapa).  Dimana what maupun who disini merupakan seseorang atau sesuatu yang melakukan sebuah aksi maupun kegiatan pada kalimat tersebut. Selain itu, subjek pun dapat berupa  pronoun ( kata ganti), noun (kata benda), dan  Noun phrase ( frasa kata benda).

Predicate (Predikat)

Predicate ini sendiri biasanya mengandung verb atau kata kerja. Dimana hal tersebut membantu sebuah aksi atau kegiatan atau tindakan yang dilakukan oleh subject. Selain itu, kamu pun dapat mengetahui hubungan  antara subject dengan aksi maupun kegiatan yang dilakukan pada sebuah kalimat.

Sehingga secara tidak langsung, predikat diartikan sebagai sebuah frasa yang memiliki fungsi untuk memberikan informasi. Dimana hal tersebut berkaitan dengan aksi maupun kegiatan yang dilakukan oleh subjek.

Object (Objek)

Sama hal nya dengan objek dalam bahasa Indonesia. Objek dalam bahasa Inggris pun memiliki peranan yang sama.  Dimana objek merupakan kata yang menerima tindakan dari subjek. Meskipun ada beberapa kalimat yang tidak memiliki objek. Namun, kalimat tersebut bukanlah kalimat yang mengandung SPOK.

Adverb (Kata keterangan)

Adverb ini sendiri umumnya menunjukan sebuah keterangan. Baik keterangan waktu maupun tempat. Akan tetapi, lebih banyak yang menunjukan tempat. Adverb ini dapat terletak di akhir kalimat maupun awal kalimat.

Contoh Kalimat Yang Mengandung SPOK Dalam Bahasa Inggris

Untuk memahami SPOK dalam kalimat bahasa Inggris, ada beberapa contoh yang bisa dijadikan bahan referensi untukmu. Selain itu, jika ingin membuat kalimat seperti ini dalam bahasa Inggris, usahakan terlebih dahulu kamu mengetahui apa yang ingin kamu tulis dalam bahasa Indonesia.

Contoh 1:

I eat the fruit that Dina gave at home.

Artinya:

Aku makan buah yang diberikan dina di rumah

Dari contoh diatas diketahui bahwa:

Subject: I

Predicate: eat

Object: the fruit that Dina gave

Adverb: at home

Contoh 2:

I play hide and seek  with Puteri at school.

Artinya: Aku bermain petak umpet bersama puteri di sekolah.

Dari contoh diatas diketahui bahwa:

Subject: I

Predicate: play

Object: hide and seek  with Puteri

Adverb: at school

SPOK dalam bahasa Inggris dapat kamu kuasai dengan memahami terlebih dahulu unsur yang ada di dalamnya. Dimana seperti yang diketahui bahwa unsur tersebut mencakup subject, predicate, object, dan adverb.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait