Untuk Semua Jalur! Inilah Syarat Masuk Fakultas Psikologi UNPAD Program S1

Bacaan Umum
Universitas123 | 21 July 2021
Untuk Semua Jalur! Inilah Syarat Masuk Fakultas Psikologi UNPAD Program S1

Keseimbangan itu perlu. Termasuk saat menyiapkan segala keperluan untuk ke jenjang perkuliahan S1.  Utamanya jika kamu berminat untuk mengambil psikologi UNPAD, perhatikan juga syarat masuk fakultas psikologi UNPAD selain belajar untuk tes.

Fakultas yang terkenal dengan sebutan FAPSI di kalangan mahasiswa UNPAD ini punya kualitas yang tidak perlu ditanyakan lagi. Itulah alasannya mengapa ketentuan bagi peserta pendaftar juga cukup selektif diikuti berbagai penilaian.

Pastinya ini menjadi kampus yang tepat buatmu menggapai cita-cita sebagai seorang psikolog atau tenaga ahli, asalkan memenuhi syarat berikut ini.

Syarat Masuk Fakultas Psikologi UNPAD 

Untuk masuk FAPSI UNPAD tentunya kamu memiliki 3 pilihan, bisa itu SNMPTN, SBMPTN, atau SMUP (Seleksi Mandiri Universitas Padjadjaran). Dengan ketiga jalur yang berbeda ini, syarat untuk masing-masingnya juga sedikit berbeda satu sama lain. 

Sesuai dengan rangkaian jadwal seleksi, bahasan di bawah juga akan berurutan dimulai dari ketentuan bagi peserta SNMPTN dan berakhir di jalur mandiri.

Peserta SNMPTN

Bagi kamu yang mencapai kuota pendaftaran jalur ini, selamat karena telah berhasil mempertahankan prestasi di sekolah! Tapi sebelum benar-benar mendaftar, pastikan dulu kamu memang mengambil jurusan IPA.

Ya, berbeda dari universitas lainnya, FAPSI UNPAD termasuk dalam rumpun ilmu saintek. Jadi pastinya hanya siswa jurusan IPA saja yang mampu lolos dalam tahap seleksi ini. Sementara untuk persyaratan lebih lengkapnya antara lain :

  • Merupakan siswa SMA atau sederajatnya kelas 12 dengan prestasi unggul
  • Prestasi yang diperoleh di bidang akademik memenuhi kriteria UNPAD
  • Memiliki NISN yang terdaftar dalam PDSS
  • Mengisi kolom nilai rapot dari kelas 10 semester 1 hingga kelas 12 semester 5 pada PDSS

Jika belum tahu apa itu PDSS, ini merupakan platform ruang untuk nilai rapor seluruh siswa terkumpul. Pangkalan Data Sekolah dan Siswa inilah yang akan sangat dibutuhkan dalam proses pendaftaran.

Namun sebelum itu pastikan dulu baik sekolah dan kamu sendiri sudah terdaftar akun LPMPT agar bisa mengakses dan memenuhi persyaratan.

Peserta SBMPTN

Bila kamu siswa lulusan IPS dan ingin kuliah di FAPSI UNPAD, jangan sedih karena masih ada kesempatan untuk mengikuti jaur ini. Hanya saja tentunya harus memilih tes rumpul ilmu saintek atau campuran.

Di samping itu perhatikan juga syarat masuk fakultas psikologi UNPAD lainnya seperti:

  • Merupakan lulusan SMA/sederajatnya tahun berjalan atau dua tahun kebelakang 
  • Memiliki Ijazah atau Surat Keterangan Lulus
  • Menjadi peserta dan memiliki nilai UTBK
  • Memegang NISN

Untuk itu ada baiknya persiapkan diri dengan serius agar lolos dan menjadi bagian dari mahasiswa UNPAD. Karena melansir laman resmi fakultas psikologinya, UNPAD akan menyaring pendaftar berdasarkan dua bobot penilaian. 

Pertama, memperhitungkan Tes Potensi Skolastik (TPS) yaitu sebesar 60%. Sedangkan 40% presentase diambil dari hasil tes akademik Matematika, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia.

Peserta SMUP

Dibandingkan dua seleksi sebelumnya, jalur SMUP tergolong jauh lebih ringkas. Paling utamanya perlu memenuhi ketentuan ini:

  • Berstatus sebagai WNI
  • Merupakan lulusan SMA atau sederajatnya pada tahun berjalan atau 2 tahun kebelakang (dibuktikan dengan Ijazah atau SKL)

Namun, tidak sesederhana itu saja, ya. Perhatikan juga syarat administrasi yang akan kamu ketahui saat mendaftar secara online di website resmi penerimaan mahasiswa baru UNPAD.

Kuncinya selalu fokus menjalankan tahapan seleksi sambil mempersiapkan semua berkas yang diminta. Meskipun syarat masuk fakultas psikologi UNPAD tersebut adalah info paling terkini, usahakan untuk tetap update. Boleh jadi akan mengalami sedikit perubahan pada tahun ajaran mendatang. Semangat calon mahasiswa!

Banner Konsultation
+62
SNMPTN SBMPTN Perguruan Tinggi Negeri

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait