5 Universitas Dengan Fakultas Psikologi Terbaik di Indonesia, Catat Sekarang!

Bacaan Umum
Universitas123 | 15 July 2021
5 Universitas Dengan Fakultas Psikologi Terbaik di Indonesia, Catat Sekarang!

Bagi kamu yang sedang menjelang kelulusan SMA dan tertarik dengan dunia psikologi, pasti ingin masuk ke fakultas psikologi terbaik di Indonesia. Selain karena punya reputasi yang gemilang, kesempatan untuk mengembangkan diri pun jadi lebih maksimal.

Mungkin kamu sendiri akan bingung menentukan mana yang terbaik, karena setiap universitas tentu menawarkan kualitas dan program yang mumpuni. Belum lagi berbagai fasilitas yang menunjang perkuliahan dan kegiatan kemahasiswaan lainnya.

Bukan hanya perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi swasta juga punya keunggulan tersendiri. Namun dari sekian fakultas psikologi yang tersebar di seluruh Indonesia, berikut ini adalah 5 universitas yang patut kamu pertimbangkan.

1. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Jika umumnya fakultas psikologi berada dalam rumpun ilmu soshum, Unpad justru menempatkan fakultas ini ke dalam saintek. Jadi tentunya ini kabar baik untuk siswa lulusan IPA yang berminat melanjutkan studi psikologi.

Setelah menjadi mahasiswa, kamu bisa memilih salah satu dari 5 departemen. Kelimanya adalah psikologi perkembangan, psikologi sosial, psikologi klinis, psikologi industri dan organisasi, serta psikologi umum dan eksperimen.

Lalu mengapa psikologi Unpad cocok buatmu? Ini bisa dilihat dari riset-riset akademis mahasiswanya yang terdaftar SSN. Belum lagi riset-riset dosen yang berskala nasional hingga internasional, memastikan kualitas pengajaran tetap up to date dan berkualitas.

Sembari berkuliah, asah juga kemampuan di bidang lain dengan bergabung bersama beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Seperti bidang kesenian, olahraga, ataupun kegiatan ilmiah.

2. Universitas Indonesia (UI)

Siapa yang tidak kenal dengan kepopuleran fakultas psikologi UI? Tidak hanya populer. Psikologi UI bahkan salah satu yang mampu menghasilkan insan-insan berpengaruh dan siap berkontribusi. Misalnya saja Kak Seto, Rachel Amanda, hingga Dessy Ratna Sari yang jadi beberapa dari alumninya.

Ketika mendaftar nantinya kamu bisa memilih program kelas sesuai kebutuhan, apakah itu reguler, khusus internasional, atau paralel. Khusus untuk program internasional, UI telah bekerja sama dengan Queensland University sehingga mahasiswa bisa berkesempatan mendapatkan perkuliahan di universitas tersebut.

Perkuliahan pun jadi semakin nyaman dengan dukungan sarana prasarana lengkap. Mulai dari perpustakaan, area diskusi, lab komputer, sampai lab observasi dan wawancara. Sementara bagi mahasiswa yang aktif dalam kegiatan kemahasiswaan, ruangan BEM dan lapangan olahraga juga tersedia.

3. Universitas Gajah Mada (UGM)

Dengan perolehan Sertifikasi Asean University Network-Quality Assurance (AUN-QA) 2018, maka wajar saja UGM memiliki Fakultas Psikologi Terbaik di Indonesia. Karena itulah cocok sekali bagi kamu yang ingin menuntut ilmu dengan para pengajar profesional di tempat yang telah diakui berstandar.

Tapi apabila kamu gagal mendaftar kelas internasional UI, jangan khawatir sebab psikologi UGM juga menyediakan 2 program kelas. Keduanya adalah Regular dan International Undergraduate Program (IUP).

Lebih asyiknya lagi, setelah resmi menjadi mahasiswa IUP, kamu berkesempatan untuk berkuliah di universitas luar negeri manapun. Cabang kegiatannya pun bervariasi, seperti pertukaran mahasiswa, short course, international conference, magang penelitian, dan program volunteering. Menarik, ya?

Bila kamu senang melakukan penelitian dan bercita-cita melakukannya di UGM, kegiatan ini pastinya akan semakin maksimal dengan dukungan sarana lab. Di antaranya adalah Lab Eksperimen Psikologi dan Lab Psikodiagnostika.

4. Universitas Muhamadiyah Malang (UMM)

Meskipun berpredikat sebagai universitas swasta, jangan khawatir karena fakultas psikologi UMM terakreditasi A oleh BAN-PT. Kualitasnya yang sangat baik ini bisa terlihat dari 2 kelas kuliah yang tersedia, yaitu reguler dan kelas internasional.

Lewat program-programnya inilah, psikologi UMM telah melahirkan mahasiswa-mahasiswa yang berwawasan maju, luas dan peduli terhadap masyarakat. Maka tak heran kalau psikologi UMM pernah berperan aktif membantu pemulihan psikologis pada pengungsi wilayah terdampak bencana.

Untuk soal fasilitas dan sarana, dijamin kamu akan betah di kampus karena area lobinya bisa digunakan 24 jam. Pas sekali untuk berbagai kegiatan kemahasiswaan seperti kerja kelompok, rapat, atau persiapan lomba.

5. Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta

Sama seperti UMM, Atma Jaya Jakarta juga merupakan universitas swasta yang terakreditasi A oleh BAN-PT. Uniknya jurusan yang tersedia tergolong beda dari universitas sebelumnya.

Untuk jenjang S1 tetap dikhususkan pada Ilmu Psikologi. Namun jenjang S2, kamu bisa memilih Psikologi Industri atau Organisasi, Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan Anak, Remaja, dan Sains Psikologi.

Selain terdepan dalam variasi pilihan jurusan, Atma Jaya Jakarta juga unggul untuk soal riset akademis. Nah, hal inilah yang membuat Psikologi Atma Jaya Jakarta patut dipertimbangkan. Karena sebelumnya telah bekerja sama dengan Hochschule Niederrhein University of Applied Science.

Inilah mengapa penelitian-penelitian beserta publikasi ilmiah mahasiswa mampu bertaraf nasional bahkan internasional. Jadi tak ada lagi alasan untuk tidak mencoba daftar di sini.

Demikianlah informasi 5 Universitas Dengan Fakultas Psikologi Terbaik di Indonesia. Tetap berusaha semaksimal mungkin dan cobalah cari informasi mengenai beasiswa agar meringankan kuliah. Kamu bisa temukan banyak informasinya di Universitas 123 dengan daftar sekarang!

Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Negeri Perguruan Tinggi Swasta

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait