Please Wait
Logo

Bingung Apa Perbedaan UTBK dan SBMPTN? Baca Dulu, Yuk!

Bacaan Umum
Universitas123 | 17 februari 2022

Ingin masuk PTN tapi bingung dengan berbagai istilah, termasuk perbedaan UTBK dan SBMPTN yang sering kamu dengar? UTBK adalah nama ujiannya, dan merupakan singkatan Ujian Tulis Berbasis Komputer. Sedangkan SBMPTN bermakna Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

UTBK dan SBMPTN adalah istilah jalur masuk PTN, keduanya punya maksud sama yaitu seleksi PTN jalur ujian. Kalau memang maknanya sama, mengapa harus ada dua istilah? Mengapa harus ada kata UTBK dan masih ada istilah lagi SBMPTN? Agar kamu tidak bingung, bisa kamu pelajari keduanya.

Umumnya, terdapat tiga jalur masuk ke PTN, sebagaimana berikut:

  • SNMPTN – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Seleksi ini juga kerap disebut sebagai jalur undangan. Hanya siswa pilihan saja yang berprestasi dan bisa ikut SNMPTN.
  • SBMPTN – Seleksi ini menggunakan sistem ujian serentak, seperti UN tapi tujuannya menjaring pelajar masuk PTN, adalah singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.
  • Seleksi Mandiri – Seleksi masuk PTN, setiap PTN punya komponen tes dan seleksi masing-masing.

SBMPTN Dari Waktu Ke Waktu

SBMPTN merupakan jalur tes yang populer untuk masuk ke PTN. Sejak tahun 70-an, SBMPTN sudah ada dengan istilah Sipenmaru. Lalu, berubah jadi UMPTN, SPMB, dan muncul SNMPTN Tertulis lalu berubah jadi SBMPTN.

Overall, namanya selalu berbeda dan mekanismenya selalu sama. Yaitu tes seleksi secara serentak untuk menentukan apakah kamu bisa masuk ke PTN sesuai jurusan pilihan atau tidak.

Tahun 2018, Mohamad Nasir selaku Menristek Dikti mengubah sistem masuk PTN dengan menghadirkan test center, layaknya tes TOEFL. Konsep tersebut akhirnya terwujud pada tahun 2019, dengan adanya UTBK dan SBMPTN.

Tahun 2019 juga menjadi awal pembentukan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) selaku penyelenggara seleksi ujian masuk PTN, yaitu SNMPTN dan SBMPTN.

UTBK dan SBMPTN Terbaru

Lalu apa perbedaan UTBK dan SBMPTN pada tahun 2019 ini? Tes ini tidak lagi jadi tes serentak. SBMPTN adalah nama seleksi, sehingga kamu bisa pilih PTN dan Program Studi. Sedangkan seleksinya melalui UTBK, atau Ujian Tulis Berbasis Komputer.

Terdapat 20 jadwal UTBK, kamu bisa memilih jadwal tersebut. Masing-masing peserta hanya boleh mengikuti satu atau dua kali saja. Nilai dari tes tersebut sangat penting karena digunakan untuk daftar SBMPTN.

Tidak hanya untuk SBMPTN, tapi tesinjuga nanti hasilnya dapat berguna untuk seleksi mandiri PTS atau PTN. Semuanya kembali pada kebijakan kampus pilihan. Contohnya, tahun 2020 Universitas Negeri Surabaya menggunakan nilai UTBK untuk seleksi mandiri.

Kampus lainnya yang melakukan hal sama yaitu Universitas Brawijaya, UNY, UNS, UGM, dan terakhir adalah ITS. Sedangkan perguruan tinggi swasta yang menggunakan kebijakan tersebut adalah Unpad, UMY, Telkom University, dan lainnya.

Baca juga : Kenali dunia perkuliahan dan istilahnya

Dari informasi ini, kamu tidak perlu bingung lagi dengan perbedaan UTBK dan SBMPTN. Keduanya, sama. UTBK itu adalah istilah ujiannya, sedangkan SBMPTN adalah istilah jalur masuk ke PTN.

UTBK dan SBMPTN adalah dua hal berbeda, tapi saling berhubungan. Hasil ujian sangat penting karena dapat digunakan untuk daftar SBMPTN atau seleksi lain sesuai kebijakan kampus. Jika kamu ingin masuk ke PTN melalui jalur masuk SBMPTN, maka kamu wajib ikut ujian tertulis pada tahun yang sama.

Misalnya, kamu ingin ikut SBMPTN tahun 2020, maka UTBK yang harus kamu ikuti adalah UTBK tahun 2020, tidak boleh tahun sebelumnya. Kalau kamu ikut UTBK, belum tentu juga bisa ikut SBMPTN. Kalau sudah lulus SNMPTN pada tahun yang sama, kamu tidak diperbolehkan ikut SBMPTN.

SBMPTN UTBK

User Profile

Universitas123