Please Wait
Logo
Universitas

POLITEKNIK TEMPO JAKARTA

Universitas123 - Akademik

Profil

Politeknik Tempo Jakarta didirikan oleh PT Tempo Inti Media Tbk., bersama para tokoh pendidikan, bisnis, dan industri melalui Yayasan Rumah Edukasi Tempo. Pendirian politeknik ini didasari oleh keinginan untuk ikut serta mengatasi kesenjangan (gap) yang terus terjadi antara lulusan perguruan tinggi dengan dunia kerja. Jumlah lulusan perguruan tinggi melimpah, kesempatan kerja sebetulnya juga cukup banyak. Sayangnya, tingkat pengangguran di kalangan lulusan perguruan tinggi masih besar. Rendahnya keterampilan dan kemampuan teknis seringkali menjadi ganjalan dunia kerja untuk merekrut lulusan perguruan tinggi.

Selain itu, pendirian Politeknik Tempo juga diilhami cita-cita agung yang tertera dalam UUD 1945: "...memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa..." Pemerintah tak mungkin sendirian menanggung tugas mulia itu. Atas dasar beberapa alasan tersebut, Yayasan Rumah Edukasi Tempo membangun sebuah perguruan tinggi yang diharapkan mampu menjawab tantangan kesenjangan itu atau yang kita kenal dengan istilah "Link & Match". Karena itulah, bentuk politeknik yang dipilih, bukan universitas atau institut. Sistem pembelajaran politeknik yang 60 persen praktik terbukti andal untuk melahirkan lulusan yang punya keahlian teknis disamping pengetahuan teoritis.

Dengan latar belakang pengalaman bisnis di industri media selama 50 tahun, dan sokongan para tokoh yang sudah malang melintang di dunia pendidikan, bisnis, dan industri, Politeknik Tempo berharap dapat menularkan pengetahuan dan best practices kepada para calon mahasiswa. Itu sebabnya, tiga program studi yang kami pilih berkaitan erat dengan bisnis Tempo Inti Media karena kami memiliki pengalaman dan kompetensi, yakni: Desain Media, Produksi Media, dan Manajemen Pemasaran Internasional.

Kompetisi, perkembangan sebuah perusahaan atau lembaga, bisnis atau produk baru, aksi-aksi korporasi, terutama juga krisis yang tak jarang menerpa sebuah perusahaan atau lembaga pemerintah, memerlukan solusi komunikasi total, tidak hanya dalam bentuk konvensional, tapi tentu saja juga dalam platform digital. Tidak hanya dalam bentuk teks, tapi juga video, infografik, motion graphics, atau videografik. Kami ingin mahasiswa Politeknik Tempo mampu menangkap peluang bisnis seperti itu, juga bagi mereka yang ingin membangun usaha sendiri.     

Dunia bisnis saat ini juga sudah sangat terdisrupsi oleh kemajuan teknologi digital, dan pada saat yang sama, pasar atau konsumen kian didominasi kaum milenial dan Gen Z yang sejak lahir sudah sangat karib dengan dunia digital. Informasi, hiburan, games, keuangan, dan sebut apa saja, semuanya sudah serba digital dan bisa diunduh dengan mudah melalui gadget kita, baik smartphone atau tablet. Konsumen makin terbiasa dengan e-commerce atau uang elektronik. 

Politeknik Tempo Jakarta hadir memberikan solusi bagi kaum muda yang berpikir jauh ke depan, kreatif, mandiri, dan siap kerja. 

Keunggulan

Politeknik adalah perguruan tinggi yang menyediakan pendidikan vokasi dalam berbagai ilmu pengetahuan. Vokasi adalah pendidikan yang ilmunya lebih menjurus dan berfokus pada suatu kualifikasi atau keahlian.  Berbeda dengan universitas yang lebih banyak memberi materi kuliah berupa teori, politeknik akan berfokus untuk memberi pengajaran keterampilan dan ilmu-ilmu terapan.

Tujuannya, agar lulusan politeknik bisa mempraktikkan keahlian yang dimiliki pada bidang pekerjaan yang dibutuhkan. Politeknik Tempo menyediakan tingkat pendidikan D4 atau biasa disebut dengan Diploma 4 dengan gelar Sarjana Terapan (S.Tr).

Politeknik Tempo berkampus di Jalan Palmerah Barat 8 Jakarta, lokasi yang sama dengan Grup Tempo Media. Berdiri dengan tiga jurusan yang akan melahirkan sarjana terapan, perguruan tinggi ini mendapatkan izin berdasarkan SK Kemendikbud no 057/D/OT/2021 pada 9 April 2021.

Politeknik Tempo Jakarta didirikan oleh Yayasan Rumah Edukasi Tempo, yang merupakan hasil kolaborasi Grup Tempo Media bersama sejumlah tokoh di berbagai bidang. Tempo selama ini dikenal sebagai media yang menerbitkan informasi tepercaya melalui berbagai platform. Untuk tahap pertama, kampus ini membuka tiga program studi sarjana terapan, yang lulusannya bisa langsung bekerja atau melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dan S3.  

Program Studi pada Politeknik Tempo adalah Desain Media dengan gelar lulusannya Sarjana Terapan Desain Media (S.Tr.Ds.M.); Produksi Media dengan gelar Sarjana Terapan Ilmu Komunikasi, (S.Tr.I.Kom); serta Manajemen Pemasaran Internasional dengan gelar lulusan Sarjana Terapan Manajemen (S.Tr.M). "Meningkatkan kapasitas sumber daya manusia Indonesia agar menjadi  insan yang unggul, kreatif, mandiri dan siap kerja adalah cita-cita kami," kata Ketua Yayasan Rumah Edukasi Tempo Herry Hernawan.

Direktur Politeknik Tempo Shalfi Andri menjelaskan, kampusnya mengunggulkan kurikulum berbasis kompetensi dengan 144 SKS dan empat tahun masa perkuliahan, pengajar dari kalangan praktisi, serta kampus yang  terintegrasi dengan industri media dan komunitas startup.  Ia juga mengatakan kampusnya memberikan kesempatan kepada siswa berprestasi untuk memperoleh beasiswa hingga lulus kuliah.

Lebih lengkap bisa lihat di link https://linktr.ee/politekniktempojakarta

Biaya Kuliah

Rp9,000,000.00 - Rp18,000,000.00

Kontak

yoga@politekniktempo.ac.id

+6285811500438

Lokasi

User Profile

Universitas123