Wajib Tahu! Ini Perbedaan Artikel dan Jurnal

Bacaan Umum
Universitas123 | 02 December 2021
Wajib Tahu! Ini Perbedaan Artikel dan Jurnal

Masuk dunia perkuliahan kamu akan menemukan berbagai macam tugas. Sebagai seorang mahasiswa kamu harus terbiasa dengan berbagai macam tugas penulisan baik berupa jurnal maupun artikel.

Tidak semua mahasiswa sudah menguasai dan memahami tentang jenis-jenis penulisan. Bahkan, beberapa di antaranya mungkin tidak bisa membedakan antara jurnal dan artikel.

Sebenarnya, perbedaan jurnal dan artikel memang sulit untuk diketahui. Bahkan beberapa mahasiswa lama yang sudah senior belum tentu bisa mengetahui perbedaan dari jurnal dan artikel. Untuk itu kamu harus mempelajari dengan baik, sehingga nanti mampu membedakan antara jurnal dan artikel ketika diberikan tugas oleh dosen.

Pengertian Jurnal dan Artikel

Sebelum mengetahui apa saja yang menjadi perbedaan antara jurnal dan artikel, sebaiknya kamu bisa memahami pengertian dari masing-masing, seperti berikut.

Apa itu Jurnal?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, jurnal adalah sebuah majalah yang memuat berbagai macam artikel di dalam bidang ilmu tertentu. Jadi di dalam jurnal harus tersedia artikel.

Jurnal sendiri memiliki berbagai macam jenis, mulai dari jurnal penelitian, jurnal online, jurnal nasional, jurnal internasional, jurnal cetak, dan masih banyak lagi lainnya.

Semua jenis jurnal tersebut tentu memiliki fungsi masing-masing. Misalnya, seperti jurnal cetak yang banyak digunakan oleh dosen dan mahasiswa. Jurnal cetak ini biasanya diumumkan secara terbuka.

Apa itu Artikel?

Artikel adalah sebuah karangan faktual yang lengkap dengan ukuran panjang tertentu sehingga dapat dipublikasikan secara langsung (cetak) atau melalui media sosial. Tujuan dari artikel ini untuk menyampaikan gagasan maupun fakta yang bisa meyakinkan, menambah ilmu pengetahuan, ataupun menghibur.

Artikel juga bisa berisi tentang sejarah, petualangan, argumentasi, maupuan hasil penelitian. Artikel juga bisa didefinisikan untuk masuk kategori non fiksi dan ditulis secara lengkap berdasarkan opini yang dimiliki oleh seorang penulis.

Untuk membuat sebuah artikel, kamu harus mengetahui berbagai macam jenisnya lebih dulu, seperti narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, maupun persuasi.

Perbedaan Jurnal dan Artikel

Sebenarnya jika dilihat dari definisi, jurnal dan artikel memang jauh berbeda. Tetapi untuk membuat kamu lebih paham, berikut beberapa perbedaan jelas antara artikel dan jurnal.

  • Penulisan artikel dapat berupa esai. Sedangkan jurnal berupa catatan penelitian.

  • Artikel tidak menggunakan data tabel, namun hanya berupa angka. Sedangkan jurnal harus memiliki data dan gambar dari sebuah penelitian.

  • Artikel ditulis oleh satu orang saja. Penulisan jurnal dapat ditulis oleh satu orang maupun lebih.

  • Artikel menggunakan bab dan juga poin dalam penulisan. Sedangkan jurnal tidak menggunakan bab.

  • Penulisan artikel ada pembuka, isi dan penutup. Sedangkan untuk jurnal harus ada, judul, abstrak, pendahuluan, bahan, metode, hasil, kesimpulan, dan daftar pustaka.

Dengan mengetahui perbedaan jurnal dan artikel, kamu dapat mengerjakan tugas yang diberikan dengan baik dan benar.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait