Universitas Islam Indonesia

Magister Kenotariatan

Regular Class
Universitas123 - Akademik

Profil

Rekognisi Global Untuk Profesi Kenotariatan Handal

Program Studi Magister Kenotariatan Fakultas Hukum UII adalah Program Magister Kenotariatan yang pertama kali di lingkungan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Daerah Istimewa Yogyakarta dan sampai saat ini belum ada PTS lain yang menyelenggarakan prodi yang sama. Meskipun usia program ini masih muda tetapi peminat untuk program ini datang dari berbagai perguruan tinggi ditanah air (tercatat sebaran asal mahasiswa dari 89 perguruan tinggi di indonesia).

Program Studi Magister Kenotariatan Fakultas Hukum UII berdiri sejak 2014 berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 104/P/2014 tentang Izin Penyelenggaraaan Program Studi Kenotariatan, Program Magister (S-2) Pada Universitas Islam Indonesia di Yogyakarta, yang diselenggarakan oleh Yayasan Badan Wakaf Universitas Islam Indonesia, tanggal 10 Maret 2014.

Saat ini Program Studi Magister Kenotariatan Fakultas Hukum UII tergabung dalam Forum Kerjasama Program Studi Magister Kenotariatan Perguruan Tinggi Swasta Se-Indonesia (FK PSMKn.PTS). Forum ini telah berbadan hukum berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia No. AHU-00108.60.10.2014 tentang Pengesahan Pengurus Badan Hukum Perkumpulan Forum Kerjasama Program Studi Magister Kenotariatan Perguruan Tinggi Swasta Se-Indonesia.

Keunggulan Program Magister Kenotariatan FH UII berupa kurikulum yang didesain untuk mewujudkan kompetensi dalam 2 bidang sekaligus pembuatan akta dan akad syariah. Oleh karena itu, struktur keilmuan terus akan diperkuat untuk mendukung keunggulan di atas. Dalam implementasinya, kurikulum ini didukung oleh tenaga pengajar yang profesional di bidangnya. Semua aspek terkait profesi notaris diajar oleh para notaris yang meskipun sebagai prakstisi namun memiliki pengalaman dibidang akademis (bergelar doktor). Demikian juga penyusunan tesis harus dibimbing dengan melibatkan notaris yang kompeten. Di samping kompetensi Program Magister Kenotariatan FH UII dirancang untuk membekali lulusan dengan nilai akhlakul karimah dan etika profesi yang kuat, sebuah modal karakter yang sangat diperlukan untuk menjalani profesi notaris yang sangat banyak tantangannya.

Siapa yang Bisa Mengikuti Program Ini?

Lulusan S1 Sarjana Hukum dari Program Studi Ilmu Hukum.

Peluang Karier

Lulusan bekerja dalam profesi kenotariatan atau profesi yang terkait dengan kenotariatan seperti notaris. Lulusan juga dapat bekerja sebagai akademisi seperti dosen atau melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi (doktor/S3).



Universitas123 - Berita

Lokasi

Universitas Islam Indonesia
Utama

Universitas Islam Indonesia

Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta 55584 Indonesia

User Profile

Universitas123
Preloader Image
Please Wait
Logo