Update Informasi Pendaftaran Akademi Meteorologi dan Geofisika (STMKG)

Bacaan Umum
Universitas123 | 17 June 2022
Update Informasi Pendaftaran Akademi Meteorologi dan Geofisika (STMKG)

Akademi Meteorologi dan Geofisika kini sudah berubah nama menjadi Akademi Meteorologi dan geofisika atau kamu mungkin mengenalnya dengan sebutan STMKG. Sekolah tinggi tersebut kini mempunyai beberapa pilihan program studi yaitu Meteorologi, klimatologi, geofisika, juga instrumentasi.

Kali ini kamu bisa mempelajari tentang bagaimana pendaftaran di sekolah tinggi tersebut. Ketika ingin mendaftar, maka hal yang harus memperhatikan yaitu jenis seleksi masuk dan cara pendaftaran.

Tahap Seleksi Calon Taruna di Akademi Meteorologi dan Geofisika

Sebagai lembaga pendidikan kedinasan, Akademi meteorologi dan geofisika merupakan sekolah yang berada pada pengawasan badan meteorologi klimatologi dan geofisika (BMKG). Keuntungan menjadi mahasiswa di sekolah ini adalah biaya kuliah 100% gratis karena sudah ditanggung negara. Bahkan kamu juga bisa memperoleh uang makan per bulan, uang kesejahteraan setiap 3 bulan, dan dan keuntungan lainnya

Ketika ingin menjadi Taruna atau taruni di STMKG, maka kamu harus mengikuti seleksi terlebih dahulu. Perlu diketahui bahwa terdapat sistem gugur pada tiga tahap seleksi masuk sekolah tersebut yaitu:

  1. Tahap SKD (seleksi kompetensi dasar)
  2. Tahap SKB (seleksi kompetensi bidang) pada mata pelajaran matematika, Fisika, dan bahasa Inggris
  3. Tes kebugaran, wawancara, dan tes kesehatan

Pelamar di STMKG harus membayar biaya daftar sebesar Rp75.000 dan mengikuti seleksi kompetensi dasar dengan membayar biaya sebesar Rp50.000. Selama proses seleksi berjalan sampai pendaftaran ulang maka kamu harus menanggung biaya sepenuhnya. Tetapi jika sudah diterima sebagai taruna, maka seluruh biaya pendidikan sudah ditanggung negara. Selama melanjutkan studi di STMKG, tidak tersedia asrama untuk calon taruna.

Tata Cara Pendaftaran

Jika kamu sudah mempelajari apa saja tahap seleksi dan sudah memenuhi persyaratan, maka berikut adalah cara pendaftaran di STMKG atau Akademi meteorologi dan geofisika:

  1. Calon Taruna melakukan pendaftaran dengan mengakses laman panitia secara online. Terdapat panitia seleksi nasional pendidikan kedinasan dengan situs resmi: dikdinn.bkn.go.id
  2. kamu bisa mengisi formulir terlebih dahulu untuk pendaftaran pada bagian laman penerimaan Taruna baru stmkg pada bagian ptb.stmkg.ac.id
  3. Calon Taruna harus bisa memenuhi seluruh persyaratan sebelum melakukan pendaftaran. Jika ternyata tidak memenuhi syarat, maka secara otomatis akan dibatalkan atau tidak diterima sebagai Calon Taruna. Biaya yang sudah kamu keluarkan untuk mengurus proses pendaftaran tidak dapat diambil kembali.
  4. Calon Taruna hanya boleh daftar pada satu sekolah kedinasan milik Kementerian atau lembaga. Jika ternyata terdapat temuan bahwa Kamu mendaftar pada lebih dari satu sekolah  kedinasan milik pemerintah maka akan dinyatakan gugur.
  5. Untuk melihat bagaimana cara mengisi formulir pendaftaran, kamu harus berkunjung pada alamat berikut: ptb.stmkg.ac.id
  6. Bayar biaya pendidikan yaitu Rp75.000 jika biaya pelaksanaan pada seleksi kompetensi dasar yaitu Rp50.000.

Setiap tahunnya, STMKG secara rutin terus menerima Calon Taruna baru termasuk untuk Tahun 2022. Pada tahun 2021 pendaftaran dibuka pada tanggal 9 April 2021 sampai 30 April 2021.

Proses seleksi dimulai dengan seleksi kompetensi dasar dan seleksi lanjutan pada 10 Kantor Pusat Badan Kepegawaian Negara dan juga kantor lainnya dengan menggunakan sistem tes yang berbasis komputer di beberapa kota besar seperti Kota Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Makassar, Mataram, Medan, Sorong, Palembang, Maluku Utara, dan Jayapura.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait