Daftar Lengkap Universitas Negeri di Jakarta

Bacaan Umum
Universitas123 | 16 November 2023
Daftar Lengkap Universitas Negeri di Jakarta

Berkuliah di Jakarta adalah mimpi sebagian besar calon mahasiswa di Indonesia. Sebab ada banyak pilihan jurusan dan universitas yang bisa dipilih di Jakarta.

Selain itu, orang-orang meyakini bahwa jenjang karir akan lebih tinggi bila berkuliah di universitas negeri di Jakarta. Maka tak mengherankan bila banyak orang menghendaki kuliah di ibukota.

Memang ada banyak universitas negeri di Indonesia. Untuk di Provinsi DKI Jakarta, terdapat 528 universitas yang bisa kamu pilih. Termasuk di dalamnya universitas negeri, universitas swasta, politeknik, sekolah tinggi, dan lainnya.

Namun hanya ada 18 universitas di Jakarta yang berstatus negeri, sedangkan lainnya berstatus swasta dan beberapa lainnya adalah swasta internasional.

18 Universitas Negeri di Jakarta

Untuk kamu yang hendak mencari informasi tentang universitas negeri di Jakarta, berikut ini adalah daftar lengkapnya. Informasi ini dihimpun dari portal resmi Kemenristekdikti. Informasi ini juga cocok untuk kamu yang mencari universitas negeri di Jabodetabek. Simak baik-baik ya.

  1. Universitas Indonesia (UI)
  2. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
  3. UPN (Universitas Pembangunan Negeri) Veteran Jakarta 
  4. Politeknik Negeri Media Kreatif (PNMK)
  5. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN SAHID)
  6. Sekolah Tinggi Agama Hindu Dharma Nusantara Jakarta (STAHDNJ)
  7. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)
  8. STIKes Jayakarta
  9. Sekolah Tinggi Perikanan (STP)
  10. Politeknik Ahli Usaha Perikanan (PAUP)
  11. Poltekkes Kemenkes Jakarta I
  12. Poltekkes Kemenkes Jakarta II
  13. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta (STIP)
  14. Politeknik STMI Jakarta
  15. Politeknik APP Jakarta
  16. Sekolah Tinggi Hukum Militer AHM PTHM (STHM)
  17. Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIP)
  18. Politeknik STIA LAN Jakarta

Itulah 18 universitas negeri di Jakarta yang bisa kamu pilih. Ada beragam pilihan yang tersedia. Mulai dari program sarjana, program pascasarjana, pendidikan vokasi seperti Diploma III dan Diploma IV, dan lainnya.

Sebelum memilih universitas, disarankan untuk mengenali minat, bakat, potensi, dan impianmu. Barulah kamu memilih universitas yang sesuai dengan potensimu.

Sebab, berkuliah di tempat yang tepat adalah cara terbaik untuk memupuk keyakinan diri serta mengembangkan kemampuan tanpa adanya beban.

Contohnya, apabila kamu ingin menjadi perawat, maka fokus saja untuk memilih STIKes Jayakarta. Sementara apabila kamu ingin menjadi pimpinan perusahaan seperti CEO ataupun founder, maka fokus saja untuk sekolah di Politeknik APP Jakarta sambil belajar membangun bisnismu.

Jadi pastikan kamu memilih universitas yang tepat untuk masa depanmu. Jangan sampai kamu salah jurusan hanya karena galau memilih hingga asal pilih.

Untuk kamu yang tertarik kuliah di Universitas Swasta berikut adalah beberapa daftar kampus swasta terbaik di Indonesia : 

Kabar baiknya, kalau kamu jeli, maka kamu bisa saja mendapatkan beasiswa kuliah loh! Beasiswa ini bisa kamu dapatkan di universitas manapun, termasuk di Jakarta, asalkan kamu tahu caranya dan paham bagaimana cara mendapatkannya.

Bila kamu ingin tahu cara mendapatkan beasiswa untuk kuliah di Jakarta, maka coba saja kamu cari tahu informasi lengkapnya di universitas123.com. Semoga berhasil!

Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Negeri

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait