5 Universitas Swasta Terbaik Malang yang Harus Kamu Tahu!

Bacaan Umum
Universitas123 | 27 February 2023
5 Universitas Swasta Terbaik Malang yang Harus Kamu Tahu!

Kualitas dari perguruan Universitas swasta terbaik di Malang yang dijuluki sebagai kota pelajar ini tidaklah kalah dengan kampus negerinya. Bahkan, untuk beberapa prodi, mutu dari kampus swasta ini jauh lebih baik jika dibandingkan dengan kampus negeri, bahkan jika ditinjau dari segi biayanya.

Jadi, jika memang kamu tidak bisa dan tidak berhasil masuk ke Perguruan Tinggi Negeri, maka kamu pun bisa memilih salah satu kampus swasta yang ada di kota Malang ini. 

Universitas Swasta Terbaik Malang Mana yang Kamu Suka?

Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta ini bisa kamu sesuaikan dengan jurusan yang kamu inginkan. Dan inilah beberapa gambaran kampus swasta di kota Malang yang cukup berkualitas.

1. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Universitas Muhammadiyah Malang atau yang sering disebut dengan UMM atau UNMUH ini merupakan salah satu kampus swasta terbesar yang ada di Kota Malang. Bahkan, UMM ini digadang-gadang menjadi salah satu universitas swasta terbesar di Indonesia.

Jumlah mahasiswanya sendiri setara dengan mahasiswa dari Universitas Brawijaya Malang. Kampus dari UMM ini ada di 3 lokasi sekaligus, yakni di Sumbersari, di Jalan Bandung untuk Pascasarjana, dan kampu megahnya sendiri berada di daerah Landungsari atau Perbatasan Malang dengan Batu.

Kampus UMM ini memiliki hotel, zona kuliner modern, balairung raksasa,  hingga rumah sakit yang megah dengan perlengkapan medis ultra modern. Nah, untuk bisa masuk ke Universitas Muhammadiyah Malang ini, maka kamu akan melewati tahapan seleksi yang cukup ketat. 

UMM sendiri merupakan kampus Islam yang terbesar di kota Malang dan merupakan Universitas swasta terbaik di Malang. Bahkan, meskipun kampus ini berbasis Islam, namun banyak sekali orang dari luar negeri yang kuliah di UMM, bahkan tidak sedikit juga mahasiswanya yang merupakan non muslim.

2. Institut Teknologi Nasional, ITN Malang

Kampus ini terletak di tengah kota Malang, lokasinya dekat dengan Universitas Brawijaya Malang. ITN Malang ini memiliki jurusan andalan dan rata-rata sangat berkualitas. 

Kampus pusat ini berada di sebelah selatan dari perempatan kampus UB. Beberapa jurusan yang sangat diandalkan dari ITN Malang ini adalah Teknik Sipil, Arsitektur, dan Planologi. ITN Malang sendiri memiliki kampus lain yang ada di daerah kabupaten Malang, yakni ada di Karangploso.

3. Universitas MA Chung

Kampus ini memang masih tergolong baru di kota Malang. Namun, kelebihan dari Universitas MA Chung ini meskipun baru dibuat tetapi langsung saja membangun sarana yang sangat lengkap, canggih, dan modern.

Kampus MA Chung ini memang dikhususkan bagi para mahasiswa kelas menengah keatas. Hal ini dikarenakan biaya yang dibebankan sangatlah mahal, serta lokasinya saja berada di perumahan paling elit di Tidar.

Banyak yang menyebut Universitas MA Chung ini sebagai kampusnya orang China, dimana yang mendominasi kuliah di kampus MA Chung ini memang keturunan China. Bagi kamu yang ingin berkuliah di kampus ini maka harus mempersiapkan dana yang besar terlebih dahulu.

Namun, kamu tidak perlu khawatir soal kualitasnya, karena kampus ini merupakan salah satu Universitas swasta terbaik di Malang  yang sudah dibekali dengan lab yang sangat canggih, dengan dosen rata-rata adalah seorang peneliti sekaligus jebolan dari kampus luar negeri.

4. Universitas Merdeka Malang (UNMER)

Universitas Merdeka Malang merupakan salah satu kampus bersejarah yang ada di kota Malang dan merupakan Perguruan Tinggi Swasta tertua di kota Malang. UNMER bernaung dibawah dukungan dari TNI (Kodam V Brawijaya) dan memiliki disiplin yang cukup tinggi serta manajemen yang sangat rapi.

Kampus ini pun sangatlah berkualitas, terlebih di beberapa jurusan diantaranya Teknik Mesin, Teknik Sipil dan Informatika, Ekonomi, Psikologi, serta Hukum. Selain itu, andalan dari UNMER adalah program D3 Perbankan, dan D3 Pariwisata yang hingga saat ini belum tersaingi oleh kampus manapun.

Lokasi dari UNMER ini sendiri berada di ujung Utara dari Jalan Besar Ijen. UNMER ini merupakan salah satu Universitas swasta terbaik di Malang yang juga memiliki program S3 Doktor cukup berkelas, karena didukung oleh tenaga pengajar dari pakar nasional.

UNMER juga menyelenggarakan sekolah advokat bagi mahasiswa yang berminat untuk menjadi seorang pengacara. Lokasi dari kampus UNMER ini berada di Jalan Terusan Dieng, tepatnya berada di bagian Barat dari Apartemen dan Dieng Mall.

5. Sekolah Tinggi Teknik Malang (STT Malang)

Sekolah Tinggi Teknik (STT) Malang atau yang sering disebut dengan kampus multimedia ini memiliki 5 lokasi kampus, yang antara lain berada di seberang Jalan Besar Soekarno Hatta. Nah, bagi kamu yang memang tertarik pada dunia informatika, maka sebaiknya pilih saja kampus STT Malang ini.

STT Malang akan segera launching TV lokal yang bermarkas di gedung Nasional Multimedia Center di dekat Perum elit Permata Jingga. Di kampu STT Malang ini juga terdapat program studi Arsitektur, Elektro, dan Sipil. Sejak tahun 2015 lalu, STT Malang sudah mulai membuka SMK NMC yang berbasis multimedia termodern di Malang Raya.

Jadi, Apakah Kamu Tertarik Untuk Masuk ke Salah Satu Universitas Swasta Terbaik di Malang, ini? Jika memang kamu tertarik untuk memilih salah satu universitas swasta terbaik yang ada di Malang ini, maka kamu bisa mendapatkan informasi lengkapnya di universitas123.

 

Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Swasta

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait