UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Anda Tertarik Kuliah di Sana?

Bacaan Umum
Universitas123 | 26 October 2021
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Anda Tertarik Kuliah di Sana?

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta seringkali disebut dengan istilah UIN Suka. Perguruan tinggi agama islam negeri ini berdiri pada tanggal 26 September 1951. Hal ini membuat UIN Suka menjadi perguruan tinggi Islam pertama yang ada di Indonesia. Dengan luas willayah kampus sebesar kurang lebih 86 hektar, UIN Sunan Kalijaga terus berproses, semakin berkembang dan bertahan selama 90 tahun ini.

Sejarah Periode Rintisan

Pada periode rintisan yang dimulai tahun 1951 hingga 1960 dimulai dengan penegerian dari Fakultas Agama UII atau Universitas Islam Indonesia berubah menjadi Perguruan Tinggi Islam atau PTAIN. Hal ini diatur dalam Peraturan Presiden dengan nomor 34 tahun 1950 pada tanggal 14 Agustus 1950. Kemudian, PTAIN diresmikan pada tanggal 26 September 1951.

Lalu, terjadi peleburan PTAIN dan ADIA dengan diterbitkannya Peraturan Presiden nomor 11 tahun 1960 mengenai Pembentukan sebuah Institut Agama Islam Negeri atau IAIN yang diberi nama yakni Al-Jami`ah al-islamiyah al-hukmiyah. IAIN tersebut dipimpin oleh KHR. MOh Adnan dari 1951 hingga 1959. Kemudian, dilanjutkan oleh Prof. Dr. H. Mukhtar Yahya dari tahun 1959 hingga 1960.

Visi Misi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Visi yang diemban oleh UIN Suka yaitu unggul dan terkemuka dalam rangka memadukan serta mengembangkan keislaman dan keilmuan dalam peradaban. Kemudian, untuk misi yang dilakukan adalah dengan memadukan dan mengembangkan studi terkait keindonesiaan, keilmuan serta kesilaman dalam pendidikan serta pengajaran.

Berdasarkan tri dharma perguruan tinggi memunculkan dan membangun kepercayaan untuk pengembangan kemitraan dengan berbagai pihak dalam rangka kualitas yang unggul. Kemudian, meningkatkan kontribusi UIN Suka dalam membantu penyelesaian permasalahan bangsa.

Misi yang terakhir UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yakni tradisi ijtihad dalam penelitian multi jurusan ilmu yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa serta negara Indonesia.

Tujuan UIN Suka

UIN Sunankalijaga memiliki lima tujuan dalam kegiatan perkuliahannya, diantaranya menghasilkan sarjana yang memiliki skill atau kemampuan akademis serta professional yang interkonektif dan intergratif.

Kemudian, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta  memiliki tujuan untuk menghasilkan sarjana yang beriman, berakhlak mulia, mempunyai kecakapan dalam bidang sosial, manajerial serta mempunyai jiwa kewirausahaan serta rasa tanggung jawab terhadap sosial kemasayarakatan.

Kemudian, menghasilkan sarjana yang menghargai dan menjiwai nilai dalam keilmuan maupun nilai dalam kemanusiaan. Selain itu, menjadikan universitas sebagai pusat pembelajaran yang unggul dalam kajian dan penelitian yang interkonektif dan intergratif serta membangun jaringan kokoh dan fungsional bersama para alumni UIN Suka.

Lambang dan Logo UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Semenjak tahun 2010 terdapat logo baru yang dimiliki oleh UIN Suka. Bentuk dasar dari logo tersebut merupakan bunga matahari yang memiliki satu tangkai beserta dua lembar daun. Kelompak bunga yang ada digambarkan dengan bentuk ornamen klasik yang mengandung corak Islam.

Helai daun sebelah kiri menggambarkan huruf U dengan tangkai berupa huruf I serta daun yang ada di sebelah kana nada huruf N sehingga dapat dibaca menjadi UIN. Perpaduan corak antara timur dan barat mengandung visi dan misi UIN yang ingin menepis dikotomi dalam keilmuan menuju sebuah integrasi dan interkoneksi pada bidang keilmuan yang sedang menuju peradaban yang unggul.

Sedangkan a visual bunga dimaknai sebagai keindahan, keharuman serta kesejukan  bagi lingkungan sekitar selama menjalankan kiprahnya. Hal ini juga sebagai wujud karakter manusia yang memiliki sifat rahmatan lil alamin. Warna kuning emas didalam kelopak bunga memiliki filosofi bahwa UIN Suka hendak menjadi unggul dan terkemuka, Tapi tetap memiliki sifat santun dan rendah hati.

Selanjutnya, logo UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang berwarna hijau selain memiliki sifat religious juga melambagkan sebuah kontinuitas, kesegaran, alami dan terus beregenerasi dalam menciptakan inovasi yang tiada henti.

Sarana dan Prasarana

Sebuah lembaga pendidikan saat ini memiliki sebuah tuntutan, dimana harus membuat sebuah kontribusi yang dapat meningkatkan nation competitiveness dalam rangka menghasilkan pendidikan berkualitas bagi bangsa Indonesia. Hal ini diwujudkan oleh UIN Suka dengan tempat pendidikan yang unggul dalam rangka menjalankan perkuliahan.

Hal tersebut dilakukan dengan tersedianya berbagai sarana dan fasilitas yang meliputi masjid, perpustakaan, laboratorium, poliklinik, pasca sarjana, pusat computer, pusat riset, pusat administrasi, student center, kelas teatrikal, sport venue, multipurpose building, campus service center, university club house, language and culture center.

Berikutnya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyediakan university press, university clubb house, guest house, play group, lecture hall serta yang terakhir terdapat training center. Kemudian, ada taman, parkir, serta ruangan kelas yang memadai bagi seluruh civitas akademika UIN Suka dengan ruangan representatif berbasis IT.

Hal tersebut didukung pula dengan anjungan computer, anjungan mesin absensi, peralatan laboratorium yang terpadu, peralatan sistem informasi yang terpadu, peralatan poliklinik, peralatan multimedia center, laboratorium psikologi, laboratorium Bahasa, sistem pada perpustakaan yang telah menggunakan ELMS dengan sistem pengkodean RFID yang paling canggih di Indonesia.

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta memiliki sejarah, visi misi, tujuan, lambang dan logo serta sarana dan prasarana dalam perkuliahan yang ditujukan dalam rangka membangun kajian keilmuan yan integratif dan interkonektif. Kemudian, ploting research center. Selain itu, IT yang terintegrasi, kemitraan dengan dalam dan luar negeri serta standar mutu lulusan dan pelayanan yang tinggi.

Anda dapat berkunjung pada halaman website universitas123.com guna memperoleh berbagai referensi terkait dunia perkuliahan. Pastinya anda membutuhkannya sebagai bekal persiapan melanjutkan studi ke jenjang berikutnya, bukankah begitu?

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait