Ini Dia Manfaat Kerja Bakti Di Sekolah Yang Bakal Bikin Kamu Gak Malas Lagi!

Bacaan Umum
Universitas123 | 20 December 2021
Ini Dia Manfaat Kerja Bakti Di Sekolah Yang Bakal Bikin Kamu Gak Malas Lagi!

Apakah kamu pernah mendengar pepatah "kebersihan adalah pangkal kesehatan"? Di setiap lingkungan, baik di sekolah, kantor maupun tempat lainnya kebersihan tidak bisa dianggap sebagai hal yang sepele. Sebab, jika kita berada di lingkungan yang bersih, maka kita pun akan selalu merasa nyaman dalam melakukan apapun aktivitas kita di lingkungan tersebut. Di samping itu, dengan lingkungan yang bersih, kita sebagai warga yang berkecimpung di sana juga akan terhindar dari berbagai penyakit seperti demam berdarah (DBD), malaria, kolera dan penyakit lainnya yang bersumber dari lingkungan yang kotor.

Manfaat Kerja Bakti Di Sekolah

Seperti halnya kebersihan rumah menjadi tanggung jawab seluruh anggota keluarga, kebersihan di sekolah menjadi tanggung jawab seluruh warga sekolah. Yang dimaksudkan warga sekolah di sini  berarti mencakup semua anggota, mulai dari siswa, guru, jajaran staf, satpam hingga warga sekitar. Di sekolah sendiri, upaya menjaga kebersihan ini salah satunya biasa dilakukan dengan mengadakan kegiatan kerja bakti di setiap minggu atau waktu tertentu. 

Bagi kamu yang belum ataupun sudah pernah melakukan kerja bakti di sekolah, tahukah kamu apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan kerja bakti di sekolah? Yuk intip penjelasannya di bawah ini!

Lingkungan Menjadi Bersih

Manfaat yang utama adalah membuat lingkungan menjadi bersih. Siapa sih yang tidak ingin berada di lingkungan bersih? Dengan melakukan aktivitas kerja bakti seperti menyapu, mengepel, membersihkan debu ataupun memotong rumput yang sudah meninggi di halaman dapat membuat lingkungan sekolahmu menjadi bersih. Kamu juga bisa menanam bunga atau pohon di sekitaran sekolah untuk menambahkan kesan asri dan rindang. Sehingga seluruh warga sekolah pun dapat merasa nyaman dengan lingkungan yang bersih dan indah.

Terhindar Dari Wabah Penyakit

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dengan melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah, berarti kamu juga telah melakukan upaya untuk terhindar dari berbagai macam wabah penyakit yang berbahaya. Contohnya, demam berdarah yang bersumber dari jentik nyamuk di air yang menggenang, atau kolera yang berawal dari sampah yang menumpuk. Dengan begitu, melakukan kerja bakti telah membuatmu sekaligus melakukan tindakan pencegahan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti terserang penyakit. Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan?

Melatih Siswa Untuk Bekerjasama dan Saling Tolong Menolong

Kerja bakti yang mengerahkan seluruh warga sekolah, otomatis juga membuat siswa saling bekerjasama dan bahu membahu dalam membersihkan lingkungan sekolah bersama-sama. Dengan melakukan kegiatan tersebut secara bersama-sama, waktu untuk menyelesaikan pekerjaan pun menjadi lebih singkat karena seluruh warga akan saling membantu.

Menghapus Jarak Antara Guru dan Murid

Dengan melakukan kegiatan kerja bakti, manfaat lain yang bisa didapatkan adalah terhapusnya jarak antara guru dan murid serta atasan dan bawahan, yang umumnya canggung dan kaku menjadi lebih santai dan dekat. Tak ada lagi tingkatan lebih tinggi dan rendah, karena melalui aktivitas ini semua peserta kerja bakti berstatus warga sekolah yang memiliki satu tujuan yang sama yaitu menciptakan lingkungan yang bersih. Guru juga dapat memanfaatkan momen ini untuk melakukan pendekatan lebih dalam pada murid-muridnya. Dengan begitu, rasa saling memahami dan keakraban antar siswa dan guru pun akan tercipta.

Meningkatkan Kepekaan Murid Terhadap Kebersihan Lingkungan

Dengan melakukan kegiatan kerja bakti, diharapkan para siswa dapat meningkatkan kepekaannya terdapat kebersihan lingkungan. Dalam hal ini, sesama murid dan guru perlu memberikan contoh yang baik serta memberikan teguran apabila terdapat siswa yang mangkir atau sulit untuk diajak bekerja sama. Perlu diingatkan bahwa mereka perlu lebih sadar dan perhatian akan kebersihan lingkungan karena terkadang, tak dapat dipungkiri kalau sampah yang berserakan di sekitar adalah ulah mereka dan nantinya jika dibiarkan imbasnya pun akan terasa juga oleh mereka.

Menyingkirkan Kejenuhan Siswa Setelah Belajar

Kerja bakti dapat jadikan sarana pembelajaran di luar kelas yang santai untuk menyingkirkan kejenuhan sepanjang mengikuti pelajaran di dalam kelas. Hal ini juga dapat memberikan selingan pembelajaran psikomotorik dan dapat juga mendorong kreativitas siswa, karena kerja bakti berkaitan dengan fisik jadi membutuhkan tenaga yang cukup untuk melakukan aktivitas ini. Kreativitas siswa dapat tersalurkan jika diadakan kompetisi kebersihan antar kelas, sehingga mereka dapat mendorong dan menumpahkan segala daya dan upaya serta imajinasi kreatifnya dalam menghias kelas dan mempercantik kelas menjadi lebih indah dan nyaman.

Baca Juga : Alasan masuk MPK yang wajib anak SMA tahu

Jadi, jangan malas lagi ya setelah mengetahui berbagai manfaat kerja bakti seperti yang telah diuraikan di atas! 

Untuk mengetahui berbagai artikel informatif dan tak kalah menarik lainnya, kunjungi website Universitas123.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait