Rekomendasi Universitas Perpajakan Swasta di Indonesia yang Harus Kamu Tahu

Bacaan Umum
Universitas123 | 16 August 2021
Rekomendasi Universitas Perpajakan Swasta di Indonesia  yang Harus Kamu Tahu

Sebenarnya terdapat beberapa rekomendasi universitas perpajakan swasta di Indonesia yang bisa kamu jadikan tujuan untuk menuntut ilmu. Secara umum, materi perkuliahannya pun tak memiliki perbedaan yang signifikan dengan beberapa universitas negeri yang lainnya. Di mana saja rekomendasi perguruan tinggi swasta tersebut? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY)

UMBY rupanya memiliki jurusan Akuntansi yang memiliki konsentrasi di bidang Perpajakan. Berada di bawah naungan Fakultas Ekonomi, jurusan Perpajakan memiliki akreditasi A di universitas keren satu ini. Beberapa lulusannya diharapkan bisa menjadi aset SDM yang bisa mengelola keuangan perusahaan seperti auditing, sistem informasi akuntansi, hingga akuntansi keuangan.

Adapun beberapa kemudahan yang ditawarkan oleh universitas perpajakan swasta satu ini adalah sebagai berikut.

  1. Memiliki sistem perkuliahan yang dirancang khusus per semester dengan dosen pengampu mata kuliah yang berkompeten.
  2. Disediakan sistem remedial atau ujian perbaikan pada beberapa materi yang memiliki nilai di bawah rata-rata agar mahasiswa bisa memperbaiki nilai IPK di semester tersebut
  3. Terdapat pembelajaran tatap muka dan E-learning
  4. Tugas akhir perkuliahan dapat diselesaikan dengan jalur skripsi (penelitian) atau non skripsi (mengambil mata kuliah lanjutan, kemudian ujian komprehensif)
  5. Beban SKS hingga akhir perkuliahan antara 144-160 SKS sebanyak 3.5 tahun hingga 4 tahun masa pembelajaran.

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)

Jurusan perpajakan berada di bawah program studi Manajemen dengan konsentrasi Manajemen Perpajakan di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). Berada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, kegiatan pembelajaran di dalamnya fokus pada pemberian pengetahuan di bidang ekonomi dan bisnis, serta hukum-hukum perpajakan di Indonesia.

Di antara beberapa materi yang akan kamu dapatkan di universitas perpajakan swasta satu ini antara lain sebagai berikut.

  1. Dasar-dasar akuntansi
  2. Akuntansi perpajakan
  3. Penilaian perpajakan
  4. Etika administrasi
  5. Kebijakan umum perpajakan
  6. Pajak penghasilan orang pribadi
  7. Perpajakan nasionnal
  8. Kepabeanan dan cukai
  9. Dasar hukum binsis
  10. Investigasi dan penyidikan pajak

Universitas Merdeka Malang (Unmer)

Universitas Merdeka Malang memiliki jurusan perpajakan di bawah naungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis dalam jenjang pendidikan D3. Visi dari program studi D3 Akuntansi dan Perpajakan di Unmer Malang yakni menjadi salah satu program studi terkemuka di bidangnya, sehingga bisa mengembangkan SDM secara utuh dan mampu bersaing di ranah nasional dan internasional.

Untuk mewujudkannya, misi yang akan dilakukan universitas perpajakan swasta di Jawa Timur ini yakni sebagai berikut.

  1. Berkontribusi dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat. Mahasiswa diberikan fasilitas untuk bisa melakukan penelitian dan publikasi ilmiah untuk meningkatkan reputasi lembaga dan institusi pendidikan terkait.
  2. Bisa melakukan tata kelola program studi yang berbasis DSS (Decision Support System) agar tercipta sebuah sentralisasi administrasi dan desentralisasi akademik. Hal ini juga harus didasarkan pada tata kelola perguruan tinggi yang baik (good university governance). Dengan demikian, semua pihak bisa terlibat aktif untuk kemajuan bersama.
  3. Menjalin kemitraan dengan berbagai pihak agar mahasiswa dan masyarakat bisa bekerja sama dalam prinsip kesetaraan dalam bersosialisasi. Lulusan dari PTN dan PTS di negeri ini diharapkan bisa menjadi jembatan baru untuk menghadirkan solusi atas permasalahan terkait dengan akuntansi dan perpajakan yang ada dalam masyarakat

STIE Indonesia Surabaya

STIE Indonesia Surabaya (STIESIA) bisa menjadi rujukan universitas perpajakan swasta pilihanmu dalam menuntut ilmu. Diadakan dalam program D3, program studi Manajemen Perpajakan di perguruan tinggi satu ini diharapkan bisa memiliki kualifikasi sebagai Konsultan Perpajakan, Tax Specialist, Tax Management hingga sebagai salah satu Pegawai Pemerintahan.

Tujuan jangka panjang dari pembelajaran di bidang perpajakan ini untuk para lulusannya antara lain sebagai berikut.

  1. Memahami ilmu dasar perpajakan, akuntansi, dan manajemen bisnis
  2. Mengerti tentang tata pelaksanaan transaksi keuangan perusahaan yang berlaku, termasuk dalam hitungan dan potongan pajak.
  3. Terampil dalam menyusun laporan perpajakan sebuah badan usaha atau perorangan sesuai dengan hukum dan undang-undang yang berlaku.

STPI Pajak (Sekolah Tinggi Perpajakan Indonesia)

Sekolah Tinggi satu ini khusus memberikan pembelajaran di program studi perpajakan. Penjurusan yang ada di dalamnya ada dua: Akuntansi Pajak dan Manajemen Pajak. Akuntansi Pajak akan banyak belajar tentang sistem perhitungan perpajakan, strategi perpajakan, dan analisis potensi pajak di masa yang akan datang.

Sedangkan dalam jurusan Manajemen Pajak, kamu akan diajak untuk belajar tentang Dasar Manajeman Pajak, Penyusutan Revaluasi, Laporan Fiskal, Perencanaan Pajak Domestik, dan lainnya. Kedua jurusan akan memberikan informasi dan pembelajaran yang akan bermanfaat dalam proses bekerja setelah lulus nanti.

Kesimpulan

Beragam universitas perpajakan swasta di Indonesia di atas bisa menjadi referensi tambahan bagimu bila ingin berkuliah di jurusan satu ini. Prospek pekerjaan yang cukup menjanjikan, menjadikan jurusan perpajakan sebagai salah satu program studi yang banyak dilirik oleh para mahasiswa baru. Jika kamu tak mau ketinggalan info terkini tentang perkuliahan, jangan lupa kunjungi www.universitas123.com ya!

Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Swasta

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait