4 Universitas Negeri Terbaik di Batam

Bacaan Umum
Universitas123 | 16 November 2023
4 Universitas Negeri Terbaik di Batam

Batam adalah salah satu pulau yang masuk dalam Provinsi Kepulauan Riau. Berada di antara Selat Malaka dan Selat Singapura menjadikannya strategis untuk menempuh pendidikan di Indonesia, Singapura, ataupun Malaysia.

Namun tenang saja, Indonesia telah memfasilitas perguruan tinggi negeri di Batam. Jadi pemuda-pemudi Batam tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk melanjutkan studi.

Hingga saat ini terdapat 75 perguruan tinggi yang bisa kamu jadikan tempat melanjutkan studi Sarjana maupun Diploma di Batam. Namun saat ini baru tersedia 4 perguruan tinggi negeri.

4 Universitas Negeri di Batam dan Jurusannya

Terdapat 4 universitas negeri di Batam yang bisa kamu pilih. Masing-masing memiliki keunggulan dan tujuan tertentu dalam sistem pembelajarannya. Untuk mengenal lebih dekat, berikut ini akan dipaparkan mengenai universitas dan jurusan kuliah di Batam. Simak baik-baik ya.

1. Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH)

Perguruan tinggi negeri ini berada di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Apabila kamu tinggal di Batam, maka kamu membutuhkan waktu 8 jam perjalanan untuk sampai ke UMRAH.

Dengan ini, dipastikan kamu akan tinggal di kosan dalam waktu yang cukup lama. Namun tak apalah, niatmu ke Tanjung Pinang adalah untuk menuntut ilmu, bukankah begitu?

Apalagi ada banyak pilihan fakultas dan program studi di sini, antara lain Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), serta Pascasarjana.

2. Politeknik Negeri Batam

Jika kamu ingin hemat ongkos transportasi namun tetap ingin melanjutkan kuliah di tempat terbaik, maka Politeknik Negeri Batam adalah jawabannya. Perguruan tinggi negeri ini berada tepat di jantung Kota Batam.

Gedungnya yang megah menjadikannya dipandang tinggi dan dianggap mampu menyajikan pendidikan yang berkualitas. Hal ini tersirat dari nama program studinya yang sangat menarik dan kekinian.

Beberapa di antaranya Logistik Perdagangan Internasional, Business Administration, Teknik Informatika, Teknik Geomatika, Animasi, Rekayasa Keamanan Siber, Teknik Robotika, Terknik Perawatan Pesawat Udara, dan lainnya.

3. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau

Apabila kamu ingin fokus untuk memperdalam ilmu agama tingkat Sarjana maupun Diploma, maka lanjutkan pendidikanmu di STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau. Terdapat 11 prodi yang bisa kamu pilih di universitas ini.

Beberapa di antaranya sepertinya memiliki peluang besar untuk masa depan, seperti Hukum Keluarga Islam, Hukum Ekonomi Syariah, Akuntansi Syariah, Pendidikan Bahasa Arab, Manajemen Bisnis Syariah, dan masih banyak lagi lainnya.

4. Poltekkes Kemenkes Tanjung Pinang

Bila dunia kesehatan sangat menarik minatmu, maka kamu harus rela melanjutkan studi ke Tanjung Pinang. Di sana ada Poltekkes Kemenkes Tanjung Pinang.

Perguruan tinggi negeri ini memfasilitasi pelajar yang ingin menekuni dunia kesehatan. Terdapat 3 program studi Diploma III yang bisa kamu pilih, yaitu Keperawatan, Kebidanan, dan Sanitasi.

Itulah 4 universitas negeri di Batam beserta alternatif jurusan kuliahnya yang bisa kamu pilih. Kalau di Kota Batam, hanya ada Politeknik Negeri Batam.

Untuk kamu yang tertarik kuliah di Universitas Swasta berikut adalah beberapa daftar kampus swasta terbaik di Indonesia : 

Namun tak ada salahnya bila kamu melipir ke Tanjung Pinang untuk melanjutkan studi. Lagipula ada banyak beasiswa bertebaran di kampus-kampus bila kamu rajin mencarinya. Apabila kamu ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, maka coba cari tahu di universitas123 ya.

Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Negeri

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait